Logo Eventkampus

Manfaat Nasi Selain Menjadi Sumber Energi

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Nasi Selain Menjadi Sumber Energi

Nasi adalah jenis makanan pokok yang sangat penting bagi tubuh manusia, tidak heran banyak penduduk dunia makanan pokoknya adalah nasi. Kandungan karbohidrat dan kalori pada nasi adalah sumber tenaga yang tidak tergantikan. Indonesia menjadi salah satu negeri lumbung padi yang menghasilkan beras-beras berkualitas. Faktor tersebut yang membuat swasembada beras, yang menciptakan nasi sebagai makanan pokok kebanyakan orang Indonesia.

Berikut ini beberapa manfaat nasi selain menjadi sumber energi.

1.    Mendukung pertumbuhan manusia dari bayi sampai tua

Nasi merupakan sumber utama untuk mendukung pertumbuhan manusia. Mulai dari bayi hingga orang tua didukung pertumbuhannya oleh nasi. Kandungan zat dan mineral yang ada di nasi, membuatnya adalah sumber terbaik untuk membantu pertumbuhan manusia dan menjadi makanan pokok hingga tua nanti.

2.    Membantu Pertumbuhan Tulang

Nasi merupakan Vitamin untuk tulang yang dapat membuat pertumbuhan tulang terbentuk secara sempurna. Kandungan kalsium pada nasi sangat penting untuk membentuk tulang agar menjadi kuat dan mencegah osteoporosis di masa tua.

3.    Membantu Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Nasi putih mengandung pati dan tinggi akan indeks glikemik yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan berujung pada kenaikan berat badan seta diabetes tipe II. Namun ini hanya akan terjadi ketika makanan yang mengandung indeks glikemik disantap tanpa makanan lainnya. Jadi kalau menyantap nasi dengan lauk dan sayuran, hal ini justru akan memperlambat proses pencernaan tubuh sehingga mencegah peningkatan gula darah.

4.    Mencegah Obesitas

Nasi tidak memiliki lemak jahat, maupun kolestrol atau sodium. Mengonsumsi nasi putih dapat mengurangi obesitas dan kondisi lain yang berkaitan dengan penyakit obesitas.

5.    Mengobati Disentri(infeksi usus)

manfaat nasi pada kulit arinya, dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati disentri. Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties. Bahkan orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.

6.    Mengurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi

Nasi tidak banyak mengandung sodium. Nasi dianggap sebagai makanan terbaik untuk penderita tekanan darah tinggi dan hypertensi.

7.    Nasi Bebas Kolesterol

Makan nasi sangat baik bagi kesehatan, karena nasi tidak mengandung lemak yang berbahaya, yaitu kolesterol atau sodium. Nasi menjadi salah satu bagian dari diet yang seimbang.

8.    Meningkatkan Mood

Karbohidrat, termasuk di antaranya nasi, mengandung zat yang bernama serotonin. Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan perasaan senang pada otak, kandungan karbohidrat dapat mendongkraknya. Ini juga ditunjukkan pada penelitian, seseorang yang menjalani diet setiap hari dengan komsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kegelisahan.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

7 Pantangan Makanan Asam Lambung
25 Mei 2018
Pantangan Makanan Untuk Penyakit Miom
09 Juli 2018
Cara agar Usaha Kuliner Cepat Berkembang
15 Januari 2020
Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal
27 Januari 2020
Cuma bermodal Rice Cooker bisa masak makanan ini di kost!
21 Februari 2020
Cara Membuat Donat Kentang
27 Februari 2020

Komentar