Logo Eventkampus

Manfaat Buah Salak

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Buah Salak

      Kamu tentu tak asing dengan buah salak. Buah asli Indonesia ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai daerah. Ya, buah yang kulitnya seperti sisik ular ini memang cukup dikenal memiliki cita rasa yang unik yaitu manis dan terkadang sepat.

     Tak heran jika buah salak banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan sirup, manisan, kue bronis dan lain sebagainya.Namun, apa kamu tahu kalau buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Khasiat buah salak untuk kesehtan karena memiliki banyak kandungan gizi.

        Buah salak kaya akan kandungan zat besi dan ini berarti salak sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita anemia defisiensi besi. Selain itu, salak juga mengandung vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), vitamin C dan karbohidrat.Penasaran ragam manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh? Berikut beberapa manfaat buah salak 


1. Meningkatkan memori.

Buah ini mampu meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat meningkatkan kognisi dan meningkatkan daya memori kamu. Salak juga memiliki julukan yaitu "memory fruit". Ini juga membantu menghilangkan stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif.


2. Membantu menurunkan berat badan.

Salak memiliki tingkat kandungan tinggi serat, yang ideal untuk meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah ngemil yang tidak perlu dan cocok untuk diet.


3. Meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kandungan nutisi yang baik sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu mencegah dari penyakit tertentu dan mencegah tubuh dari kerusakan berbahaya. Jadi memakan buah salak adalah pilihan baik untuk tubuh.


4. Meningkatkan kesehatan jantung.

Salak membantu menurunkan tekanan darah kamu, karena kalium adalah vasodilator. Ini berarti dapat mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri, yang menurunkan ketegangan keseluruhan pada sistem kardiovaskular.


5. Meningkatkan energi.

Salak mampu meningkatkan stamina dan menstimulasi metabolisme, yang dapat memberikan dorongan kuat pada tingkat energi kamu. Karbohidrat yang ditemukan dalam buah ini juga baik untuk menjaga tingkat energi sepanjang hari.


6. Membentuk otot tubuh.

Banyak protein yang terkandung dalam salak. Ini menyediakan fungsi untuk menambah masa otot tubuh kamu. Tapi kamu tetap harus melakukan olahraga secara teratur, sehingga otot tubuh kamu akan menjadi lebih sehat dari sebelumnya.


7. Bertindak sebagai antioksidan.

Salak memiliki kandungan beta-karoten yang membantu mencegah penyakit tertentu seperti vadiovaskuler, stroke bahkan kanker. Selain itu, salak juga bertindak sebagai antioksidan kuat yang bekerja lima kali lebih baik dengan makanan sumber antioksidan lainnya seperti semangka dan mangga.


8. Meningkatkan kesehatan mata.

Beta-karoten adalah salah satu antioksidan yang ditemukan di salak, yang memiliki kaitan langsung dengan kesehatan penglihatan. Memiliki cukup beta-karoten dalam makanan kamu dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan memperlambat perkembangan katarak seiring bertambahnya usia.


9. Mengontrol tigkat gula darah.

Pterostilbene, yang terdapat dalam komposisi buah salak dapat membantu kamu menurunkan glukosa dalam darah. Selain itu, juga diketahui bahwa teh yang terbuat dari kulit buah salak membantu regenerasi sel di pankreas. Sebagai hasilnya, ini membantu mengendalikan diabetes.


10. Baik untuk wanita hamil.

Agar memiliki kehamilan yang baik, seorang ibu dapat memilih makanan yang memiliki nutrisi terbik di dalamnya. Makan buah salak pada ibu hamil akan membantu mengurangi mual di awal kehamilannya.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Manfaat Urang Aring Tak Hanya untuk Rambut, Tapi Bisa Perpanjang Usia?
31 Desember 2019
13 Manfaat Petai bagi Kesehatan Tubuh, Atasi Stres, Obati Sembelit, hingga Redakan Mabuk.
02 Januari 2020
Manfaat Belalang Goreng yang Person Diketahui
07 Februari 2020
Manfaat Minum Susu bagi Tubuh
12 Februari 2020
Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak
10 Maret 2020
Manfaat Jagung
10 Maret 2020

Komentar