Logo Eventkampus

Peran Dan Fungsi Pengintegrasian Sumberdaya Manusia Dalam Sektor Agribisnis

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Peran Dan Fungsi Pengintegrasian Sumberdaya Manusia Dalam Sektor Agribisnis

Peran Dan Fungsi Pengintegrasian Sumberdaya Manusia Dalam Sektor Agribisnis

 

Dengan adanya covid-19 sektor agribisnis mempunyai peran penting dalam garda terdepan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan para masyarakat dan kebutuhan tersendiri dari para karyawan dan tercapainya tujuan perusahaan. Dalam sebuah perusahan bahwa banyak sekali yang mengutamakan organisasi dan komunikasi yang bagus dalam membangun untuk mencapai dalam sebuah visi dan misi yang dilakukan oleh suatu perusahaan, namu adakalanya sumber manusia memilki latar belakang yang berbeda-beda dari segi ekonomi maupun pendidikakan yang sudah ditempuh. Didalam pengintegrasian harus mampu dalam mengelola, mengambil keputusan, dari pendapat keinginan karyawan dan kepentingan perusahaan, untuk dijadikan kepuasan bersama. Dan  karyawan memperoleh hasil kinerjanya demi sebuah kebutuhan dan perushaan medapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk/jasa serta dapat mencapai visi tersebut. Untuk itu yang harus dilakukan adalah :

1.      Hubungan antar manusia ( human relations)

Dengan adanya wabah covid-19 perusahaan yang berada di sektor agribisnis harus  memberikan arahan dan intruksi untuk membangun kesadaran dalam kesehatan, dan diberikan tunjangan kesehatan untuk para karyawan dan membeli alat sop dalam melakukan produksi, sehingga dapat terjamin kualitas bukan hanya dilihat dari produknya yang baik,  tetapi jika karyawannya baik dan sehat, hasil produksi yang dihaslkan juga baik. Untuk itu perusahaan sudah semestinya memberikan tunjangan/ansuransi kesehatan, diberikan arahan inturuksi pemerintah dalam bekerja, dan membelikan alat pelindung diri sehingga proses produksi dapat terus berjalan demi kelangsungan kebutuhan pangan yang diinginkan oleh para masyarakat.

2.      Motivasi ( motivation )

Motivasi memberikan dampak positif bagi  para karyawan yang bekerja disuatu perusahaan, terutama disektor agribisnis yang memiliki tujuan untuk membantu dalam kebutuhan pangan yang diinginkan oleh para masyarakat, untuk itu diperlukan dukungan dari pihak terdekat yaitu keluarga dan para teman yang bekerja di seluruh bagian terkait dengan perusahaan sektor agribisnis baik kepala bagian, staf, maupun anggota pekerja lain memiliki kebersamaan untuk saling support dan memberikan dukungan untuk memberikan kinerja yang baik dan saar melakukan produktivitas dapat dengan barjalan lancar dan mendapatkan suatu tujuan yang telah ditentukan oleh semua pihak.dengan begitu pihak sektor agribisnis dan para karyawannya dapat membantu untuk berdonasi kepada yang membutuhkan dengan adanya covid-19 ini.

3.      Kepemimpinan ( leadership )

kepemimpinan merupakan hal yang butuhkan untuk mendorong tujuan produktivitas untuk itu kepemimpinan dilakukan oleh seorang yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Dengan adanya wabah covid-19 kepemimpinan dibutuhkan untuk mendapatkan arahan agar tidak terjadinya penyebaran virus tersebut semakin meluas, dan arah tersebut sudah diatur dalam (SOP) yang berda ditengah perusahaan dan memiliki standarisasi. Para manajer juga harus dapat mengikuti arahan dari pemerintah untuk menerapkan distancing dengan karyawan lainnya, dan menerapkan selalu cuci tangan dengan air mengalir dengan menggunakan sabun  atau handsanitaizer. Untuk itu pihak perusahaan yang bergerak di bidang sektor agribisnis menerapkan k3 dan memberikan bekal para karyawannya dengan membagikan masker, sabun ataupun handsanitaizer untuk memberikan jaminan para karyawan dan agar terus bisa berproduksi demi kebutuhan pangan.

4.      Kesepakatan kerja bersama (kkb )

Terkadang dalam melakukan kesepakatan kerja bersama yang dirugikan yaitu para karyawan yang menjadi kambing hitam untuk dapat memperoleh keuntungan disuatu perusahaa. Karena pengalaman dan pendidikan yang menyebabkan hal tersebut terjadi, sebaiknya para perusahaan sudah semestinya dapat membantu para sumberdaya manusia dan tidak merugikannya.

Sebaikan perusahaan dapat tertera dalam hak izin usaha. Sehingga para calon karyawan dapat tahu bahwa perusahaan tersebut legal atau tidak sehingga tidak ada terjadi korban kerugian dan kecurangan.

Dan para calon karyawan hanya menanyakan jumlah gajih yang diberikan oleh perusahaan, sebaiknya perusahan berterus terang untuk dapat berkata dan jujur untuk menjamin dalam memberikan tunjangan yang dibutuhkan oleh karyawan dan ditunjang oleh perusahaan. Dan kontrak kerja memiliki hal yang penting  sehingga tidap merugikan para karyawan. Dan dengan adanya covid-19 seharus menjadi bagian penting dalam kesepakatan bersama misalnya hal yang tak terduga dengan keadaan alam. Juga harus dibahas dari pihak perusahaan ataupun karyawan untuk keberlangsungan bersama.

5.      Collective bargaining

Pempimpin yang berhak dan memiliki kekuasan yang tinggi antara pandangan para pemimpin perusahaan dalam mengambil keputusan dapat memberikan dampak positif maupun negatif, jika hal tersebut terjadi agar pengintregasian dapat mampu dan membantu pengusaha dan menghindarkan konflik yang akan terjadi kedepannya.dengan adanya covid-19 dapat dilakukan sesuai dengan  kebutuhan karyawan dan kebutuhan perusahan dalam membangun usahannya dapat berjalan dengan lancar demi kepentingan bersama agar terhidar dari adanya covid-19.

Penulis

foto Diana Safitri
Diana Safitri

Komentar