Logo Eventkampus

Manfaat Berjalan Kaki

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Berjalan Kaki

1. Mencegah Osteoporosis

Jenis penyakit tulang yang banyak terjadi pada para lansia ini terjadi karena massa tulang yang rendah serta  mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Pencegahan tulang keropos ini tidak hanya diperoleh dari kalsium pada  susu, namun harus diimbangi dengan gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya sekitar 15 menit sehari setiap hari.

2. Kesehatan Jantung

Berjalan kaki akan membuat tekanan darah berkurang yang mengurangi pelengketan antarsel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Pada saat berjalan kaki tubuh menjadi bergerak sehingga kolesterol baik (HDL) yang menyerap kolesterol jahat (LDL) mengalami peningkatan yang mampu menyehatkan jantung.

3. Menjaga kebugaran

Berjalan kaki setiap hari saat berangkat ke kantor akan menjaga kebugaran tubuh selama beraktivitas. Berjalan kaki 3 kali dalam seminggu mampu meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernapasan secara signifikan.

4. Meningkatkan Sistem Pernafasan

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga santai yang dapat dilakukan siapa saja. Aktivitas ini dapat membuat sistem pernafasan lebih lancar dan lebih kuat tentunya. Dengan berjalan kaki setiap hari anda dapat membantu nafas anda lebih panjang.

5. Menjaga Kestabilan tekanan darah

Proses metabolisme dalam tubuh juga dapat dibantu dengan berjalan kaki, dengan metabolisme tubuh yang lancar maka anda dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi maka ada baiknya anda mulai melakukan jalan kaki secara rutin di pagi hari.

6. Mencegah dimensia

Dimensia merupakan penyakit yang ditandai dengan menurunnya fungsi otak yang kebanyakan menyerang orang tua. Studi dan penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit dimensia ini dapat dicegah dengan melakukan jalan kaki secara rutin di berbagai kesempatan. Setidaknya ia dapat mengurangi risiko dimensia sebanyak 40%.

7. Fondasi Untuk Hidup Sehat

Jalan kaki secara rutin adalah fondasi yang kuat bagi setiap orang dalam menjalankan hidup sehat. Tidak heran beberapa produk susu menyarankan dan mengalakkan program 10.000 langkah setiap hari untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai kelainan & penyakit tulang.

8. Meningkatkan Sistem Imun

Dengan berjalan kaki anda sudah melakukan effort yang cukup untuk memberikan sistem imun yang lebih kuat pada tubuh. Keringat dan lancarnya metabolisme tubuh akan membantu imunitas tubuh agar tidak terserang dari berbagai penyakit berbahaya.

9, Meningkatkan vitamin D di Tubuh

Vitamin d dalam tubuh dapat diperoleh dari berbagai sumber, selain dari makanan, sinar matahari pagi merupakan sumber yang paling penting untuk membentuk vitamin D. Berjalan kaki akan otomatis memberikan tubuh sinar matahari yang cukup jika dilakukan di luar ruangan, yang artinya meningkatkan nutrisi vitamin D dalam tubuh anda. (Baca : Manfaat vitamin D)

10. Tidur lebih nyenyak

Jika anda melakukan jalan kaki 30 menit di setiap pagi hari, ini akan membantu dalam kenyenyakan tidur anda di malam hari. Sama seperti olahraga pada umumnya, jalan kaki akan sangat membantu metabolisme dan memberikan efek nyaman pada saat tidur nantinya.

Penulis

foto devifa
devifa
SMK WIKARYA KARANGANYAR

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Ingin Sukses dengan Website ? Pahami cara berikut !
19 Januari 2018
Jarene Wong Jowo (Kata Bijak)
22 Januari 2018
5 Manfaat Penting Pria Memiliki Kepala Botak
22 Januari 2018

Komentar