Logo Eventkampus

Ga Capek? Rehat Bentar Yuk.

access_time | label Beauty & Fashion
Bagikan artikel ini
Ga Capek? Rehat Bentar Yuk.

Hampir 24 jam, media sosial menjadi teman akrab kita yang tidak pernah lepas dari genggaman. Seolah-olah semua tentang kehidupan kita bertumpu dengan media sosial. Dari mulai bangun tidur, hal yang kita cari dan lakukan adalah gadget untuk update mengenai media sosial. Kita beraktivitas 90% aktivitas kita menggunakan dan bermain gadget apalagi orang-orang yang bekerja didunia digital. Dan kini semakin banyaknya aplikasi-aplikasi baru yang muncul membuat para masyarakat ini download dan memakai aplikasi tersebut. Kasih contoh TikTok, sebelum adanya TikTok orang-orang mayoritas bermain media sosial yaitu Instagram. Kini dengan adanya aplikasi TikTok orang-orang lebih update kehidupannya di TikTok, seperti upload video joget atau membuat konten yang tiap harinya dibuat. Dari media sosial itu banyak para artis-artis media sosial yang bermunculan dan akhirnya mereka bekerja didunia media sosial salah satunya endorsement. Endorsement menjadi tempat orang-orang untuk bekerja di media sosial, dan ini berarti media sosial sangat membawa dampak positif bagi mereka yang melakukannya.

Media sosial menjadi ajang bagi masyarakat untuk tampil, menunjukkan apa yang ia punya dan bisa. Datangnya media sosial membawa dampak yang negatif dan positif. Terlebih kepada dampak negatif, banyak dari kita yang butuh istirahat bermain media sosial tidak untuk menghapus selamanya tapi hanya ingin istirahat saja karena efek dari media sosial sangatlah besar tak wajar banyak orang-orang yang sudah terlalu addict dengan media sosial memutuskan untuk istirahat sejenak dari media sosial.

Ternyata begitu pentingnya mengistirahatkan diri kita dari penggunaan media sosial, tidak ada salahnya untuk beberapa hari, minggu, atau bulan untuk rehat dari media sosial. Banyak manfaat dari rehat media sosial itu, salah satunya kita lebih tenang karena tidak melihat kehidupan, postingan orang lain, komentar-komentar.

Dilansir dari idn.times banyak manfaat apabila kita rehat sejenak menggunakan media sosial dikehidupan sehari-hari :

1.     Perasaanmu lebih tenang karena terhindar dari iri saat melihat postingan orang

Terkadang postingan orang lain membuat hati kita menjadi iri, menginginkan sesuatu dari orang lain. Ketika orang lain memposting apa yang ia punya apa yang ia raih, kita akan menjadi insecure dengan apa yang mereka punya. Tanpa kita sadari walaupun kita tidak kenal dengan orang/artis tersebut, pasti ada rasa iri terhadap apa yang ia punya atau raih. Setiap hari setiap jam bahkan setiap detik kita melihat postingan orang lain dengan kehidupan yang berbeda-beda, rasa ingin tahu lalu muncul rasa iri terhadap kehidupan orang lain dan apa yang orang lain punya harus ada pada dirinya. Menjadi tidak tenang berujung harus terlihat sempurna untuk tampil di depan orang lain termasuk di media sosial. Butuh istirahat sejenak agar pikiran dan hati bisa tenang dan terhindar dari hal-hal yang negatif. Melihat dari orang lain tidak akan ada ujungnya dan akan terus-menerus membawa pikiran negatif. Hidup tenang dengan melihat bahwa kita juga lebih baik daripada orang lain, fokus dengan diri sendiri untuk menjadi lebih baik.

2.     Lebih fokus pada pekerjaan dan urusanmu sendiri

Dengan tidak kecanduan media sosial, kita akan lebih fokus dengan pekerjaan yang kita lakukan. Media sosial adalah salah satu gangguan yang seringkali kita tidak bisa menahan, dengan adanya media sosial kita akan tidak fokus dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan kita karena apa yang ada di media sosial banyak yang menarik dan hal-hal baru yang kita belum tahu.

3.     Aktivitas sosialmu jadi lebih aktif dengan orang-orang sekitar

Addict dengan media sosial menjadi salah satu penyebab kita menjadi ansos anti sosial, karena kita terlalu asyik dengan kehidupan di dunia maya. Karena kita terlalu asik dengan dunia maya, kita seringkali mengacuhkan kehidupan nyata kita. Aktivitas sosial kita di dunia nyata berkurang karena lewat media sosial kita juga bisa berteman lewat virtual. Terlalu nyaman dengan sosial di dunia maya menyebabkan kita menjadi tidak percaya diri apabila bertemu dengan orang-orang baru di sekitar kita. Pentingnya rehat sejenak dari media sosial salah satunya aktivitas bersosialisasi kita akan lebih aktif dengan orang-orang disekitar. Berteman dan bertemu dengan orang sekitar untuk berbicara ataupun mengobrol membuat hubungan kita akan menjadi lebih intimate.

4.     Dirimu jadi penuh aura positif dengan perkembangan diri yang signifikan

Menjadi pribadi yang terus berkembang adalah cita-cita semua orang. Untuk tumbuh dan berkembang selalu sehingga menjadi pribadi yang lebih baik dari yang sebelumnya. Dengan kita fokus terhadap diri sendiri membenahi dan mengasah kemampuan kita agar terus berkembang membuat kita menjadi pribadi yang positif. Salah satu cara untuk menjadi pribadi yang ingin terus berkembang yaitu membatasi diri dari penggunaan media sosial. Karena kita tahu dampak dari media sosial sangatlah kompleks maka dari itu pentingnya dalam memanage penggunaan media sosial.

5.     Pengaturan waktumu jadi lebih tertata

Terlalu sering bermain media sosial membuat waktu kita menjadi berantakan, kita lupa dengan aktivitas utama kita sehari-hari. Tidak terbatasnya bermain media sosial menjadikan kita orang yang malas dan tidak punya jadwal kegiatan sehari-hari. Dengan kita rehat sejenak dari media sosial kita akan bisa lebih banyak menggunakan aktivitas kita dikehidupan sehari-hari dengan lebih bermanfaat. Waktu yang kita punya banyak dan bisa digunakan untuk produktif.


Source : photo @pinterest

Penulis

foto EventKampus.com
EventKampus.com
tanya langsung

Komentar