Logo Eventkampus

3 Hal Untuk Mendisiplinkan Diri

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
3 Hal Untuk Mendisiplinkan Diri

Pendidikan

Pendidikan adalah bagian penting dalam kehidupan remaja yang harus selalu diingatkan. Banyaknya pengetahuan baru dan juga pengalaman serta rasa penasaran tentang hal baru menjadi tantangan. Hal ini juga semakin diperparah oleh keberadaan media (Cetak, elektronik, dan internet) yang semakin mudah diakses.

Pendidikan bisa saja tergeser oleh peran media tersebut apabila orang tua tidak dapat menempatkan diri dengan baik dalam memberikan pemahaman tentang pemanfaatan media yang ada.

Orang tua harus menjaga waktu belajar anaknya yang memasuki usia remaja, perhatian itu bisa diberikan dengan cara mengingatkan atau turut terlibat (membantu) anaknya mencari informasi yang berkaitan dengan pelajarannya.

Jadwal belajar di rumah harus ada sehingga anaknya tidak pernah lalai dalam pelajaran. Demikian juga dengan jadwal berangkat dan pulang sekolah harus diperhatikan oleh orang tua.

Ibadah

Selain pendidikan ibadah adalah yang penting untuk selalu diingatkan. Pentingnya ibadah harus dipahami terlebih dahulu oleh orang tua, sehingga orang tua tidak hanya cenderung menyuruh tapi mencontohkan.

Seorang remaja yang hanya disuruh melakukan ibadah tanpa melihat terlebih dahulu orang tuanya melakukan apa yang diperintahkan cenderung akan melihat bahwa apa yang diperintahkan tersebut tidak bermanfaat karena orang tuanya sendiri tidak melakukan.

Tanggung Jawab Rumah

Orang tua harus memberikan tugas tersendiri buat anaknya yang masuk usia remaja, misalnya mengajarkan untuk membersihkan tempat tidur sendiri, menyiram bunga, masak dan mencuci atau kegiatan apapun di rumah yang sebaiknya dikerjakan sendiri.

Cepat atau lambat anaknya yang remaja akan masuk pada usia dewasa dan akan segera merasakan hidup mandiri. Oleh karena itu membiasakan bertanggung jawab pada pekerjaan rumah adalah cara menciptakan disiplin pada remaja.

Intinya bahwa pada saat orang tua ingin menciptakan disiplin pada remaja harus bisa memberi contoh terlebih dahulu dan juga pembagian tugas dan tanggung jawab yang seimbang. Disiplin pada remaja akan menghasilkan kebiasaan baik yang bisa menjadi modal yang baik saat memasuki usia dewasa.

sumber:erudisi.com

Penulis

foto Anggun Prastiwi
Anggun Prastiwi
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar