Logo Eventkampus

Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini

Gunung Lawu adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, yaitu antara Magetan, Ngawi dan Karanganyar. Jalur pendakian umumnya adalah Cemoro Sewu (Jawa Timur), Cemoro Kandang (Jawa Tengah) dan Candi Cetho (Jawa Tengah). Ini adalah perjalanan saya bersama teman Gapasukma.

Saya berangkat dari Mojogedang Karanganyar pukul 08.15 WIB, sesampai di Bascame Mas Tarjo Candi Cetho sekitar jam 09.00 WIB. Disana sudah terdapat teman teman dari Karanganyar. Kami disana bersantai-santai sambil menunggu rombongan dari Magelang. Di Bascame disediakan WiFi karena didaerah candi cetho masih sulit untuk mencari sinyal selurer. Disana kami juga menikamati pemandangan yang sangat indah diselingi makan mie instan yang kami masak sendiri dengan kompor endaki (korlap)

Sekitar jam 10.00 WIB rombongan pertama melakukan perjalanan terlebih dahulu dan saya diberi amanat menunggu rombongan dari Magelang. Saya menunggu di Bascame sendirian lalu sekitar pukul 12.15 datangLah teman teman dari Karanganyar yang sengaja menyusul ke Bascame dan tidak ikut naik ke puncak karena ada acara sendiri. Peerut mulai lapar dan saya bersama teman saya turun ke bawah Candi Cetho untuk mencari makanan, walaupun di Bascame juga tersedia makanan. Sekalaian kami jalan2. wkwkwkw 😂

Sekitar pukul 15.45 kami dapat info dari rombongan dari magelang bahwa dari rombongan Magelang sudah sampai di Bonteh Kemuning. Kemudian saya dan teman saya menjemut rombongan dari Magelang.

Sekitar 17.15 kami dan rombongan Magelang sampai di Bascame Bang Tarjo Candhi Cetho. Sambil menunggu magrib kami istirahat terlebih dahulu dan mulai mendaki Gunung Lawu sehabis sholat isya. Kami dari Karanganyar cuma 2 anak yaitu saya Isnan Wahyudi dan teman saya yaitu Agung Siswanto yang lainnya adalah dari Magelang.

Pendakian Lawu via Cetho sangatlah menantang tetapi juga sangat indah pemandangannya.. Jalur awal berupa anak tangga kemudian tidak lama akan ada Candi Kethek, jalur pendakian ada di sebelah kiri candi ini. Jalur berupa tanah menjadikan pendakian Gunung Lawu ini kian bersahabat. Setelah 1 jam mendaki akhirnya kami sampai juga di Pos 1. Bangunan Pos 1 ini merupakan bangunan baru, diatas bangunan baru ini ada Pos 1 lama yang sudah hancur. Karena belum merasa capek kami langsung tancap gas melanjutkan perjalanan ke Pos 2, jalurnya masih bersahabat sampai saya tidak merapa capek..entah karena medan yang tidak berat atau karena beban hidup saya yang sudah berat. hhhhh

Sekitar 1 jam kemudian kami sampai di Pos 2. Disini kami beristirahat sebentar sambil bertanya-tanya dimana ada sumber air, ternyata sumber air di Gunung Lawu via Cetho ini ada diantara pos 2 dan 3. Kami berhenti sejenak sambil membuat minuman hangat untuk menghangatkan badan karena cuacannya yang begitu ekstream dan angin yang begitu kencang.

Setelah itu kami menlanjutkan perjalanan, di Pos 4 kami sejenak istirahan dan melanjutkan naik ke atas, karena sudah tidak muat lagi utk mendirikan tenda di pos 4 yng begitu banyak pendaki. Diatas pos 4 kami mendirikan tenda utk tempat tidur para cewek2, dan kami yang cowok2 sudah mulai capek dan kedinginan maka dari itu kami langsung masuk ke tenda yg sengaja tidak didirikan, kami juga memakai SB supaya tidur kami lebih nyeyak,hehehe

Dipagi hari saya bangun dan terpakau keindahan yang dibuat sang maha penciptaa, Sekitar pukul 07.00 kami berkemas kemas dan mulai melanjutkan erjalanan kami yang masih cukup jauh.

Diseperjalan kami ke puncak disambut dengan indah oleh sang alam dan hewan hewan yang ada di sana. Lebih indahnya lagi saat sampai di surgannya Sabana lawu, Sungguh luas rerumputan yang melambai lambai dan terlihat sangat indah. Sesampai di pos 5 kami beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan alam yang begitu mempesona, selanjutnya kami melanjutkan ke Telaga dan mengambil air yang begitu segar utk bekal kami.

Disepanjang jalan pos 5 menuju puncak kami melihat rombongan 1 turun dari puncak. dan hal itu membuat kami bersemangat lagi, sekitar jam 11.45 kami sudah sampai di puncak lawu dan kami sungguh bersyukur atas ciptaan tuhan, setelah itu kami turun menuju warung mbok Yem yang terkenal di gunung Lawu.

Kemudian kami turun dengan lari dan berhati hati agar kami bisa menyusul rombongan pertama. Di pos 4 kebawah akhirnya bisa menemukan rombongan pertama dan kami turun bersama sama 😄

Penulis

Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
5 Misteri Unik Gunung Jayawijaya
22 Januari 2018
Fakta unik Jeruk Nipis untuk Wajah kalian!