Membangun Kedekatan Antara Guru dengan Siswa

access_time | label Lainnya
Membangun Kedekatan Antara Guru dengan Siswa

Menjalin hubungan yang baik dengan para guru mungkin menjadi keinginan setiap murid. Hubungan yang baik dengan guru bisa membuat kita jadi lebih betah di sekolah dan menerima semua materi yang diajarkan dengan baik. Untuk menjalin hubungan yang baik dengan guru, kamu harus akrab dengan Beliau. Sayangnya, sok akrab justru akan menyakiti perasaan sang guru dan berdampak pada hubungan guru dan murid di antara kalian berdua.

 

Disini hubungan kedekatan antara guru dengan siswa sangatlah penting, mengapa demikian hubungan guru dengan siswa yang harmonis akan berdampak baik dalam proses belajar mengajar didalam kelas selain itu hubungan yang harmonis antara siswa dengan guru juga berdampak pada hasil akademik siswa.

 

Dengan adanya hubungan kedekatan guru dengan siswa yang harmonis juga berdampak pada tingkat kehangatan dan murid atau siswa menjadi patuh dan punya rasa hormat serta kepekaan yang mencirikan interaksi antara siswa dan guru yang sangat harmonis dan dekat.

 

Hubungan siswa dengan guru yang positif juga dikaitkan dengan peningkatan kompetensi sosial pada peserta didik. Selain itu hubungan siswa dengan guru mengarahkan pada banyak upaya untuk menghabiskan waktu bersama untuk belajar bersama dan guru dapat membantu siswa atau peserta didik dalam permasalahan yang dihadapi saat proses belajar mengajar.

 

Hubungan kedekatan antara guru dengan siswa juga dapat mendorong dan memotivasi peserta didik dalam proses belajar.

 

Berikut ini adalah langkah langkah yang baik untuk menjadi lebih akrab dengan guru :

1. Memperhatikan Beliau dengan baik

Ketika guru kamu memberikan materi di depan kelas, sebaiknya kamu perhatikan Beliau dengan baik. Catat setiap materi yang dia berikan. Tanya apabila kamu nggak ngerti. Kalo masih nggak ngerti juga, kamu bisa menanyakan penjelasannya ke Beliau di luar jam pelajaran atau ketika Beliau keluar dari kelas.

2. Lebih aktif di kelasnya

Jadilah murid yang aktif di kelas. Hal ini akan membuat guru kamu menjadi tertarik dengan kamu. Bukan berarti kamu harus tahu semua hal sih, cukup angkat tangan ketika kamu memang udah tahu jawaban yang Beliau tanyakan. Sekali lagi, bertanyalah ketika kamu benar-benar nggak ngerti dengan pelajaran yang Beliau berikan. Dengan demikian, kamu juga akan memberikan kesan kalo kamu benar-benar memperhatikan guru ketika memberikan materi.

3. Bersikap baik ke semua teman sekelas

Jangan pernah berpikir kalo kamu cuma harus berperilaku baik dengan guru kamu. Kamu juga perlu berperilaku baik dengan teman-teman. Hal ini untuk memberikan kesan kalo kamu bukan penjilat atau pura-pura baik ketika ada maunya.

4. Berikan hadiah ketika ada acara khusus

Ketika ada acara Hari Guru atau mungkin Beliau sedang berulang tahun, kamu bisa memberikan hadiah kecil-kecilan dengan kartu ucapan kecil di dalamnya. Hal ini akan memberikan kesan kalo kamu sayang sama Beliau. Dengan begitu, guru kamu akan lebih sayang sama kamu sebagai balasannya.

5. Selalu menyapa ketika berpapasan

Mau di sekolah atau luar sekolah, jangan ragu untuk menyapa guru kamu dan memulai pembicaraan meskipun pada dasarnya guru kamu lupa siapa kamu. Beliau nantinya akan tahu sendiri kalo kamu adalah murid beliau. Kalo memang lagi buru-buru, cukup panggil namanya dan berikan senyum yang manis.

6. Ucapkan terima kasih

Kalo kamu mendapatkan nilai yang bagus dari usaha belajar kamu, jangan lupa untuk menyempatkan diri berterima kasih kepada guru kita. Apapun yang kamu terima kan dari Beliau juga.

7. Jangan terlihat maksa

Jangan lebay kalo kamu lagi modus ke guru kamu. Hal tersebut akan membuat sang guru merasa curiga karena kamu terlalu ramah dan antusias. Cukup normal seperti teman-teman yang lain aja.

 

Tags

Penulis

foto Isnan Wahyudi
Isnan Wahyudi
SMK Negeri 2 Karanganyar
Berusaha yang terbaik

Artikel Terkait

Share

Komentar