Logo Eventkampus

Pameran karya seni

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Pameran karya seni

                                                                                                    Pameran karya seni..

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang pengertian,tujuan dan manfaat pameran karya seni.Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh maysarakat luas. Pameran dalam  pembelajaran seni budaya, baik dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah. Di sekolah dapat dipamerkan beragam hasil karya siswa, sedangkan pameran di luar sekolah dalam arti pameran umum memamerkan karya seni rupa para seniman atau pekerja seni.

Jenis pameran dibedakan menjadi dua, yaitu pameran homogen dan pameran heterogen. Pameran homogen artinya pameran yang hanya menampilkan satu karya seni rupa saja misalnya pameran lukisan, pameran patung, pameran keramik, dan sebagainya. Pameran heterogen artinya pameran yang sekaligus menampilkan berbagai jenis karya seni rupa misalnya pameran seni karya, pameran lukisan, pameran patung, pameran keramik, dan karya seni rupa lainnya dilakukan dalam satu ruang pameran dan dilakukan dalam waktu bersamaan.Pameran berdasarkan pada jumlah seniman yang tampil, dibedakan menjadi pameran tunggal  dan pameran kelompok. Pameran di sekolah biasanya dapat digolongkan sebagai pameran heterogen dan pameran kelompok, karena emmamerkan beragam jenis karya seni rupa dari beberapa siswa.

Tujuan diadakannya pameran pada dasarnya meliputi tujuan sosial dan kemanusiaan, tujuan komersial, serta tujuan yang berkaitan dengan pendidikan. Tujuan sosial dan kemanusiaan misalnya kegiatan pameran dalam rangka menggalang dana kemanusiaan. Tujuan komersial misalnya pameran sekaligus untuk dijual kepada para pengunjung atau pembeli. Tujuan yang berkaitandengan pendidikan misalnya pameran yang diselenggarakan di sekolah atau memamerkan hasil karya siswa untuk penilaian hasil belajar siswa.
 

Pameran yang diselenggarakan di sekolah memiliki manfaat, antara lain sebagai berikut.

  1. Menumbuhkan dan menambah kemampuan siswa dalam mengapresiasi karya orang lain.
  2. Meningkatkan kemampuan berkarya siswa karena siswa akan bersaing secara sehat dan terarah, sehingga akan mendorong siswa membuat karya terbaiknya.
  3. Menambah wawasan dan kemampuan siswa dalam melakukan penilaian (evaluasi) secara lebih objektif. Hal ini khususnya bagi guru , orang tua dan masyarakat terhadap pencapaian siswa dalam bidang seni rupa.

Penulis

foto candraadipermana
candraadipermana

Artikel Terkait

Suka Tari Tradisional atau Fotografi? Tunjukan Bakat mu di ” We Culture Festival 2018 “
05 Desember 2017
manfaat terong ungu
12 Januari 2018
Wanna One Tak Sabar Bertemu Penggemar di Indonesia
19 Januari 2018
Alucard : Si Pembunuh darah dingin !
19 Januari 2018
5 Ide Bisnis Sederhana Menghasilkan Uang Jajan Tambahan
22 Januari 2018
Ini Dia ! Orang dengan Nama Terpanjang Didunia
22 Januari 2018

Komentar