BUAT KAMU YANG MAU BANGET MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI WAJIB TAU TIGA JENIS UJIAN SELEKSI INI

access_time | label Tips & Trik
BUAT KAMU YANG MAU BANGET MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI WAJIB TAU TIGA JENIS UJIAN SELEKSI INI

Sudah kelas XII SMA/ SMK, masa sekolah kamu tinggal berapa lama lagi? Dalam beberapa bulan terakhir ini pasti sudah sangat disibukkan dengan banyak ujian-ujian sekolah, tryout, dan seabrek jadwal les tambahan menjelang ujian nasional. Berencana masuk perguruan tinggi negeri, wajib tau dan benar-benar paham ada tiga jalur ujian masuk perguruan tinggi yang bisa diikuti. Selain SNMPTN ada dua jalur tes lagi yang dapat diikuti dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Dua cara itu adalah SBMPTN dan Seleksi Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri.

Masih ada yang belum tau apa SNMPTN, SBMPTN dan  Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri?

  • Seleksi Nasional Masuk Pergutuan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah bentuk jalur seleksi dilaksanakan serentak seluruh Indonesia dengan kriteria seleksi penerimaan berdasar nilai rapot, ujian nasional, dan prestasi akademis lainnya.
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia berdasarkan hasil ujian tertulis.
  • Seleksi mandiri merupakan penerimaan mahasiswa baru yang diakukan oleh perguruan tinggi yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Calm down jalur seleksi itu bukan tahapan yang harus diikuti tiga-tiganya kok, jadi jalur seleksi dimulai dengan SNMPTN, SBMPTN kemudian Ujian Mandiri (informasi lebih detail mengenai persyaratan, waktu dan segala hal tentang SNMPTN dan SBMPTN bisa di lihat di www.snmptn.ac.id, www.sbmptn.ac.id)

Kalau sudah menentukan perguruan tinggi negeri mana yang ingin kamu jadikan tempat menimba ilmu dan sudah tau tentang tiga jalur tes tersebut, thats great. Kamu termasuk orang yang memiliki tujuan dan tau apa yang harus dilakukan untuk tujuanmu. 

Selain update informasi jalur masuk perguruan tinggi, kepoin kampus mana yang kamu ingin, dan persiapkan berkas-berkas untuk daftar. Yang terpenting adalah kamu tentuin dulu tujuan kamu kuliah, apa yang mau kamu peoleh selama kuliah, plus tujuan setelah kuliah (jauh lebih baik kalau sudah direncanakan). Dengan menentuan tujuan di awal akan menjadi motivasi kamu dalam persiapan dan pelaksanaan tiap tahapan tes masuk  serta siap bangkit dan kembali mencoba jalur lain jika gagal pada jalur seleksi awal mengingat ketatnya kompetisi untuk masuk perguruan tinggi negeri, “Keep Trying” pegang teguh tujuan yang sudah kamu buat.. Memiliki tujuan yang ditetapkan di awal tidak hanya untuk kamu yang ingin masuk perguruan tinggi negeri saja, masuk perguruan tinggi mana pun dengan tujuan jelas akan membuatmu menjadi lebih baik.

Penulis

foto agil t mulyani
agil t mulyani
IAIN Salatiga

Share

Komentar