Logo Eventkampus

Cara Tepat Menambah Berat Badan Secara Sehat

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Tepat Menambah Berat Badan Secara Sehat

1. Nasi

Makanan utama orang Indonesia ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan berat badan. Dalam 100 gram nasi (kira-kira satu centong nasi) tersedia sebanyak 175 kalori dan 40 gram karbohidrat. Nasi merupakan salah satu makanan yang padat kalori, mengandung kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi dalam satu porsi. Ditambah lagi saat makan nasi, Anda juga menambahkan berbagai macam lauk-pauk. Sehingga, kalori yang masuk ke tubuh Anda pun bertambah.

2. Daging merah

Siapa yang tidak suka dengan steak? Sajian daging merah yang dipanggang, ditambah dengan saus lezat, serta dihidangkan bersama kentang goreng dan sayur, membuatnya menjadi sajian yang lengkap dan lezat. Steak daging juga dapat menyumbang kalori yang lumayan banyak bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan. Lemak juga bisa Anda peroleh jika Anda memakan daging berlemak, tentu ini juga menyumbang banyak kalori tambahan bagi Anda.

Selain kalori yang Anda dapatkan, daging juga menyediakan banyak protein dan asam amino. Dalam 6 ons daging terkandung 3 gram asam amino leusin. Leusin dibutuhkan untuk merangsang sintesis protein otot dan menambah jaringan otot baru.

3. Kacang

Kacang merupakan salah satu sumber protein nabati. Namun, dalam kacang Anda juga bisa menemukan asam lemak omega-3, vitamin E, dan serat. Kacang juga menyediakan kalori dalam jumlah cukup. Kacang almond misalnya dalam 100 gram dapat menyediakan protein sebanyak 21 gram, lemak 49 gram, dan 575 kalori. Anda dapat menambahkan kacang atau juga olahan kacang, seperti selai kacang, dalam makanan Anda sehari-hari. Ini dapat membantu Anda dalam menaikkan berat badan.

4. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung lemak sehat. Oleh karena itu, alpukat termasuk dalam buah yang mempunyai banyak kalori. Buah ini tentu dapat membantu Anda dalam menaikkan berat badan. Satu alpukat besar dengan berat 200 gram dapat menyediakan 322 kalori, 29 gram lemak, dan 17 gram serat. Anda bisa memakannya langsung atau menambahkan buah ini ke dalam makanan Anda.

5. Susu

Minuman satu ini juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan berat badan, terlebih lagi jika Anda minum susu full cream yang mengandung lemak penuh. Dalam susu terkandung nutrisi yang banyak, seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Susu juga menjadi sumber kalsium yang baik bagi Anda. Jika Anda tidak ingin meminumnya, Anda bisa menambahkannya ke dalam sereal, puding, smoothies, dan lainnya.

6. Yogurt

Makanan sehat ini juga dapat membantu Anda menambah berat badan, terlebih jika Anda memilih yogurt dengan lemak penuh. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan, kacang, madu, dan granola dalam segelas yogurt sebagai sarapan Anda. Ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan kalori tambahan.

7. Keju

Sekarang ini sedang populer berbagai makanan yang dibalut dengan keju meleleh. Siapa yang tak menyukai makanan ini? Kelezatannya tidak ada yang menandingi, namun juga menyimpan kalori dan lemak yang banyak. Bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan, ini bisa menjadi salah satu cara Anda. dalam satu ons keju cheddar misalnya, mengandung 113 kalori dan 9 gram lemak (6 gram lemak jenuh). Keju juga merupakan sumber protein dan kalsium.

8. Buah kering

Anda mungkin sering melihat buah kering ini (misalnya kismis) ditambahkan pada makanan, seperti kue, puding, yogurt, dan smoothies. Namun, jangan salah mengira bahwa buah ini mengandung kalori yang sedikit. Justru, buah kering mengandung lebih banyak kalori dibandingkan buah segar. Dalam satu gelas buah kering mengandung 5-8 kali kalori dan gula yang lebih besar dibandingkan dengan satu gelas buah segar. Jadi, buah kering bisa menjadi solusi yang baik bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan. Selain itu, buah kering juga mengandung antioksidan serta vitamin dan mineral.

 

Penulis

foto Anggun Prastiwi
Anggun Prastiwi
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

Suka Tari Tradisional atau Fotografi? Tunjukan Bakat mu di ” We Culture Festival 2018 “
05 Desember 2017
manfaat terong ungu
12 Januari 2018
Wanna One Tak Sabar Bertemu Penggemar di Indonesia
19 Januari 2018
Alucard : Si Pembunuh darah dingin !
19 Januari 2018
5 Ide Bisnis Sederhana Menghasilkan Uang Jajan Tambahan
22 Januari 2018
Ini Dia ! Orang dengan Nama Terpanjang Didunia
22 Januari 2018

Komentar