Logo Eventkampus

Kelebihan HP Android Setelah di Root

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Kelebihan HP Android Setelah di Root

Sistem rooting dimaksudkan untuk mengoptimalkan kinerja sistem dan meningkatkan performanya. Sebelum melakukan rooting, ada baiknya Anda bertanya dan berkonsultasi terlebih dahulu pada orang yang sudah tahu atau ahli dalam bidangnya. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan dan hal-hal yang tidak diinginkan. Pengguna yang melakukan root Android mempunyai hak akses administrator untuk membuka file-file yang terkunci, sehingga bisa sepenuhnya memodifikasi Androidnya. Lalu apa saja kelebihan hp Android setelah di root?

1. Menambah Ruang Penyimpanan

Aplikasi bawaan ponsel atau bloatware kadang memiliki ukuran yang cukup besar sehingga memakan banyak memori. Padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan hampir tidak pernah Anda gunakan. Bila hp Anda tidak diroot, Anda bisa mengatasinya dengan force close aplikasi tersebut dari menu setting. Cara tersebut mampu mengecilkan memori yang terpakai. Tetapi apabila hp Anda diroot, Anda bisa bebas menghapus aplikasi tersebut agar ruang penyimpanan bertambah dan bisa diisi dengan aplikasi lain.

2. Bebas Download Aplikasi

Google Play Store merupakan market penjualan aplikasi terbesar dan hanya terdapat pada ponsel Android. Dibandingkan market pada operasi lain, Google Play Store memiliki lebih banyak aplikasi yang jumlahnya sudah mencapai ribuan. Namun walaupun sudah ribuan, ada beberapa aplikasi yang tidak terdapat pada Google Play. Hal ini menyebabkan para pengguna android mendownloadnya dari web browser. Sebelum diroot, kadang tidak semua aplikasi dari browser bisa didownload. Tetapi apabila sudah diroot, Anda bebas mendownload aplikasi darimana saja, baik itu bajakan maupun original.

3. Kustomisasi ROM

Melakukan root pada hp Android menjadikan Anda seperti layaknya seorang developer yang bisa mengubah, menambah bahkan merusak sistem yang sudah ada. Kustomisasi ROM berfungsi untuk memodifikasi tampilan hp, mulai dari tema, font, keyboard, lockscreen, dan lain sebagainya. Selain itu juga untuk menambah memori internal agar lebih banyak sehingga lebih bebas menyimpan berbagai aplikasi.

4. Meningkatkan Performa Custom Kernel

Custom Kernel bertanggung jawab dalam menghubungkan aplikasi android pada hardware ponsel. Custom kernel ini juga berfungsi agar pengisian baterai lebih cepat dan pemakaiannya lebih awet. Dengan sistem rooting maka performa dari custom kernel akan lebih meningkat dan maksimal.

5. Memindahkan Aplikasi

Beberapa aplikasi tertentu seperti Whatsapp atau BBM hanya bisa disimpan pada memori internal dan tidak bisa dipindahkan ke eksternal. Hal ini menyebabkan memori internal berpotensi lebih cepat penuh dan bisa menyebabkan kerja sistem menjadi agak lambat. Dengan root Android mampu membuka batasan tersebut, agar aplikasi bisa dipindah ke memori eksternal.

6. Menambah Kemampuan Processor

Prosesor merupakan komponen utama dari ponsel. Berfungsi untuk mengontrol seluruh kinerja sistem. Dengan melakukan overlock processor pada hp yang sudah di root, dapat meningkatkan kemampuan prosesor menjadi lebih cepat dan maksimal. Overlock processor yaitu suatu proses menambah kecepatan prosesor agar melebihi keecepatan default atau standart dari ponsel.Sponsors Link




7. Memblokir Iklan

Iklan yang sering mondar-mandir di aplikasi, browser maupun game kadang membuat penggunanya jengkel. Selain mengganggu pemandangan, banyaknya iklan juga membuat aplikasi berjalan lambat. Root Android juga berfungsi untuk memblokir semua iklan tersebut, yaitu dengan cara download aplikasi AdAway. Pada hp non root, blokir iklan juga bisa dilakukan. Namun caranya tidak semudah saat hp Anda sudah diroot.

8. Menambah Kapasitas RAM

RAM berfungsi untuk membantu prosesor dalam menyimpan dan memantau aplikasi yang sedang berjalan. Semakin besar kapasitas RAM pada ponsel, maka kemampuan multitasking atau kemampuan ponsel untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu, juga semakin besar. Namun terlalu banyak aplikasi yang dibuka, juga bisa menyebabkan RAM ponsel penuh dan sistem berjalan lambat. Hal inilah yang sering menjadi masalah pada para gamers. Sehingga mereka memanfaatkan root untuk menambah kapasitas RAM atau mengakalinya dengan menggunakan aplikasi Greenify yang dapat membuat kerja RAM lebih ringan dan performanya lebih maksimal.

9. Menghemat Daya Baterai HP

Baterai sama halnya dengan RAM, tenaganya akan cepat habis bila terlalu banyak aplikasi yang dibuka. Pengatasannya adalah dengan melakukan kalibrasi baterai untuk menghemat daya baterai hp. Caranya yaitu setelah hp Anda diroot, Anda bisa download battery calibration di Google Play Store untuk mengkalibrasi baterai agar penggunaannya bisa tahan lama.

10. Backup Data

HP yang sudah diroot bukan hanya bisa melakukan backup file saja, namun juga mampu melakukan backup aplikasi dan sistem. Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi apabila hp error atau aplikasi tidak sengaja terhapus. Jika terjadi hal tersebut, maka Anda tingga ambil data yang sudah pernah dibackup, jadi Anda tidak perlu download ulang aplikasinya

 

Semoga Bermanfaat :D

Penulis

foto SETO TRI WIBOWO
SETO TRI WIBOWO

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar