Logo Eventkampus

Negara maju adalah negara yang..!

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Negara maju adalah negara yang..!

Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara berkembang. inilah ciri – ciri negara maju :

Negara maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi.

Ciri-ciri :
1. Pertanian termasuk peternakan dan perikanan untuk industrialisasi, dijual, diekspor.
2. Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern.
3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang industrialisasi secara cepat.
4. Pendapatan rata-rata penduduk tinggi.
5. Pendidikan dan keterampilan penduduk cukup tinggi.
6. Sifat kemandirian masyarakatnya tinggi.
7. Tidak tergantung pada alam.
8. Tingkat pertumbuhan penduduk rendah
9. Angka harapan hidup tinggi.
10. Intensitas mobilitas tinggi.

contoh negara maju di dunia

Norwegia

Norwegia merupakan negara dengan Indeks Pembangunan Manusia tertinggi di seluruh dunia dan terus meningkat hingga saat ini. Negara ini menerapakan sistem ekonomi pasar dan akses kesehatan dan gratis kepada seluruh masyarakatnya sehingga angka harapan hidup di negara ini cukup tinggi. Sumber daya alam utama dari negara ini adalah minyak bumi, gas alam, mineral, dan seafood. Menurut data Bank Dunia, Norwegia merupakan salah satu dari 40 negara dengan pendapatan kapita per tertinggi di seluruh dunia dan kedua tertinggi di Benua Eropa. Negara ini juga menjadi Negara dengan Penduduk yang Paling Bahagia di Dunia.

Australia

Negara sekaligus benua satu – satunya yang berada di selatan dunia ini juga menjadi salah satu negara maju dengan Indeks Pembangunan Manusia tertinggi. Australia memiliki sistem pemerintahan monarki meskipun begitu penduduknya memiliki kebebasan penuh dalam melakukan kegiatan ekonomi dan mendapatkan hak politik dengan baik. Kriteria lain yang dimiliki negara ini adalah tingginya akses masyarakat terhadap kesehatan dan pendidikan, sehingga kesejahteraan masyarakatnya sangat baik.

Jerman

Negara yang merupakan pencetus terjadinya perang kedua ini merupakan negara dengan Indeks Pembangunan Manusia tertinggi karena tingkat pendidikan yang sangat luar biasa. Beberapa universitasnya termasuk yang paling bergengsi di dunia dengan biaya pendidikan yang gratis untuk masyarakatnya, bahkan Jerman memberikan kesempatan belajar yang sangat besar untuk pelajar dari negara lain juga tanpa biaya. Dalam sektor perekonomian, Jerman merupakan negara pengekspor barang terbanyak ketiga di seluruh dunia. Pendidikan yang sangat baik mejadikan tingginya skill dan produktifitas masyarakatnya sehingga standar hidup di negara Jerman juga sangat tinggi.

Singapura

Asia Tenggara juga memiliki negara maju dengan Indeks Pembangunan Manusia tertinggi nomor 6 di seluruh dunia, yaitu Singapura. Negara yang baru merdeka di tahun 1965 ini sebelumnya merupakan negara berkembang, namun karena tingkat kemajuan teknologi yang sangat pesat negara ini berhasil lulus dari statusnya sebagai negara berkembang. Negara yang dijuluki macan asia ini kini menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia dan memiliki tingkat pendidikan, kesehatan, keamanan, dan angka harapan hidup tertinggi di Asia

Amerika Serikat

Negara adidaya paling berpengaruh di dunia ini adalah salah satu negara yang sudah maju bahkan sebelum perang dunia kedua dimulai. Amerika Serikat merupakan negara dengan pendapatan domestik bruto (GDP) terbesar di seluruh dunia. Amerika Serikat bukan hanya memiliki kemajuan di bidang ekonomi, pendidikan, dan aspek sosial-ekonomi lainnya, melainkan juga di bidang pertahanan dan militer. Amerika Serikat memiliki kekuatan militer terbesar ketiga di seluruh dunia dan merupakan pengekspor senjata terbesar di seluruh dunia.

itulah beberapa contoh negara maju di dunia.

 

Penulis

foto ilham rizki kurniawan
ilham rizki kurniawan

Artikel Terkait

GANGSTARASTA Anniversary 16 th
21 Desember 2017
fakta sunmi
12 Januari 2018
APA ITU KAFEIN? EFEKNYA BAGI KESEHATAN?
19 Januari 2018
TIPS MENJADIKAN DIRI REMAJA BERPRESTASI
19 Januari 2018
5 Misteri Unik Gunung Jayawijaya
22 Januari 2018
Fakta unik Jeruk Nipis untuk Wajah kalian!
22 Januari 2018

Komentar