Logo Eventkampus

Posisi tidur yang baik dan manfaatnya..!

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Posisi tidur yang baik dan manfaatnya..!

Posisi tidur yang baik dan manfaatnya..!

Secara umum, posisi tidur seseorang adalah telentang, tengkurap, atau berbaring miring. Jika posisi tidur Anda mengakibatkan ketidak nyamanan atau muncul rasa sakit ketika terbangun, maka Anda disarankan untuk mengganti posisi tersebut karena jika dilakukan terus, dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan.

Nah posisi yang di anjurkan nabi adalah tidur dengan miring ke kanan, berikut manfaat tidur dengan miring ke kanan :

  1. Tidur dalam posisi ke kanan dapat mengistirahatkan otak kiri. Dengan tidur miring ke kanan,  dapat menghindarkan dari bahaya yang timbul seperti pengendapan pembekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan penyempitan pembuluh darah.
  2. Dapat mengurangi beban jantung. Dengan posisi miring ke kanan saat tidur dapat membuat darah terdistribusi secara merata dan terkonsentrasi ke tubuh bagian kanan, membuat aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih melambat sehingga denyut jantung lebih lambat dan tekanan darah akan menurun.
  3. Mengistirahatkan lambung. Dengan tidur miring ke kanan menyebabkan aliran chiemlancar sehingga cairan empedu meningkat. Hal ini dapat mencegah batu kantung empedu.
  4. Meningkatkan waktu penyerapan gizi. Dengan posisi tidur miring ke kanan membuat perjalan makanan yang tercerna lebih lama, sehingga penyerapan sari makanan lebih optimal.
  5. Merangsang buang air besar. Dengan tidur miring ke kanan akan membuat proses pengisian usus besar lebih cepat penuh sehingga merangsang gerak usus besar dan relaksasi dari otot anus. Ini akan merangsang untuk buang air besar.
  6. Mengistirahatkan kaki kiri. Dengan tidur miring ke kanan akan membantu pengosongan vena kaki kiri sehinnga rasa pegal lebih cepat hilang.
  7. Menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru kanan lebih besar daripada paru-paru kiri. Saat tidur miring ke kanan, jantung juga akan condong ke kanan. Hal ini tak masalah karena jantung akan menekan paru-paru kanan yang ukurannya lebih besar.
    Menjaga saluran pernafasan. Dengan tidur miring ke kanan akan mencegah jatuhnya pangkal lidah yang dapat mengganggu saluran pernafasan.
  8. Untuk sekarang apa salahnya kita membiasakan dengan tidur miring ke kanan untuk memperoleh posisi tidur yang sehat.

Nah itulah manfaat tidur dengan posisi miring ke kanan...

Penulis

foto ilham rizki kurniawan
ilham rizki kurniawan

Artikel Terkait

Kedokteran gigi unsoed kembali membuat gebrakan di bidang seni
23 Desember 2017
cara menghentikan rasa pusing
13 Januari 2018
Terungkap, Inilah Jawaban Atas Misteri Segitiga Bermuda !
19 Januari 2018
Makanan Yang Bisa Membahayakan Jika Dimakan Berlebihan
27 Agustus 2018
Beregu putri Indonesia menang 2-1 dari China
29 Agustus 2018
Usaha Cowok Dalam Memahami Ceweknya. Karena Remeh, Seringnya Dianggap Angin Lalu Saja
30 Agustus 2018

Komentar