Logo Eventkampus

Untuk Generasi Millenial,Perhatikan Ini Untuk Masa Depanmu

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Untuk Generasi Millenial,Perhatikan Ini Untuk Masa Depanmu

1. Zaman Dimana Segala Akses Informasi Jadi Mudah, Kita Harus Berfikir Lebih Kreatif!

Semakin mudah untuk mengakses informasi, tentunya persaingan di dunia kerja akan menjadi semakin ketat. Namun hal tersebut jangan menyurutkan semangatmu ya! Dengan ketatnya persaingan di dunia kerja, kamu harus bisa berfikir lebih kreatif dan out of the box. Kamu bisa memanfaatkan hobimu menjadi peluang usaha. Misalnya, jika kamu hobi menulis kamu bisa membuat blog pribadi atau mencari pendapatan melalui tulisan-tulisanmu. Atau jika kamu tertarik untuk berwirausaha kamu bisa memulai bisnis online kamu mulai sekarang.

 

2. Aktif Dan Cerdas Dalam Mencari Peluang

Kamu juga harus aktif dalam mencari peluang. Kamu harus melatih kemampuan berkomunikasi dan membangun hubungan baik dengan orang-orang di sekeliling kamu ya, guys! Banyak kesempatan akan terbuka lebar apabila kamu aktif untuk mencarinya. Jika kamu ingin mengembangkan bisnis, membangun startup, atau membuka online shop, kamu bisa mulai untuk menggali ilmu dan informasi dari orang-orang yang sudah sukses di bidangnya ya.

 

3. Berkarya Boleh, Tapi Jangan Jadi Kacang Lupa Kulit!

Derasnya akses arus informasi yang masuk terkadang tanpa tersaring terlebih dahulu. Bahkan ada beberapa informasi yang berlawanan dengan nilai-nilai luhur bangsa kita. Akibatnya, banyak sekali kita temukan, informasi-informasi yang negatif yang saat ini sudah mulai memberi pengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah, makanya, sudah sepatutnya kita memberi contoh dan menebarkan hal-hal yang positif. Tetap selektif dalam berkarya dan terus menebarkan hal-hal yang positif ya!

 

4. Bijak Dan Selektif Dalam Mengakses Informasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, arus informasi yang kita peroleh terkadang sudah saling timpang tindih. Sehingga, terkadang kita tidak tahu apakah informasi yang sudah sampai ke kita adalah informasi yang benar atau bukan. Yang paling buruk adalah apabila kita turut menshare sebuah informasi yang masih diragukan kebenarannya. Kalau kayak gini, kita telah turut andil dalam menyebarkan kebohongan dong, guys! Nah, maka dari itu, kita harus bijak dalam menerima dan menyebarkan informasi, khususnya di lingkup social media. Kita harus selektif dan mengecek kebenaran informasi tersebut sebelum menyebarkannya. Say no to HOAX!

 

5. Jangan Lupa Tetap Membantu Sesama

Apapun yang kamu lakukan, tetap niatkan untuk membantu sesama ya! Karena tiap usaha kita akan lebih berarti jika bisa memberi dampak yang positif bagi orang lain. Percaya lah kalau setiap usaha kita, sekecil apapun itu, jika diniatkan untuk kebaikan, pasti akan ada balasannya yang lebih baik.

 

6. Setiap Orang Bisa Berkarya Dengan Caranya Masing-Masing

Setiap dari diri kita dilahirkan berbeda-beda dengan orang lain. Maka, kita harus cerdas dalam menghadapi perbedaan tersebut. Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk berkarya, jadi kita harus bisa saling menghargai dan memberi dukungan. Jangan membiasakan diri untuk mudah menjudge atau menjelekkan usaha orang lain. Selama yang dilakukannya positif, kita harus bisa menghargainya. Jika kita mudah untuk menghargai orang lain, pasti jalan kita menuju sukses juga akan dipermudah. Tetap semangat!

 

7. Berpikiran Terbuka Dan Bangun Ide Yang Realistis

Terkadang, ide untuk memulai suatu bisnis atau sebuah gerakan, berawal dari sebuah diskusi-diskusi ringan. Maka dari itu kita tidak boleh menutup diri terhadap orang lain. Selalu berkumpul dengan orang-orang yang memiliki pikiran yang positif dan terbuka, bisa jadi kita akan tertular dengan semangatnya.

 

8. Memiliki Visi Yang Jelas, Namun Tidak Membatasi Potensi Diri

Sebagai generasi muda, kita harus memiliki visi yang jelas. Visi kita untuk masa depan akan mempermudah jalan kita dalam membangun tangga-tangga menuju kesuksesan. Selain itu, jangan mudah menyerah jika kita gagal. Bisa jadi dari kegagalan tersebut, kita akan menemukan jalan lain yang memiliki peluang besar bagi kita untuk menggapai kesuksesan. Tetap semangat dan jangan membatasi potensi dirimu.

 

9. Cerdas Dalam Mengelola Keuangan

Generasi muda zaman now, bisa dikatakan lebih konsumtif daripada generasi-generasi sebelumnya. Bahkan, kita pun bisa membeli suatu barang tanpa beranjak dari tempat duduk. Selain itu, produk-produk saat ini yang disajikan bervariatif dan menggoda untuk dibeli. Nah, disini godaan kita! Jangan karena sedang mengikuti tren, kita jadi membelanjakan barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Kan lebih baik uangnya kita tabung untuk membangun modal masa depan, ya kan!

Penulis

foto Anggun Prastiwi
Anggun Prastiwi
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

tips daya ingat
06 Januari 2018
Fakta Martin Garrix
18 Januari 2018
Ini dia ! Manfaat dan Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan
19 Januari 2018
manfaat dari daun pepaya
22 Januari 2018
Misteri 4 Benua Atlantis yang Hilang
22 Januari 2018

Komentar