close
Menghadapi Orang yang Terlalu Kepo dengan Urusan Kita
2018-04-11 09:46:55

Setiap orang memiliki urusan masing-masing dan pasti memang ada yang perlu untuk diceritakan ke teman dan ada juga yang cukup kita saja yang tahu masalah kita. Kadang suka kesel kalau ada teman yang kepo banget sama urusan kita, padahal kan kita memiliki hak untuk enggak semua hal harus kita ceritakan ke orang lain. Inilah cara menghadapi teman yang terlalu kepo dengan urusan kita.

Cuekin kalau dia mulai nunjukin tanda-tanda lagi kepo.

Hal yang pertama bisa kita lakukan adalah cuekin teman kita yang kepo itu kalau sudah ada tanda-tanda dia lagi kepo dengan urusan kita. Sebisa mungkin kita menghindari eye contact dengan dia karena kalau kita melihat dia sebentar aja, kemungkinan dia akan langsung mulai nanya-nanya ke kita.

Kalau bisa enggak ada di satu ruangan sama dia berdua aja, tapi kita harus mencari tempat ramai dan teman mengobrol supaya dia enggak ada kesempatan untuk bertanya ke kita.

Bikin Akun Medsos Jadi Private

Kalau kita belum berteman dengan dia di social media, mending diprivate aja deh akun kita. Jadi dia enggak bisa melihat hal-hal yang kita posting. Kalau dia desperately banget kepo sama kita, dia mungkin akan request pertemanan, kalau begini tergantung kita nya deh mau accept atau enggak.

Tolak dengan Senyuman

Biasanya orang yang super kepo enggak akan nyerah mengejar kita untuk sekedar mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaannya. Kalau teman kita akhirnya punya kesempatan untuk bertanya kita, maka kita jawab aja dengan senyuman dan bisa juga sambil bilang ‘Mau tahu ya, haha ada deeh’. Abis ngomong kaya gitu kita langsung cepet-cepet pergi deh ninggalin dia.

Menyindir Halus

Kita dan teman kita yang lain bisa kerja sama bikin teman kita yang kepo ngerasa tersindir dengan harapan dia jadi enggak terlalu kepo dengan kita. Misalnya saat lagi ngumpul bareng, kita bisa melihat handphone kita sambil bilang menunjukkan artikel yang menunjukkan sikap kepo itu enggak menyenangkan.

Tegur dengan Tegas

Bila sudah sampai merugikan kita atau pun orang lain karena sikap kekepoan teman kita tersebut, bisa langsung tegur dia dengan tegas bahwa dia harus mulai menghilangkan rasa kepo nya terhadap urusan orang lain karena membuta orang lain jadi merasa enggak nyaman.

Kita bisa jelaskan juga kalau urusan pribadi bukanlah konsumsi publik yang semuanya harus dia ketahui. Namun jangan sampai juga teguran kita ini membuat kita dan dia jadi bermusuhan, kita bisa bicarakan dengan baik-baik namun secara tegas.

Tag
Penulis
Isnan Wahyudi
SMK Negeri 2 Karanganyar
Berusaha yang terbaik
Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini?
Share
Komentar