5 Manfaat Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini

access_time | label Lainnya
5 Manfaat Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini

Pendidikan karakter merupakan salah satu jenis pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter seseorang. Zaman sekarang, keberadaan media sosial dan internet membuat jangkauan informasi menjadi tidak terbatas. Anak-anak bisa bebas mengakses segala hal yang belum tentu sesuai dengan umur mereka.

Akibatnya, anak muda masa kini mengalami degradasi moral. Mereka mulai bersikap di luar batas norma sosial dan agama yang seharusnya menjadi pedoman dalam hidup. Hal inilah yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk mengajarkan pendidikan karakter, terutama pada anak usia dini.Selanjutnya mari kita bahas tentang manfaat pendidikan ini. Berikut merupakan 5 manfaat pendidikan karakter pada anak usia dini, di antaranya:

  1. Menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter

Ada dua hal yang bisa menentukan maju tidaknya sebuah bangsa, yang pertama adalah sejarah dan yang kedua adalah generasi mudanya. Jika generasi muda suatu bangsa tidak memiliki karakter, di masa yang akan datang negara mereka akan mudah dihancurkan dan terpecah belah.

Agar anak-anak muda Indonesia tidak menjadi penyebab kehancuran bangsa tercinta, tanamkan pendidikan karakter sejak mereka berusia dini. Karena karakter yang kokoh akan bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

  1. Melatih mental dan moral anak usia dini

Tidak dapat dipungkiri lagi. Bahwa selain dapat membentuk karakter, pendidikan ini juga bermanfaat untuk melatih mental dan moral. Anak yang sudah dibekali pendidikan karakter sejak usia dini secara otomatis akan memiliki landasan mental dan moral yang cukup kuat.

Mereka tidak akan mudah menyerah atau bertindak di luar batas moral. Karena sudah dididik sejak dini, mereka juga akan terbiasa melakukan sesuatu sesuai dengan batasan atau berpedoman pada peraturan negara, masyarakat dan agama.

  1. Menjadi pribadi yang bijaksana

Anak yang sudah diajarkan pendidikan karakter sejak dini akan tumbuh menjadi orang dewasa yang mampu mengambil segala keputusan secara bijaksana. Hal ini karena mereka memiliki pedoman bagaimana harus bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan masyarakat dan agama.

Ini tentu saja berbeda dengan mereka yang tidak pernah menerima pendidikan karakter. Anak yang tidak pernah dibentuk karakternya akan cenderung emosional ketika menghadapi sesuatu. Mereka menganggap satu-satunya solusi untuk mengatasi sebuah masalah adalah dengan meluapkan semua emosi, entah itu kemarahan atau kesedihan.

  1.  Mampu bekerja sama dengan orang lain

Manfaat pendidikan karakter lainnya adalah untuk  melatih anak agar mudah bekerja sama dengan orang lain. Landasan karakter yang kuat juga dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi mereka sehingga mudah berinteraksi dengan berbagai jenis orang yang memiliki berbagai macam sifat.

  1. Meningkatkan kemampuan anak untuk mengatasi masalah

Anak –anak cenderung masih bergantung pada orang di sekitarnya ketika mereka menghadapi suatu masalah. Jika sejak dini mereka sudah dibekali dengan pendidikan karakter yang matang, secara otomatis anak akan mampu mengatasi masalah yang dihadapi tanpa meminta bantuan.

Landasan karakter yang kuat akan membuat mereka percaya diri, bijaksana, dan memiliki kestabilan mental ketika menemui masalah

Tags

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

Share

Komentar