Logo Eventkampus

13 Tips Agar Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan Di Tempat Kerja

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
13 Tips Agar Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan Di Tempat Kerja

1. Menghargai Semua Orang

Tips Agar Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan Di Tempat Kerja yang pertama adalah kita harus menghargai kepada siapapun orang-orang di lingkungan kerja Kita. Termasuk Atasan, Karyawan Senior, bahkan kepada Karyawan yang lebih rendah jabatannya pun Kita juga harus menghargai mereka.

Dari sini kita bisa belajar untuk lebih menghormati agar dihormati, dan menghargai agar dihargai kembali. Karena hidup bukan hanya perkara “All About Me”, tapi tentang “Share n Growth”, saat Kita berbuat baik, maka kebaikan yang akan Kita dapatkan. Dengan menghargai, percayalah bahwa mereka juga akan membalas dengan menghargai pula.

2. Peka terhadap lingkungan sekitar

Yang  kedua adalah Peka terhadap lingkungan sekitar. Sebagian karyawan hanya peduli pada dirinya sendiri. Sampai lupa bahwa lingkungan sekitarnya sangat penting untuk diperhatikan.

3. Sopan

Sopan kepada sesama teman kerja, sopan kepada atasan, sopan kepada karyawan baru, membuat Kita semakin disukai oleh mereka. Sebab Kita dinilai baik, dan juga dinilai sangat menghargai mereka.

Dengan bersikap sopan, Kita akan menjadi orang yang lebih disegani. Sopan di sini termasuk dalam hal bicara, dalam berjalan. Serta dalam bertindak dan hal-hal lainnya yang tentunya tidak melanggar adab kesopanan itu sendiri.

4. Murah senyum dan Menyapa Pada Rekan Kerja

Jangan pernah menyepelekan soal senyum. Faktanya kan seperti itu. Ketika kita banyak senyum kepada sesama, apa lagi di lingkungan kerja, maka kita dianggap orang yang baik dan menyenangkan. Jika sebaliknya, pasti kita dianggap orang yang sombong dan menyebalkan.

5. Semangat Kerja Tinggi

Faktor kelima agar Kita disukai oleh rekan kerja dan atasan adalah, Kita harus menanamkan kebiasaan rajin dan semangat bekerja yang tinggi. Tidak peduli apakah Kita adalah orang yang malas saat di rumah. Tapi ketika di tempat kerja Kita harus menjadi orang yang rajin dan memiliki semangat kerja yang tinggi.

6. Rajin

Rajin di sini contohnya: rajin datang tepat waktu, rajin bersih-bersih, rajin mengerjakan tugas yang diberikan. Bahkan rajin untuk berbuat baik kepada kawan di sekitar Kita. Jika demikian, yakinlah Kita akan menjadi sosok yang akan dicintai.

7. Inisiatif

Inisiatif adalah bertindak untuk kebaikan orang lain atau bersama, berdasarkan pemikiran dan tindakan sendiri tanpa harus disuruh atau diperintah. Misalnya: melihat ada sampah plastik di ruangan kerja, ya dipungut dan dibuang di tempatnya. Itu hanya salah satu contoh bentuk inisiatif.
Seperti inisiatif mengerjakan tugas sebelum mendapat seruan dari atasan. Atau ketika Kita melihat ada sesuatu yang salah di tempat kerjamu. Jadikanlah diri Kita sebagai orang yang mencetus adanya perbaikan.

8. inovatif

Kalau kita mau menyumbangkan ide-ide yang inovatif justru akan membuat kita semakin dikenal baik oleh rekan kerja bahkan atasan. Dan dengan selalu berinovasi, bukan hanya perusahaan yang sedang Kita kembangkan, tapi juga diri Kita sendiri.

9. Suka Bercanda Dan Tidak Mudah Naik Darah

Bercanda, adalah bumbu di setiap aktifitas agar aktifitas yang kita lakukan tidak kaku. Sebab orang yang bercanda, biasanya bisa menghilangkan stress bagi orang lain yang diajak bercanda.

Oleh sebab itulah, Kita harus suka atau paling tidak sesekali bercanda dengan teman kerja Kita. Dan pastinya, bercanda saja tidaklah cukup. Kita juga harus menjauhi sikap mudah tersinggung agar Kita tetap disenangi orang-orang di sekitar Kita.

10. Sempatkan waktu untuk mengobrol di waktu istirahat

Manfaatkan jam makan siang untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja. Siapa tahu darinya kita dapat ide-ide inovatif yang bisa dikembangkan di pekerjaan.

11. Sabar Dan Tidak Pemarah

Kita harus menanamkan budaya sabar dan tidak pemarah pada diri Kita sendiri. Ketika Kita dimarah atasan atau rekan kerja, ya bersabar saja. Jangan dibalas dengan marah atau dibantah. Toh tidak selamanya mereka akan memarahi Kita.

Dengan sabar, orang lain akan menyukai Kita meskipun sebelumnya Kita telah berbuat salah misalnya. Mereka akan mengganggap bahwa Kita adalah orang yang bisa menerima tentang kesalahan sendiri, dan bisa menyadari bahwa itulah yang seharusnya Kita lakukan.

12. Jujur

Dengan bersikap jujur, orang lain termasuk atasan akan percaya kepada Kita, dan tentu mereka akan menyukai Kita. Sebab jarang sekali lo saat ini mendapatkan karyawan yang jujur dan bisa dipercaya. Maka dari itu jika Kita jujur, akan besar peluang bagi Kita untuk menjadi karyawan kepercayaan di tempat kerja Kita. Dan pasti, karyawan kepercayaan adalah karyawan yang disukai.

13. Sering mengucapkan kata “Tolong”, “Maaf”, dan “Terima Kasih”

Meski terdengar sepele, ucapan “terima kasih” dan “tolong” sangat berdampak besar. Dengan sering mengucapkan tiga kalimat tersebut, Kita akan lebih mengapresiasi dan menghargai apa yang rekan kerja beri atau lakukan.

Melalui ketiga kata ini juga, Kita akan dikenal sebagai pribadi yang rendah hati dan pandai berterima kasih.

 

Penulis

foto Anggun Prastiwi
Anggun Prastiwi
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
5 CARA MENCEGAH BULLYING
23 Januari 2018
Ingin Sukses UN ??? Simak Tips Artikel Berikut ini
24 Januari 2018
Edan! Peselancar AS Nekat Taklukkan Ombak Setinggi 30 Meter
25 Januari 2018

Komentar