Logo Eventkampus

Inilah 7 Kebiasaan yang Menyebabkan Perut Buncit

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Inilah 7 Kebiasaan yang Menyebabkan Perut Buncit

Apakah kamu punya masalah dengan perut buncit? penyebab perut buncit sangat banyak, termasuk kebiasaan yang disadari maupun yang tidak disadari. Hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri bagi yang mengalaminya. Dan menjaga bentuk tubuh tetap sehat dan sesuai dengan kriteria bukanlah hal yang mudah. Berikut ini ialah beberapa kebiasaan buruk yang menjadi penyebab perut buncit

Kurang tidur

Pada umumnya, kualitas tidur orang dewasa bisa didapat dengan tidur selama 7-9 jam setiap malamnya. Ketika terbiasa tidak tidur cukup alias sering begadang dengan alasan apapun, tingkat hormon kortisol (Hormon stress) pun akan otomatis meningkat. Hormon inilah yang menjadi pemicu kamu mengkonsumsi makanan tinggi gula. Dengan kebiasaan yang seperti itu

Konsumsi makanan berlemak

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak juga menjadi penyebab utama perut kamu menjadi buncit. Makanan berlemak juga disebut dengan sebutan junkfood. Memang sih, makanan yang berlemak terasa jauh lebih nikmat, tapi tak ada salahnya kamu berpindah haluan ke makanan yang sehat. Sesekali makan sih sah-sah aja, tapi pastikan untuk membatasinya jika tak ingin perut membuncit karena berat badan yang terus naik secara drastis, ya.

Duduk terlalu lama

Mungkin kamu yang memiliki aktivitas pada dan diharuskan untuk menghabiskan waktu dengan duduk sepanjang hari di kantor, sebaiknya mulai memikirkan untuk rajin berolahraga. Karena duduk terlalu lama akan memicu perut menjadi buncit. Saat kamu duduk sepanjang hari, lemak akan menumpuk pada bagian perut. Berolahragalah dengan rutin dan teratur agar tubuh menjadi sehat dan lemak diperut bisa hilang. Tapi, jika kamu tidak punya waktu untuk olahraga, luangkanlah waktu sekitar 5-10 menit untuk melakukan peregangan pada tubuh kamu.

Makan larut malam

Makan terlalu larut malam justru berdampak tidak baik pada pencernaanmu. Ketika makan sore atau setidaknya paling lambat sebelum setengah 7 malam biasanya akan membantu tubuh mencerna makanan lebih baik di waktu malam. Namun, saat larut malam, tubuh tidak bisa mengkonversi lemak menjadi energi, terlebih ketika kamu sedang tidur. Usahakan jangan sampai makan lebih dari pukul 8 malam. Sebab, ketika makan malam terlalu malam, tubuh malah justru bakal menyimpan hasil makan malam di area perut sebagai lemak. Untuk mencegah penimbunan lemak, lebih  baik mengonsumsi air putih saja

Konsumsi minuman bersoda

Kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda bisa menjadi salah satu penyebab perut buncit. Karena minuman bersoda mengandung gula tinggi, dan juga tidak baik untuk kesehatan ginjal. Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak banyak minum soda agar tubuh sehat dan terhindar dari perut buncit. Gantilah dengan konsumsi air putih minimal 1,5 liter per hari.

Ngemil di malam hari

Ngemil memang paling asyik bagi banyak orang, apalagi di malam hari ketika sedang menonton TV atau beraktivitas di depan komputer. Hal ini sepertinya hampir semua orang pernah melakukannya, bukan?  Tapi, kebiasaan ngemil bukanlah sesuatu yang sehat apabila dilakukan terus menerus dalam jumlah yang banyak. Apalagi jika kebiasaan ngemil kamu, kamu lakukan pada malam hari. Cemilan yang kamu makan biasanya mengandung lemak dan memiliki kalori yang cukup tinggi. Dampaknya tidak hanya berat badan yang akan bertambah, tapi juga perutmu yang akan membuncit. Maka sebaiknya mulailah biasakan mengkonsumsi makanan sehat.

Stres

Stres ternyata mempengarungi lemak di sekitar pinggang. Kinerja dari pencernaan maupun tubuh bisa terganggu hanya karena masalah psikologis. Stres dan depresi merupakan contoh yang mampu menyebabkan perut buncit karena biasanya makan adalah pelarian dari rasa stres ini. Hal ini dipicu oleh hormon stres kortisol yang dapat bekerja lebih keras ketika kamu stres.

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

7 Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan Tubuh
02 April 2018
7 Manfaat Air Mata bagi Kesehatan
04 April 2018
manfaat tebu untuk kecantikan
05 April 2018
Ini Dia Manfaat Beras Kencur !!
09 April 2018
Pernah Galau Mikir hal Seperti Ini, Tandanya Kamu Sudah Dewasa
11 April 2018

Komentar