Logo Eventkampus

Sejarah Piala Dunia yang Wajib Kamu Tau

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Sejarah Piala Dunia yang Wajib Kamu Tau

Piala Dunia sudah berlangsung sejak tahun 1930. Dari situ banyak sekali sejarah piala dunia yang tercetak, mulai dari gol indah, pemain yang heroik, hingga lagu yang ikonik.  Kalau kamu sedang mencari info mengenai itu semua, maka kamu berada di artikel yang tepat! Langsung simak yuk ulasan lengkapnya.

Bola piala dunia

Ada banyak cerita menarik di balik pemilihan bola Piala Dunia. Misalnya, bola Piala Dunia pertama tahun 1930. Pada saat itu, sebelum pertandingan final, Uruguay dan Argentina berdebat tentang siapa yang akan menyuplai bola yang akan digunakan. Akhirnya, diputuskan, masing-masing bola dari Uruguay dan Argentina digunakan dengan pergantian bola saat istirahat babak pertama.

Lagu Piala Dunia

Lagu Piala Dunia tahun ini adalah “Live It Up” yang dinyanyikan oleh Nicky Jam feat. Will Smith & Era Istrefi. Meskipun di setiap musim piala dunia ada lagu tema yang diciptakan, tidak semua mudah diingat dan terus dikenang warga dunia.  Konon, ada beberapa lagu yang dianggap sebagai lagu Piala Dunia palinCup of Life - Ricky Martin, Piala Dunia 1998

Cup of Life - Ricky Martin, Piala Dunia 1998
Lagu Piala Dunia ini dibuat untuk pertandingan tahun 1998 yang bertuan rumah di Prancis. Lagu Cup of Life dinyanyikan oleh Ricky Martin, penyanyi asal Puerto Rico.

Waka Waka (This Time for Africa) - Shakira, Piala Dunia 2010
Banyak yang bilang kalau lagu ini adalah lagu Piala Dunia terbaik sepanjang masa. Bagaimana tidak? Musiknya yang selalu terngiang dan liriknya yang mudah diingat membuat lagu Waka Waka selalu ada di hati para pencinta bola.

Wavin' Flag - K'NAAN, Piala Dunia 2010
Faktanya lagu ini bukanlah lagu resmi Piala Dunia, melainkan lagu komersial Coca Cola tahun 2010 untuk meramaikan momen pertandingan 4 tahun sekali tersebut. Meski begitu, lagu ini juga menambah deretan lagu piala dunia terbaik sepanjang masa.

Stadion piala dunia

Estadio Azteca di Mexico City, Mexico
Stadion Piala Dunia tahun 1986 dan 1970 ini dinobatkan sebagai tempat paling bersejarah di sana. Pasalnya, pemain bola legendaris seperti Pele dan Diego Maradona pernah diabadikan momen ketika mengangkat trofi Piala Dunia kemenangan timnasnya.

Estadio Centenario di Montevideo, Uruguay
Stadion ini menjadi salah satu yang paling bersejarah di dunia karena menjadi stadion Piala Dunia yang pertama dalam sejarah pertandingan sepakbola. Tepatnya, pada pertandingan Piala Dunia 1930

Maskot piala dunia

Pertandingan tanpa maskot Piala Dunia, akan terasa hampa pastinya. Oleh karena itu, di setiap laga Piala Dunia pasti ada maskot yang diciptakan. Berikut daftarnya

Willie, Inggris 1966

Sesuai dengan simbol Inggris, yaitu singa, maskot Willie diciptakan dengan menggunakan baju Union Flag yang disisipi kata World Cup.

Naranjito, Spanyol 1982

Kenapa jeruk? Karena itu adalah buah khas di Spanyol. Kata Naranjito diambil dari "naranja" bahasa Spanyol yang artinya oranye.

Ciao, Italia 1990

Ketika maskot Piala Dunia lainnya kebanyakan berbentuk lucu, menggemaskan, dan potensial untuk dijadikan suvenir dan boneka, Italia memilih stick figure yang terlihat seperti rubiks berbentuk acak. Namun, maskot ini kemudian menjadi maskot yang paling ikonik dan digadang menjadi maskot terbaik sepanjang pertandingan Piala Dunia.

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
5 CARA MENCEGAH BULLYING
23 Januari 2018
Ingin Sukses UN ??? Simak Tips Artikel Berikut ini
24 Januari 2018
Edan! Peselancar AS Nekat Taklukkan Ombak Setinggi 30 Meter
25 Januari 2018

Komentar