Logo Eventkampus

Mengenal Kue Klepon dan Membuat kue Klepon

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Mengenal Kue Klepon dan Membuat kue Klepon

Klepon ialah salah satu makanan khas dari Jawa Tengah atau jajanan pasar, dan hampir semua daerah memilikinya. Berbentuk bulat dan berwarna hijau serta terdapat gula jawa ditengahnya sehingga bila kita memakannya akan mucrat gula jawa tersebut, itulah yang menjadi ciri khasnya kue klepon ini. Di Lombok jajanan klepon disebut kecerit kecerit yang artinya muncrat. Penyajian kue klepon di Lombok disajikan dengan parutan kelapa. Bila di Sumatra dan di Malaysia, klepon dsebut dengan onde – onde, namun bila di Jawa makanan onde onde merupan bola tepung yang berisikan adonan kacang ijo dan dibaluri dengan wijen. Penyebutan onde – onde ini sering kali penyebab kekliruan dalam mengartikan onde – onde.

Sejarah klepon beraneka ragam, tergantung dengan penyebutan Namanya disetiap daerah. Diantaranya klepon raja tipu dimana semua orang tidak pernah menyadarinya, apa bila setiap gigitan Kamu akan mendapati gula jawa yang manis atau yang kosong. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang lengket, memperlihatkan bahwa diantara klepon – klepon saling menempel satu sama lain mengartikan bahwa kita akan selalu menempel dengan orang orang yang kita sayangi

Klepon berwarna hijau mengartikan bahwa kita hidup. Ada pun kuning dan merah. Hati haruslah tetap hijau agar bisa merasakan apa yang ada disekitar kita. Kenapa klepon berbentuk bulat bukan kotak ? karena bulat mengartikan bulatan bulatan klepon selalu berputar tidak tau mana akhir ujunnya. Dan bulatan klepon juga tidaklah sebulat belatnya, ini mengartikan  bahwa selalu ada yang tidak rata, begitulah hidup tidak ada yang berjalan dengan benar, dan pastinya ada yang tidak sempurna.

Sebelum menjadi kue klepon yang enak maka harus direbus dengan air mendidih terlebih dahulu. Jika mau menjadi pribadi yang Tangguh haruslah direbus dahulu ( diuji dalam kehidupan), rebusan itu merupakan kawah kehidupan . diuji dengan segala macam cobaan. Bila bisa melampauinya dengan sabar dan ikhlas, klepon akan menjadi enak setelah matang, maka haruslah bersabar dan berikhlaslah.

Dalam penyajian klepon disajikan dengan parutan kelapa. Ada beberapa tingkat penyajian parutan kelapa, sebelum menjadi pelengkap sajian klepon harus melalui berbagai fase. Begitu pula dengan tingkat kehidupan ini , pertama ialah sepet dan batok mengartikan batok itu rumit, keras, dan susah. Itu sama seperti syariat yang harus dijalankan. Suasana fiqih yang wajib dilaksanakan. Kedua lapisan yang tipis, seperti tingkat thariqat, dan perlu hati – hati dan teliti untuk membersihkannya dan sunggu sungguh. Seperti hati pun juga seperti itu jika tidak dibersihkan akan kotor. Maka selalu berhati hatilah dalam menjalani hidup ini.

Ketiga buah kelapa. Meski sudah dapat dimakan,namu belum mencapai fungsi yang sempurnaseperti hakikat. Sebenarnya sudah sampai pada tujuan namun belum mencapai babak final. Keempat untuk menuju fungsi yang sebenarnya ata Makrifat. Maka buah kelapa dihaluskan lagi, dan barulah menuju fungsi yang sebenarnya. Manusia pun seperti itu, untuk mencapai fungsinya yang sebenarnya tentu tidak akan mudah, harus berjuangterlebih dahulu dan harus selalu beroptimis bisa melaluinya. Soal hasil serahkan saja pada Yang Maha Kuasa, yang terpenting kita telah berusaha mencoba. Entah hasilnya  manis atau bunting itu persoalan akhir, karena begitulah hidup, Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi.

Cara Membuat Kue klepon dengan mudah :

1.       Buatlah adonan, Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, serta garam, aduk sampai tercampur sempurna. Tuangkan sedikit perwarna, lalu diaduk. Setelah itu tuangkan sedikit demi sedikit air mineral 150ml, dan diaduk. Bila adonan tidak cukup kental maka tidak perlu di tambahi air. Aduk adonan hingga pas,

2.       Kemudian ambil sedikit adonan, pipihkan dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya, tidak usah terlalu banyak agar ketika direbus tidak meluber keluar.

3.       Bentuk adonan menjadi bulatan bulatan kecil, sampai adonan habis

4.       Rebus 1 liter air hingga mendidih.

5.       Masukkan adonan yang dibentuk bulatan bulatan tadi, tunggu sampai klepon mengambang ( mengapung ).

6.       Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa, campurlah parutan kelapa dengan gula serta garam secukupnya. Sisihkan.

7.       Tiriskan klepon yang telah mengapung, lalu taburi klepon dengan parutan klapa.

8.       Klepon sudah siap untuk disajikan. Lebih nikmat dimakan selagi masih hangat.

Selamat mencobanyaaa ya teman teman

Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Artikel Terkait

Cara Membuat Klepon
13 Januari 2020

Komentar