Logo Eventkampus

Mengenal Pengertian, Fungsi Serta Bagian penting XAMPP

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Mengenal Pengertian, Fungsi Serta Bagian penting XAMPP

Istilah software yang satu ini (XAMPP) mungkin terdengar masih asing di telinga masyarakat pada umumnya, tetapi bagi Kamu yang menekuni bidang IT khususnya developer web pasti sangat familiar. Tidak dapat dipungkiri bahwa website sudah menjadi hal yang paling vital mengingat kemajuan trend teknologi berbasis internet saat ini. Karena itu pastinya kegiatan membuat dan mengelola web tentunya menjadi sangat diminati oleh banyak orang. Salah satu software penting yang harus dimiliki oleh para developer web pemula adalah XAMPP. Disadari atau tidak walaupun banyak yang sudah lama menggunakan software XAMPP ini tapi kurang paham mengenai definisi dan cara kerjanya.

Sebagai pengguna yang baik tentunya anda harus mengerti software seperti apa yang sedang digunakan. Hal ini juga semakin mengoptimalkan kinerja anda.Berikut pengertian, fungsi dan bagian bagian penting XAMPP.

Apa itu XAMPP?

XAMPP adalah sebuah perangkat lunak (software) bebas yang dapat mendukung berbagai macam sistem operasi yang merupakan gabungan dari beberapa program. XAMPP dibuat oleh Tim Proyek Apache Friends yang berkolaborasi di dalamnya ada Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) dan Tim Pendukung (Support Team).

Istilah XAMPP merupakan sebuah akronim dari kata - kata yang mengandung arti sebagai berikut :

1. X = Aplikasi ini dapat dijalankan dan diinstal di berbagai sistem operasi (Operating System) seperti windows, linux, Mac OS serta Solaris.

2. A = Apache adalah suatu software yang juga dikembangkan Apache Friends dengan tujuan untuk membuat web server pribadi sehingga anda dapat membuat tampilan web yang dinamis

3. M = MySQL adalah aplikasi database server yang dikenal sebagai SQL singkatan dari Structured Query Language yang digunakan untuk mengolah database menambahkan, mengubah, dan menghapus data di dalam database

4. P = PHP adalah suatu Bahasa yang sering digunakan oleh programmer khusus Back End karena memang lebih mengutamakan logika dibanding tampilan, beda halnya dengan HTML atau CSS.

5. P = Perl adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk segala keperluan yang dikembangkan oleh Larry Wall pada mesin Unix. Perl ini tersedia pada berbagai macam sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDI dan PocketPC.

Apakah Fungsi XAMPP?

Fungsi XAMPP adalah sebagai sebuah server lokal yang berdiri sendiri (disebut juga Localhost) yang terdiri dari program Apache HTTP Server, MySQL database, PHP dan Perl.Dalam prakteknya XAMPP berfungsi sebagai sebuah "demo" dari tampilan halaman website yang pada akhirnya halaman web tersebut nantinya diluncurkan secara publik online.

Apa saja Bagian Bagian Terpenting dalam XAMPP?

1.Htdocs adalah sebuah folder yang digunakan sebagai tempat penyimpanan berkas seperti PHP, HTML, dan script lain yang digunakan dalam sebuah halaman webside. pada web server yang asli maupun XAMPP bentuk Htdocs-nya sama namun yang berbeda adalah di kapasitasnya. Karena XAMPP menggunakan penyimpanan internal komputer maka kapasitasnya menyesuaikan komputer anda. Sedangkan pada hosting berbayar kapasitas yang disediakan mengikuti ketentuan yang dibuat.

2.phpMyAdmin merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk mengelola database MySQL yang berada di komputer atau laptop, software khusus untuk mengelola administrasi MySQL. Jika pada Htdocs menyimpan file - file tampilan web anda maka di phpMyAdmin ini terdapat semua database yang anda gunakan untuk keperluan website.

3.Control panel adalah sebuah layanan untuk mengelola XAMPP baik itu mengontrol (start atau stop XAMPP) serta layanan service lainnya. Secara online di dalam hosting atau VPS dikenal CPanelControl Panel dapat mengontrol atau mengendalikan XAMPP dengan lebih efektif, mulai dari mengatur setting website, database, dan masih banyak lagi. Dalam dunia hosting lebih dikenal istilah CPanel.


Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar