Logo Eventkampus

10 Fakta Unik Tentang Kopi yang Sayang Bila Kamu Lewatkan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
10 Fakta Unik Tentang Kopi yang Sayang Bila Kamu Lewatkan

Kopi merupakan salah satu minuman yang populer di Dunia. di setiap negara pasti memiliki jenis kopi yang berbeda-beda dan tentunya cara menikmatinya juga berbeda.

Selain menjadi minuman, ternyata kopi juga mengisi sejarah-sejarah negara dunia. Agiboo adalah sebuah website yang membahas keunikan kopi dari belahan dunia yang sayang bila kamu lewatkan.

Berikut artikel ini akan membahas 10 fakta unik tentang kopi yang sayang bila kamu lewatkan.


1. Kopi ditemukan pertama oleh pengembala kambing

Ceritanya berawal pada tahun 1500-an di saat seorang gembala kambing melihat kambingnya memakan buah ceri kopi. Setelah itu, ia mengamati perubahan perilaku mereka. Mereka memperoleh jumlah energi yang tinggi dan mereka tidak tidur di malam hari.


Sang penggembala membagikan temuannya kepada para bhikhu setempat dan kemudian setelah mereka minum dengan biji kopi. Mereka menyadari bahwa mereka bisa begadang semalaman dan berdoa.


2. Kopi ternyata komoditas perdagangan terbesar kedua di Dunia

Komoditas perdagangan terbesar di dunia adalah minyak mentah. Sementara, kopi menjadi nomor dua. Kopi dikonsumsi dalam jumlah banyak, menjadikannya minuman yang paling dicintai setelah air yang nilainya lebih dari 100 miliar dollar di seluruh dunia.


3. Kopi termahal ternyata dihasilkan dari campuran kotoran luwak

Sering di sebut Kopi Luwak, kopi ini berasal dari indonesia yang di klaim sebagai kopi termahal di dunia. 

Terbuat dari kacang dicerna dari Asian Palm Civet (Luwak). Dengan kata lain, itu berasal dari kotoran luwak. dan Harga pasaran kopi ini di dunia mencapai 350 Euro/kilogram atau sekitar Rp 5.000.000/kilogram.


4. Kopi adalah Buah

Bentuk kopi yang belum dipetik mirip sekali dengan buah ceri yang menjadikan mereka dikategorikan sebagai buah. Ada dua varietas utama dari biji yaitu (hijau dan merah).


5. Hawai, satu-satunya daerah Amerika yang ditumbuhi kopi

Starbuck


6. Dengan menambahkan creamer ke kopi membuat kopi kamu hangat lebih lama

Kopi akan tetap hangat 20 persen lebih lama di saat kamu menambahkan creamer ke kopi.


7. Peceraian karena kopi

Dalam budaya Arab kuno, seorang suami bisa saja menceraikan istrinya hanya karena kopi buatan istrinya tersebut tidak enak, dan apabila sang suami tidak menyukai kopi buatan istrinya.


8. Kopi membantu para atlet olimpiade

Pada tahun 1932, Negara Brasil tidak mampu mengirim atletnya ke Los Angeles untuk mengikuti ajang Olimpiade.
Dan solusinya adalah pemerintah memasukkan mereka ke dalam kapal yang penuh dengan kopi yang dijual dalam perjalanan untuk membiayai perjalanan pala atlet.


9. Mekkah sempat melarang kopi

Pada tahun 1511 kopi dilarang masuk Mekkah. Pasalnya, pemerintah di saat itu meyakini bahwa kopi merangsang pemikiran radikal dan kemalasan.


10. Esspreso Italia

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau "cepat" karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan. Di dalam espresso terdapat lebih dari enam ratus komponen zat kimia termasuk diantaranya gulakafeinaproteinemulsi dari minyak kopi, koloid, dan partikel kopi dalam suspensi dengan gelembung gas kecil. Pada setiap espresso terdapat suatu komponen yang disebut crema yang merupakan busa keemasan yang terdiri dari minyakproteingula yang mengambang di permukaan. Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan melewati 7 hingga 9 gr kopi bubuk pada temperatur 90 °C dengan tekanan 9 atmosfer.


Itulah 10 hal unik tentang kopi yang sayang jika kamu lewatkan...:)








 




 


Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar