Logo Eventkampus

Mahasiswa Prodi Sasda Banggakan Nama UNS dalam Imbasadi USU 2019

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa Prodi Sasda Banggakan Nama UNS dalam Imbasadi USU 2019

UNS – Prestasi gemilang berhasil diraih oleh delegasi mahasiswa asal Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam ajang Temu Budaya Nusantara Ikatan Mahasiswa Bahasa Sastra Daerah se-Indonesia (Imbasadi) 2019 yang digelar di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 14-15 November 2019.

Dalam kesempatan yang mempertemukan mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Daerah (Sasda) dari seluruh Indonesia tersebut, tiga mahasiswa Prodi Sasda FIB UNS berhasil memboyong tiga prestasi. Prestasi yang diperoleh adalah juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) oleh Rizki Setyo Cahyono, juara 1 Lomba Solo Vokal oleh Ira Kusuma dan juara 3 Lomba Poster oleh Muhammad Diky Praditia.

Saat ditanya mengenai judul karya tulis yang dilombakan dalam Imbasadi 2019, Rizki Setyo Cahyono, mengatakan bahwa ia mengangkat judul ‘Permainan Dhelikan Terintegrasi Budaya Jawa dan Pancasila (Pekara Japa) Sebagai Metode Pembentuk Karakter dan Moralitas Pada Anak SD Untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045’.

“Saya ingin membentuk karakter nasionalis melalui metode yang sesuai dengan pola pikir dan insting anak-anak SD. Pembentukan karakter tersebut melalui materi bahasa daerah, budaya daerah dan nilai Pancasila,” ujar Rizki Setyo Cahyono saat ditanya mengenai alasan pemilihan judul karya tulis yang ia angkat.

Rizki Setyo Cahyono menambahkan bahwa dalam permainan dhelikan disetiap tahapan terdapat pemberian materi yang ditekankan. Seperti menyebutkan nama tokoh-tokoh pewayangan, menghitung dalam bahasa Jawa dan menyebutkan lima sila dalam Pancasila.

“Dalam penelitian ini, metode Pekara Japa mempunyai 4 tahapan. Tahap 1 merupakan pengenalan materi paling dasar. Permainan dilakukan sebagaimana semestinya dengan inovasi setiap anak harus memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Jawa Krama pada awal permainan,” papar Rizki Setyo Cahyono.

Rizky sendiri juga telah mengimplementasikan permainan dhelikan yang ia kreasikan tersebut kepada siswa SD yang berada di sekitar rumahnya.

“Sudah saya implementasikan. Sasaran lebih ke anak SD yang ada di rumah, jadi lebih ke pendidikan non-formal di luar sekolah,” imbuhnya.

Selain judul karya tulis Rizky, delegasi mahasiswa FIB UNS peraih juara lainnya, Muhammad Diky Praditia, memilih untuk mengangkat judul poster ‘Serat Tripama’ dalam lomba poster Imbasadi 2019. Humas UNS/ Yefta



Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-students/mahasiswa-prodi-sasda-banggakan-nama-uns-dalam-imbasadi-usu-2019.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Volunteer Week 7 KSR PMI UNS: Bentuk Relawan Profesional
17 Desember 2019
Mahasiswi Asal Myanmar Raih IPK Tertinggi dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter FK UNS
20 Januari 2020
UNS Sabet Juara 1 di Ajang National Chemistry Expo and Festival
10 Februari 2020
Pakar Matematika UNS: Virus Corona Sudah Dilevel Bahaya
20 Februari 2020
FKOR UNS Bagikan Sembako Bagi Masyarakat di Lingkungan Kampus
30 April 2020
FP UNS Bahas Strategi Ketahanan Pangan di Era New Normal
23 Juli 2020

Komentar