Logo Eventkampus

Gempita, Hantarkan Mahasiswa FP UNS Juara 1 di Unsri

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Gempita, Hantarkan Mahasiswa FP UNS Juara 1 di Unsri

UNS – Prestasi membanggakan diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam ajang Lomba Action Plan Proposal Bakti Desa Nasional 2020 yang diadakan oleh BEM KM FKM Universitas Sriwijaya (Unsri). Pada lomba yang dilaksanakan pada Minggu (27/9/2020) ini, mereka berhasil meraih juara 1.

Lomba yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting ini, diikuti oleh 3 mahasiswa UNS dari Fakultas Pertanian (FP) yakni Prisca Puspita Sari, Uswatun Hasanah, dan Whienanda Surya Hapsari yang berasal dari Program Studi (Prodi) Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) yang tergabung dalam Kelompok Studi Ilmiah (KSI) FP UNS.

Di bawah bimbingan Gani Cahyo Handoyo, S.P., M.Si. selaku Dosen FP UNS, mereka berhasil membuat judul penelitian ‘Gempita (Gerakan Ibu Rumah Tangga Peduli Limbah Pertanian): Program Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam Kokedama Inovatif Berbasis Agrosociopreneurship Penunjang Industri Kreatif di Masa Pandemi’. Mereka berinisiatif untuk memanfaatkan potensi limbah sabut kelapa dan biji karet untuk dijadikan media tanam kokedama inovatif.
“Banyaknya limbah pertanian berupa sabut kelapa dan biji karet yang terdapat di Desa Rengas 1, Kecamatan Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir sangat disayangkan, apabila limbah tersebut tidak dioptimalkan pemanfaatannya. Untuk itu, kami mengusung program upaya pemberdayaan masyarakat Desa Rengas I dengan memanfaatkan potensi limbah sabut kelapa dan biji karet menjadi media tanam kokedama inovatif,” jelas Prisca ketika dihubungi tim uns.ac.id beberapa saat yang lalu.

Meskipun mengikuti lomba di tengah pandemi, mereka mengaku tidak surut semangatnya. Ketika merancang ide, mereka tidak dapat bertemu langsung dalam pembuatan action plan dalam proposal. Diskusi dilakukan lewat aplikasi WhatsApp dan terkadang terkendala sinyal. Namun, hal tersebut memberikan semangat tersendiri dan membuktikan bahwa pandemi tidak menghalangi mereka dalam berkarya.

Kedepannya, Prisca dan teman-temannya ingin program yang mereka temukan dapat bermanfaat bagi Desa Rengas I.
“Harapan kami semoga program yang kami gagas dapat bermanfaat bagi Desa Rengas I dan juga program kami dapat berlangsung secara berkelanjutan,” pungkas Prisca. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti



Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-students/gempita-hantarkan-mahasiswa-fp-uns-juara-1-di-unsri.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Volunteer Week 7 KSR PMI UNS: Bentuk Relawan Profesional
17 Desember 2019
Mahasiswi Asal Myanmar Raih IPK Tertinggi dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter FK UNS
20 Januari 2020
UNS Sabet Juara 1 di Ajang National Chemistry Expo and Festival
10 Februari 2020
Pakar Matematika UNS: Virus Corona Sudah Dilevel Bahaya
20 Februari 2020
FKOR UNS Bagikan Sembako Bagi Masyarakat di Lingkungan Kampus
30 April 2020
FP UNS Bahas Strategi Ketahanan Pangan di Era New Normal
23 Juli 2020

Komentar