Logo Eventkampus

Manfaat Buah Ceri

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Buah Ceri

Ceri walaupun memiliki ukuran yang kecil tapi buah ini memiliki banyak manfaat. Buah ceri digolongkan menjadi dua jenis, ceri manis dan ceri asam. Ceri asam mengandung kalori yang lebih rendah daripada ceri manis, namun mengandung vitamin C dan beta karoten yang lebih tinggi daripada ceri manis. Buah ceri banyak mengandung nutrisi seperti antioksidan, vitamin C, kalium, serat, dan fitokimia. Dan berikut ini manfaat dari buah ceri.

1.       Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat buah ceri bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat, terlebih lagi ceri memiliki indeks glikemik yang rendah dibanding buah-buahan lainnya. Yang berarti buah ceri tidak memicu lonjakan, tetapi dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh.

2.       Menjaga Kesehatan Jantung

Rutin mengonsumsi  ceri bisa melindungi jantung lho. Manfaat buah ceri ini karena kandungan nutrisi dan senyawa yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung, seperti potasium dan antioksidan polifenol.

3.       Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Glaukoma adalah penumpukan tekanan cairan di dalam mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan

4.       Membantu tidur lebih cepat

Mengalami kesulitan tidur kalian bisa minum segelas jus buah ceri. Karena dalam ceri dapat mengatur siklus bangun-tidur pada tubuh. Kalian bisa minum jus ceri dua kali sehari – yakni setelah bangun tidur dan sebelum makan malam.

5.       Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi ceri secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan. Cocok  bagi kalian yang sedang menjalani diet untuk merampingkan tubuh. Ceri memiliki kalori rendah yang berarti sekitar satu cangkir ceri akan kurang dari 100 kalori.

6.       Meringankan nyeri otot usai olahraga

Segelas jus ceri bisa membantu meredakan sakit nyeri otot lho. Dalam buah ceri, dapat membantu meredakan peradangan pada otot setelah bekerja keras.

7.       Meredakan nyeri sendi

Nyeri sendi sering kali membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Manfaat buah ceri lainnya yang bisa kalian dapatkan adalah membantu mengurangi nyeri pada sendi. Dengan minum jus buah ceri secara rutin 2 kali sehari selama 3 minggu mampu mengurangi peradangan yang menjadi penyebab nyeri sendi.

8.       Membantu Meningkatkan Memori

Manfaat buah ceri selanjutnya dapat membantu meningkatkan daya ingat, karena buah ini banyak sumber Anthocyanin. Anthocyanin dari buah ceri ini membantu meningkatkan daya ingat.

9.       Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah ceri dapat membantu menurunkan tekanan darah. Karena buah ceri memiliki kandungan polifenol yang tinggi yang mampu membantu menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh.

Nah, itulah manfaat buah ceri yang bisa kalian dapatkan untuk kesehatan tubuh. Semoga info ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Berikut 4 Buah yang Kaya Protein
30 Januari 2020
Manfaat buah kedondong!!
13 Maret 2020

Komentar