Logo Eventkampus

Manfaat Daun Antanan Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Antanan Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

Manfaat daun antanan atau pegagan, dipercaya sejak dulu ampuh mengobati berbagai jenis penyakit. Daun antanan dalam bahasa asingnya entella asiatica alias gotu kola, merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh menjalar di perkebunan, ladang dan pesawahan.

Daun antanan yang biasa kita temukan adalah antanan merah dan hijau. Namun, kebanyakan masyarakat Indonesia lebih banyak mengenal antanan hijau. Masyarakat Indonesia atau bahkan beberapa negara di bagian Asia, sudah sejak ribuan tahun lalu menjadikan antanan sebagai ramuan obat abadi.

Manfaat daun antanan sudah dibuktikan berdasarkan penelitian para ahli. Mereka menyebut, khasiat daun antanan terbukti mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Lalu apa saja, penyakit yang bisa disembuhkan dengan ramuan daun antanan?

Manfaat Daun Antanan untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit

Berikut kami uraikan beberapa khasiat ramuan herbal antanan, yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit:

1. Mengobati Demam

Manfaat daun antanan yang pertama yaitu bisa menjadi obat penurun panas atau demam. Cara mengolah daun antanan untuk obati demam cukup mudah. Caranya anda tinggal menumbuk satu genggaman daun antanan, campurkan dengan sedikit garam dan air. Setelah selesai dan tercampur rata, saring ramuan tersebut lalu minum secara rutin pagi hari.

2. Mengobati Gangguan Pencernaan

Bagi anda yang mengalami gangguan pencernaan, anda bisa menoba membuat ramuan herbal berbahan daun antanan. Kandungan nutrisi dalam daun antanan berkhasiat membersihkan darah, tukak (borok/luka) pada saluran cerna serta berfungsi memperbanyak empedu. Bagaimana penyajianya? Cukup dikukus untuk kemudian dijadikan lalapan.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka dan Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat daun antanan berikutnya yakni mampu menyembuhkan luka dan menghilangkan bekas luka. Penelitian terbaru yang dilakukan pada pasien operasi, membuktikan bahwa daun antanan mampu mengurangi jaringan parut bekas operasi.

Dengan rutin mengkonsumsi minuman herbal daun antanan, proses penyembuhan pasien operasi menjadi lebih cepat. Kemunculan jaringan parut di bekas sayatan operasi menjadi sedikit.

Daun antanan diketahui mengandung bahan kimia triterpenoid, yang mampu mempercepat penyembuhan luka, dan meningkatkan kadar antioksidan.

4. Mengobati Luka Bakar

Manfaat daun antanan juga dikenal ampuh menyembuhkan luka bakar. Daun antanan bisa dijadikan sebagai salep. Dalam sebuah terbitan jurnal Medicine, menyebutkan bahwa seseorang yang mengalami luka bakar dan diobati dengan salep ekstrak daun antanan, maka luka bakar yang diderita akan lebih cepat sembuh. Salep daun antanan bisa mencegah infeksi pada kulit.

5. Melancarkan Aliran Darah

Khasiat daun antanan juga terbukti mampu mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah, pada kasus orang-orang yang memiliki riwayat varises dan insufisiensi vena. Kondisi yang menyebabkan darah menggenang di kaki.

Daun antanan mampu mengurangi gejala-gejala insufisiensi vena. Gejala seperti nyeri, bengkak, dan  kaki yang terasa berat akan berkurang jika anda rutin mengkonsumsi ramuan herbal daun antanan.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

10 Manfaat Kismis untuk Kesehatan
30 Januari 2020
5 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan
30 Januari 2020
Manfaat Air Tebu Efektif Buang Racun,Kuatkan Otot Hingga Atasi Jerawat
31 Januari 2020
Menakjubkan, 5 Manfaat Rebung untuk Kesehatan Tubuh
31 Januari 2020
Manfaat Jawer Kotok, Ampuh Obati Wasir dan Sembelit
31 Januari 2020
7 Manfaat Menakjubkan Bila Anda Rutin Konsumsi Buah Matoa
04 Februari 2020

Komentar