Logo Eventkampus

Efek Samping Daun Singkong

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Efek Samping Daun Singkong

Daun singkong merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan nutrisi tinggi serta bemanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun singkong bisa dijadikan salah satu menu alternatif pengganti sayuran lain karena mengandung gizi yang sama seperti bayam, kangkung atau katuk.

Namun jika berlebihan mengonsumsi daun singkong justru akan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan yang juga bisa mengganggu aktivitas sehari hari. Berikut adalah efek samping mengonsumsi daun singkong berlebihan:

1. Mengakibatkan keracunan

Daun singkong memiliki kandungan linamarin dan lotaustralin. Kedua senyawa ini berpotensi menjadi racun sianida yang jika mengendap dan mengiritasi di jaringan tubuh dapat mengakibatkan keracunan yang biasanya ditandai dengan muntah muntah.

2. sakit perut

Terlalu banyak mengonsumsi daun singkong bisa membuat asam lambung, dinding lambung mengalami tekanan dan luka. Dampak ini dikarenakan senyawa pada daun singkong bersifat sianida. Kemudian senyawa ini akan mengacaukan sistem dan kinerja jaringan perut sehingga akan menyebabkan sakit perut, mual mual, dan disertai muntah.

3. Sesak Napas

Selain sakit perut, senyawa sianida dalam daun singkong juga berisiko menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pada saluran pernafasan yang dapat menyebabkan sesak napas, dada nyeri dan terasa seperti sedang terhimpit benda berat.

4. Meningkatkan kadar kolesterol

Bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol dalam darahnya tergolong tinggi, sebaiknya menghindari mengonsumsi daun singkong karena dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kondisi ini nantinya dikhawatirkan dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat menghambat kinerja organ tubuh vital antara lain jantung.

5. Meningkatkan Asam Urat

Daun singkong sangat tidak cocok bagi seseorang yang memiliki kadar asam urat tinggi. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan, karena daun singkong mengandung zat purin yang dapat menyebabkan meningkatnya asam urat di persendian yang menimbulkan rasa nyeri dan peradangan.

6. Sebabkan Darah Tinggi (Hipertensi)

Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi sebenarnya masih diperbolehkan mengkonsumsi daun singkong tetapi dalam takaran yang sedikit. Tapi, disarankan tidak mengolahnya dengan santan karena lemak pada santan dapat memengaruhi tekanan darah dan mengganggu aliran darah.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

Efek Samping Daun Sirsak untuk kesehatan
06 Januari 2020
Manfaat Jawer Kotok, Ampuh Obati Wasir dan Sembelit
31 Januari 2020
Manfaat Daun Antanan Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit
31 Januari 2020
7 Manfaat Menakjubkan Bila Anda Rutin Konsumsi Buah Matoa
04 Februari 2020
5 Manfaat Pinang untuk Kesehatan, Ada Cegah Bau Mulut dan Cacingan
10 Februari 2020
5 Manfaat Menakjubkan dari Kolang Kaling
12 Februari 2020

Komentar