Logo Eventkampus

Ciri-ciri Tubuh Mulai Dehidrasi, Segera Minum Jangan Tunda!!

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Ciri-ciri Tubuh Mulai Dehidrasi, Segera Minum Jangan Tunda!!

  Jika kamu kekurangan cairan maka tubuhmu bisa terkena dehidrasi. Efek yang ditimbulkan sangatlah buruk, bahkan bisa sampai kejang hingga terkena batu ginjal. Untuk itu, kamu perlu mengenal beberapa ciri saat tubuhmu mengalami dehidrasi. Simak artikel ini ya.

1. Perasaan haus yang sangat tinggi

 Mungkin kamu akan berpikir haus adalah gejala menjelang dehidrasi, padahal hal itu adalah sebaliknya. Rasa haus timbul ketika kamu sudah berada pada fase dehidrasi. Segeralah cari air untuk menyegarkan kerongkongan kamu.

2. Mulut kering

  Mulut kering pun merupakan salah satu tanda fisik yang kamu rasakan ketika dehidrasi. Area sekitar bibirmu akan terlihat meretak. Mungkin kamu bisa melembapkan bibirmu dengan air liur, namun semakin dehidrasi dirimu semakin sedikit pula air liur yang bisa dihasilkan.

3. Temperatur tubuh naik

 Air dalam tubuh dapat diibaratkan sebagai "pendingin" yang tetap menjaga suhu tubuh kamu di ambang batas normal. Oleh karena itu, kehilangan air bisa menyebabkan dampak pada temperatur tubuh.

  Ketika tubuh kamu kehilangan air tanpa ada penggantinya, hal itu bisa menghambat upaya tubuh untuk mengatur suhu. Dampaknya, kamu bisa terkena hipertermia (suhu tubuh jauh di atas normal).

4. Kulit kering

 Umumnya diyakini bahwa dehidrasi memiliki efek buruk pada kulit. Banyak ahli kosmetologi, pakar kesehatan, dan pakar kecantikan lainnya mengatakan bahwa dehidrasi yang disebabkan oleh kurang minum dapat mengiritasi kulit, mengeringkannya dan mengubah warnanya.

5. Urin menjadi sedikit dan warnanya pekat

    Dehidrasi disebabkan ketika volume air dalam tubuh habis. Ketika mengalami dehidrasi, ginjal kita yang bertugas menyaring kotoran memerintahkan tubuh untuk menahan air keluar supaya tidak memperparah kondisi. Oleh karena itu, kita memiliki lebih sedikit air dalam urine kita dan menyebabkannya menjadi lebih pekat dan lebih gelap.

6. Pusing dan lelah

   Saat kamu mulai mengalami dehidrasi, salah satu tanda lainnya adalah kamu mulai merasakan pusing dan lelah. Hilangnya air dalam tubuh menyebabkan tekanan darah kamu menjadi turun. Efeknya, otak kamu mungkin tidak mendapatkan cukup oksigen dan kamu akan merasa pusing serta lelah.

7. Bingung

   Ketika seseorang mengalami dehidrasi terdapat banyak gejala yang muncul, salah satunya adalah merasa bingung.

   Otak tidak akan bisa berpikir dengan jernih karena sedikitnya asupan oksigen yang diakibatkan kurangnya kadar air dalam darah.

  Masalah ini tidak boleh disepelekan karena dampaknya akan sangat membahayakan bagi tubuh. Jika kamu sudah mengalami gejala-gejala di atas maka segera ambil segelas air lalu hidrasi kembali tubuhmu. 


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Manfaat Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi
31 Januari 2020
Jangan Minum Air Putih Saat Olahraga dan Mau Tidur
03 Februari 2020
Manfaat meminum air putih
27 Februari 2020

Komentar