Logo Eventkampus

Manfaat Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi

Kita selalu diingatkan ya tentang pentingnya minum air dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Namun, mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa minum air hangat ternyata bisa membawa manfaat lebih jika kita lakukan secara rutin. Apalagi kita meminumnya setiap pagi, manfaatnya mungkin tak terduga-duga ya. Mau tahu manfaat meminum air putih hangat setiap pagi, simak nih:

1.      Melegakan Sakit Tenggorokan

Untuk mendapatkan manfaat minum air hangat di pagi hari ini, kalian juga dapat berkumur terlebih dahulu dengan setengah sendok teh garam dapur yang ditambahkan ke dalam secangkir air hangat. Rasa sakit pada tenggorokan umumnya disertai peradangan dan pembengkakan pada dinding tenggorokan. Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan, sehingga tenggorokan terasa lebih lega.

2.      Dapat Mencegah Sembelit

Banyak sebagai orang sembelit karena memakan makanan yang kurang tepat ya. Tapi jika kalian minum air hangat bisa membantu memperbaiki gerakan usus untuk melawan sembelit.

3.      Membantu Menurunkan Berat Badan

Air hangat meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme. Bila ini terjadi, itu akan merangsang pembakaran lemak.  Minum air hangat meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan ginjal.

4.      Dapat Mencegah Penuaan Dini

Kebiasaan sederhana minum air hangat pada saat perut kosong membantu mencegah penuaan dini dan gejalanya. Ketika tubuh menumpuk racun, ia menjadi rentan terhadap penyakit dan penuaan.

5.      Baik Meredakan Rasa Sakit Dan Nyeri

Secangkir air hangat bisa menjadi obat terbaik untuk mengurangi kram menstruasi dan sakit kepala.  Minum air hangat merangsang sirkulasi yang membuat ideal untuk mengobati kram otot.

6.      Melegakan Sistem Syaraf

Minum air hangat bisa membantu melegakan sistem syaraf pusat dan melubrikasi tubuh. Dengan fungsi sistem syaraf yang optimal, fungsi tubuh kita akan berjalan dengan baik dan minim rasa sakit.

7.      Menghilangkan Racun Tubuh

Minum air hangat akan membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh serta membersihkan sistem tubuh kita. Jika kita meminumnya secara rutin, sistem endokrin dalam tubuh kita akan teraktivasi dan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat. Racun akan keluar dari tubuh lewat keringat tersebut.

8.      Melegakan Hidung Tersumbat

Uap hangat dari air panas bisa membantu melegakan sakit kepala karena hidung tersumbat. Gunakan uap tersebut untuk melegakan hidung tersumbat dan karena kalian memiliki membran mukosa pada leher, minum air hangat bisa mencegah mukosa terbentuk.

9.      Membuat Pencernaan Menjadi Sehat

Secangkir air hangat saat perut kosong bisa membersihkan tubuh dari racun yang mempengaruhi kesehatan.

Selain itu, manfaat minum air hangat di pagi hari berguna juga dalam menenangkan sistem saraf dan dehidrasi tubuh. Hal ini dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita radang sendi. Bahkan air hangat juga dapat mengatasi rasa sakit pada perut, kepala hingga bagian tubuh lainnya. Semoga info ini bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Ciri-ciri Tubuh Mulai Dehidrasi, Segera Minum Jangan Tunda!!
31 Januari 2020
Jangan Minum Air Putih Saat Olahraga dan Mau Tidur
03 Februari 2020
8 Manfaat Minum Air Putih Hangat Sebelum Tidur, Bagus Banget!
10 Februari 2020
Manfaat meminum air putih
27 Februari 2020

Komentar