Logo Eventkampus

Manfaat Jahe Merah

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Jahe Merah

    Beberapa hari terakhir muncul berita yang menyebutkan jahe merah sebagai herbal yang berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus corona (Covid-19). Berita tersebut viral dan membuat masyarakat memburu jahe merah.

  Virus corona dapat ditanggulangi dengan obat herbal yang mengandung curcumin. Zat tersebut terdapat pada empon-empon yang kerap digunakan sebagai bumbu masak, seperti jahe, temulawak, kunyit, dan lain-lain.


Berbagai Manfaat Jahe Merah

    Harga jahe merah di sejumlah pasar di Jakarta melambung dari Rp 50 ribu per kg menjadi Rp 70 ribu per kg. Para pedagang menyebut konsumen yang memborong jahe merah akan menggunakannya sebagai jamu atau ramuan untuk menangkal virus corona. Meski begitu, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa jahe merah efektif untuk melawan infeksi virus corona.

   Dari sekian banyak tanaman rimpang yang mengandung curcumin, mengapa jahe merah yang lebih banyak diburu? Jahe merupakan tanaman dalam suku zingiberaceae. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar yang berwarna putih kekuningan atau kemerahan.

  Jahe merah (zingiber officinal var rubrum) sejak beberapa tahun terakhir cukup populer di kalangan masyarakat sebagai bahan minuman dan obat-obatan herbal. Jahe merah memiliki cita rasa yang lebih pedas dibandingkan dengan jahe biasa karena kandungan minyak atsirinya lebih banyak.

Berikut ini berberapa manfaat jahe merah yang kami rangkum dari berbagai sumber.


1. Menghangatkan badan

Rasa pedas jahe yang disebabkan oleh zat bernama gingerol bermanfaat untuk menghangatkan badan, khususnya di musim penghujan.


2. Meredakan sakit kepala

Zat kamfena dan gingerol yang memberikan efek hangat juga mampu meredakan sakit kepala karena membuat pembuluh darah melebar dan melancarkan pasokan darah ke kepala.


3. Membantu penurunan berat badan

Ekstrak jahe merah kerap digunakan sebagai campuran dalam suplemen diet karena memberikan rasa kenyang lebih lama dan mampu membakar kalori lebih banyak.


4. Mengatasi masalah pencernaan

Ekstrak minyak jahe merah dapat melindungi pencernaan dari bakteri sehingga mencegah gangguan pencernaan. Zat aktif pada jahe merah juga bisa mencegah produksi enzim yang memicu radang lambung.


5. Memperkuat imunitas tubuh

Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh atau imunitas akan lebih kuat.


6. Mengurangi mual dan meningkatkan nafsu makan

Salah satu manfaat jahe merah adalah membantu mengurangi produksi gas di dalam lambung yang menyebabkan rasa mual. Dengan berkurangnya rasa mual, nafsu makan akan meningkat.


7. Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi jahe merah secara teratur terbukti mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.


8. Mengatasi batuk dan radang tenggorokan

Minyak esensial yang terkandung dalam jahe merah dapat meredakan batuk pada orang dewasa maupun anak-anak. Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau infeksi bakteri, masalah tersebut bisa diredakan oleh zat-zat yang ada di dalam jahe merah.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Miliki Kulit Sehat dengan Konsumsi Vitamin C dan E
13 Juli 2018
Manfaat Daun Binahong
26 Juli 2018
Manfaat Undur-undur untuk Kesehatan
29 Januari 2020
Manfaat Bunga Daun Pepaya
30 Januari 2020
Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan
06 Maret 2020
Manfaat Buah Salak
09 Maret 2020

Komentar