Logo Eventkampus

1001 Manfaat Pohon Kelapa

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
1001 Manfaat Pohon Kelapa

    Tanaman serbaguna ini mulai dari puncak daun tertinggi hingga bagian akarnya, dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan. Seperti apa potensi serta khasiat tumbuhan yang satu ini?

     Jenis tumbuhan yang dapat tumbuh mencapai ketinggian hingga 30 meter dari permukaan tanah ini berasal dari keluarga Arecaceae. Kelapa ini biasanya tumbuh di pinggir pantai. Pohon ini, terutama oleh masyarakat tropis. 

Daun; Setelah dikeringkan, daun kelapa biasanya dijadikan atap rumah bagi masyarakat didaerah tertentu. Sementara daun kelapa yang masih muda (janur) seringkali dipakai sebagai hiasan dan bahan anyaman. Tangkai daun (lidi) yang telah dikeringkan pun bisa diolah menjadi sapu yang dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari.


Tandan bunga; Dipakai untuk hiasan dalam upacara perkawinan. Bunga betinanya “bluluk” dapat dimakan, dan air nira yang keluar dari tangkai bunga pun bisa diolah menjadi minuman menyegarkan, bahkan dapat difermentasi menjadi tuak.


Buah; Sabut kelapa dapat menjadi bahan bakar (arang), dan bisa manjadi media tanam untuk anggrek. Batoknya bisa menjadi gayung, arang, dan bisa diolah menjadi berbagai bentuk kerajinan. Daging buah dan airnya tentu Anda sudah mengenalnya dalam berbagai bentuk makanan serta minuman yang lezat.


Batang; Bisa dipakai sebagai papan untuk rumah, jembatan, dan berbagai keperluan lainnya.


Akar; Setelah dibersihkan dan dikeringkan dapat menjadi bahan bakar (arang). Akar kelapa juga menginspirasi para peneliti menemukan teknologi penyangga bangunan yang dikenal dengan ‘cakar ayam. 


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan
10 Juli 2018
TANAMAN OBAT TRADISIONAL UNTUK MENGOBATI PENYAKIT JANTUNG SECARA ALAMI
11 Juli 2018
Selalu Dibuang, Siapa Sangka Daging Putih Semangka Punya 4 Manfaat Tak Terduga Ini!
28 Januari 2020
Suka Buah Salak? Ketahui Manfaatnya Bagi Kesehatan, Baik untuk Daya Ingat hingga Jantung
28 Januari 2020
Apa saja sih manfaat dari buah pir? Berikut ini beberapa manfaat dari buah pir..
28 Februari 2020
Manfaat Anggrek Hitam Untuk Tubuh:
28 Februari 2020

Komentar