Logo Eventkampus

Mahasiswa DIII Teknik Sipil SV UNS Raih Juara Innovation Concrete Competition Undip

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa DIII Teknik Sipil SV UNS Raih Juara Innovation Concrete Competition Undip

UNS – Mahasiswa Program Studi (Prodi) DIII Teknik Sipil Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil memboyong juara 3 pada lomba `Innovation Concrete Competition` yang digelar oleh Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Rabu (12/8/2020).

Kontingen mahasiswa UNS yang terdiri dari Merlin Memayu, Lailan Mali’una Izzatur Rahman, dan Akid Ardhan Al Ghifari telah mengikuti tahapan lomba ini sejak November tahun lalu hingga Maret tahun ini.

“Lomba beton yang kami ikuti memiliki 3 tahapan. Tahap pertama seleksi abstrak, tahap kedua seleksi proposal, dan tahap ketiga pembuatan benda uji sekaligus pengujian di Universitas Diponegoro serta presentasi hasil karya,” terang Merlin Memayu saat dihubungi uns.ac.id melalui pesan singkat, Rabu (19/8/2020).

Merlin mengatakan, ia bersama rekan-rekannya membutuhkan waktu pembuatan abstrak kurang lebih selama 7 hari. Hal selanjutnya yang mereka lakukan adalah tahap pembuatan proposal.

Pada tahap ini, ketiganya melakukan uji coba pembuatan benda untuk mendapatkan “mix design” yang cocok agar hasilnya maksimal. Kemudian, hasil uji coba yang telah mereka lakukan dibawa ke Undip untuk dilakukan tahap pengujian.

“Presentasi hasil karya di bulan Maret, kira-kira H-7 keberangkatan ke Semarang, lomba ini sempat ditunda beberapa waktu karena adanya pandemi Covid-19,” lanjut Merlin.

Meski sempat mengalami penundaan, akhirnya lomba yang mereka ikuti kembali dilanjutkan pada Agustus tahun ini dengan sistem daring melalui Zoom Cloud Meeting.

“Dilanjutkan kembali via Zoom pada tanggal 10-12 Agustus. Tanggal 10 opening dan technical meeting, pada tanggal 11 presentasi, dan tanggal 12 closing ceremony diisi dengan seminar nasional, dan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba,” imbuh Merlin.

Dengan hasil yang berhasil ia dapat bersama rekan-rekannya, Merlin mengaku bersyukur bisa berkompetisi menghadapi 38 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia sekaligus mengharumkan nama UNS.

Secara terpisah, Direktur SV UNS, Santoso Tri Hananto, M. Acc, merasa bangga atas kerja keras dan perjuangan mahasiswa Prodi DIII Teknik Sipil ini.

“Adik-adik anggota tim lomba ini luar biasa, karena mereka berkompetisi tidak hanya berhadapan dengan sesama mahasiswa Prodi DIII, tetapi juga S1,” ujar Santosa. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti



Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-students/mahasiswa-diii-teknik-sipil-sv-uns-raih-juara-innovation-concrete-competition-undip.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Dorong Jiwa Wirausaha Kreatif, HMPSKP UNS Gelar EFFECT 2019
08 Desember 2019
Rektor UNS Tandatangani MoU dengan University of Electro Communication Japan
13 Januari 2020
Dosen UNS Paparkan Tips Mencegah Virus Corona
28 Januari 2020
Cegah Virus Corona, UNS Kembangkan Jahe Merah
21 Februari 2020
CIS Plus Buatan Mahasiswa UNS Berhasil Raih Medali Emas di Malaysia
27 Februari 2020
UNS Lahirkan Dokter Afirmasi Pertama dari Papua
24 April 2020

Komentar