Mahasiswa UNS Berhasil Torehkan Prestasi di Ajang MNC College Summer Virtual Competition

access_time | label Berita
Mahasiswa UNS Berhasil Torehkan Prestasi di Ajang MNC College Summer Virtual Competition

UNS – Kabar baik datang dari 2 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang telah berhasil meraih prestasi pada ajang MNC College Summer Virtual Competition kategori Business Plan. Kedua mahasiswa tersebut adalah Bayu Aji Prasetya, mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Ahmad Imam Syafi’i, mahasiswa D3 Agribisnis Sekolah Vokasi (SV).

Disiarkan langsung pada RCTI+ pada Minggu (16/8/2020), Bayu dan Ahmad berhasil menyabet juara harapan 1. Mereka mengusung sebuah ide Tas Baju Cantik (TBC). TBC merupakan sebuah produk berupa tas serut dan tote bag yang memiliki keunikan desain 3 dimensi.
“Tas Baju Cantik itu produk berupa tas serut dan tote bag yang bahannya menggunakan baju atau pakaian bekas. Bentuk sama seperti tote bag atau tas serut pada umumnya, yang membedakan atau jadi ciri khas (keunikan) produk kami adalah desain yang 3 dimensi karena tetap mempertahankan keutuhan bahan baku utama yakni baju,” terang Bayu.

Pencetusan ide TBC sudah terpikirkan sejak lama yakni pada tahun 2015. Kemudian, pada tahun 2016, Bayu mulai mencoba membuat kedua produk tersebut dengan jahitan tangan. Hingga, ketika diikutkan lomba ini, dimaksimalkan sedemikian rupa untuk hasil yang optimal.

Lomba ini dilaksanakan secara daring melalui siarang langsung di RCTI+ juga aplikasi Google Meet. Pada tahap awal, Bayu dan Ahmad mengirim proposal bisnis dan video penjelasan produk sebagai bentuk presentasi selama 5 – 6 menit. Setelah itu, terseleksi 5 besar untuk turut serta dalam siaran langsung RCTI+ sekaligus pengumuman.

Bayu mengaku, ia dan Imam cukup mendadak dalam mengikuti lomba ini. 30 menit sebelum lomba ditutup, mereka baru selesai melengkapi segala keperluan lomba.
“Lebih ke persiapan kami yang mendadak sih. Soalnya persiapan cuma sehari, jadi pas sore kami take video presentasi tapi bermasalah, akhirnya take lagi setelah salat Magrib. Setelah itu, langsung di edit dan bikin proposal bisnis. Alhamdulillah, kelar dan submit pukul 23.30-an, 30 menit sebelum ditutup,” jelas Bayu.

Bayu mengaku senang dapat menorehkan prestasi walau dengan persiapan yang mendadak.
“Perasaan kami tentu senang dan sangat bersyukur. Alhamdulillah bisa menorehkan capaian di semester akhir, meskipun cuma juara harapan 1. Awalnya ga menyangka karena kami serba dadakan dan sempet ada kendala saat pembuatan video,” tutur Bayu.

Diwakili Bayu, mereka berharap dengan perolehan prestasi ini dapat menjadi acuan untuk terus bersemangat dalam berkarya.
“Harapan ke depan semoga di sela-sela menyelesaikan skripsi, bisa ikut lomba-lomba lagi. Melalui perolehan ini juga kami jadikan acuan untuk terus semangat dalam berkarya meskipun sedang ada di semester terakhir. Sebelum lulus pengin ngasih sesuatu (prestasi) dulu ke kampus,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti



Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-students/mahasiswa-uns-berhasil-torehkan-prestasi-di-ajang-mnc-college-summer-virtual-competition.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Share

Komentar

Komentar