Logo Eventkampus

Tips Meredakan Amarah yang Memberontak

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Meredakan Amarah yang Memberontak
  • Berlemah Lembut Dan Tak Marah Karena Urusan Dunia


Syekh Sayyid Nada mengungkapkan, sesungguhnya semua kemarahan itu buruk, kecuali karena Allah SWT. Ia mengingatkan, kemarahan kerap berujung dengan pertikaian dan perselisihan yang dapat menjerumuskan manusia ke dalam dosa besar dan bisa pula memutuskan silaturahim.

  • Mengingat Keagungan Dan Kekuasaan Allah SWT


"Ingatlah kekuasaan, perlindungan, keagungan, dan keperkasaan Sang Khalik ketika sedang marah," ungkap Syekh Sayyid Nada. Menurut dia, ketika mengingat kebesaran Allah SWT, maka kemarahan akan bisa diredam. Bahkan, mungkin tak jadi marah sama sekali. Sesungguhnya, papar Syekh Sayyid Nada, itulah adab paling bermanfaat yang dapat menolong seseorang untuk berlaku santun (sabar).

  • Berlindung Kepada Allah


Karna sebaik-baik tempat berlindung yakni berlindung kepada sang Maha Robb. Nabi SAW bersabda, "Jika seseorang yang marah mengucapkan; 'A'uudzu billah (aku berlindung kepada Allah SWT, niscaya akan reda kemarahannya." (HR Ibu 'Adi dalam al-Kaamil.)

  • Diam


Rasulullah SAW bersabda, "Ajarilah, permudahlah, dan jangan menyusahkan. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaklah ia diam." (HR Ahmad). Karna dengan sikap diam kita dapat terhindar dari rasa dibenci dan merugi dikemudian hari..

 

  • Mengubah Posisi Ketika Marah

Seperti yang sudah kita dengar dari pak ustadz, bahwa Nabi SAW bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian marah ketika berdiri, maka hendaklah ia duduk. Apabila marahnya tidak hilang juga, maka hendaklah ia berbaring." (HR Ahmad).

  • Berwudhu


Menurut Syekh Sayyid Nada, marah adalah api setan yang dapat mengakibatkan mendidihnya darah dan terbakarnya urat syaraf. "Maka dari itu, wudhu, mandi atau semisalnya, apalagi mengunakan air dingin dapat menghilangkan amarah serta gejolak darah," tuturnya.

 

  • Memaafkan Dan Bersabar


Orang yang marah sudah selayaknya memberikan ampunan kepada orang yang membuatnya marah dengan hati yang ikhlas serta lapang. Karena Allah telah mengetahui segalanya dan tentu Dia telah menentukan balasan bagi setiap tindakan makhluknya. Allah SWT juga akan memuji para hamba-Nya "... dan jika mereka marah mereka memberi maaf." (QS Asy-Syuura:37).

 

nah, cara dan tips diatas dapat Anda gunakan ketika kemarahan mulai menguasai Anda. karena seperti disebut dalam sebuah hadist Nabi SAW. bahwa orang yang tangguh bukanlah orang yang perkasa, melainkan orang yang dapat menahan amarah. Jadi readers, mari kita mencoba untuk mengendalikan amarah yang terkadang berontak ingin didengarkan. sekian dari saya dan saya ucapkan terimakasih terhadap blog yang telah menginspirasi saya ini. Tetap semangat readers!

sumber: tinoberita.blogspot.co.id

Penulis

foto Anggun Prastiwi
Anggun Prastiwi
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018
5 Manfaat Penting Pria Memiliki Kepala Botak
22 Januari 2018

Komentar