Logo Eventkampus

5 Langkah Mahir Presentasi di Depan Umum

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
5 Langkah Mahir Presentasi di Depan Umum

             Apakah kamu ingin menjadi orang yang mampu bicara lancar di muka umum? Bicara, ah aku sudah bisa bicara di depan umum. Ya kedengarannya memang mudah ya untuk sekadar bicara, tapi gimana kalo yang dibicarakan adalah terkait presentasi atau pidato di depan orang penting? Misalnya saat kita diberi tugas untuk presentasi skripsi, pidato di depan pejabat, atau mempromosikan proyek kerja pada rekanan, kan pasti ada rasa grogi yang menyelinap ya.

             Nah, di artikel kali ini kita bakal bahas langkah-langkah jitu untuk mengendalikan grogimu dan mengubahnya jadi kepercayaan diri saat berbicara di depan umum. Dalam berpresentasi pasti ada hal-hal yang harus dipersiapkan secara matang sehingga menunjang performa kita pula dalam menjelaskan. Nah dalam artikel kali ini kita akan mengupasnya.

 

         Presentasi saja harus ada langkah-langkahnya, penting banget ya memang? Yap penting, karena kebanyakan orang akan menilai seseorang dari bagaimana orang itu berbicara atau menjelaskan sesuatu. Jadi, sebisa mungkin tampilkan performa terbaik saat diberi kesempatan untuk maju ya guys. Jangan sampai saat kita berbicara malah salah-salah hanya karena kurang kesiapan mental untuk tampil di depan umum. Yaudah lalu langkah-langkahnya apa aja sih buat meningkatkan rasa percaya diri kita saat presentasi di depan umum?

1.  Persiapkan materi yang berkualitas

             Beri waktu khusus untuk memikirkan materi yang akan dibawakan, pikirkan apa yang menjadi poin-poin, penjabaran, analisis, dan kesimpulan. Untuk lebih mudahnya tulislah semua gagasan dan ide kalian dalam coretan kecil terlebih dahulu. Boleh kalian tulis di kertas atau di hp kalian,bebas. Selanjutnya, dapat diperdalam dengan analisis melalui internet atau buku referensi. Ingat jangan lupa mencantumkan sumber ya kalo mengambil dari referensi lain. Nah, setelah poin-poin materi dan isi sudah diperdalam, langsung aja buat kesimpulan dalam satu kalimat sebagai headline atau inti dari materi yang kalian bawakan.

2.  Buat tampilan presentasi menarik

             Kalian dapat menggunakan Microsoft PowerPoint, Prezi atau aplikasi presentasi lain sesuai selera. Kalo perlu gunakan template yang sesuai dengan materi yang dibawakan sehingga penonton akan tertarik dengan bahan presentasi. Dalam membuat sebuah presentasi, jangan terlalu menuliskan materi presentasi secara gamblang alias powerword. Inget ya guys namanya aja powerpoint ya tulis aja poin-poin penting di slide. Kalo waktu presentasi baru deh dijelaskan dengan the power of our word.

3.  Sikap saat presentasi

             Nah ini yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang saat mereka presentasi. Sadar atau tidak sikap kita saat berbicara di depan juga diperhatikan dengan saksama oleh penonton. Sikap itu diantaranya bagaimana gestur tubuh saat berbicara, tatapan mata saat menjelaskan, tutur kata dalam presentasi, pun raut wajah kita dalam mengutarakan materi. Jadi, jangan anggap ini sepele ya. Sikap yang kita hadirkan dalam presentasi dapat mempengaruhi respon mereka dalam menanggapi penampilan kita lho.

              Efeknya jika kita mampu menampilkan gestur tubuh luwes, tatapan mata meyakinkan, dan raut wajah bahagia itu dapat menghadirkan rasa percaya diri yang lebih tinggi sekaligus kenyamanan bagi orang yang menikmati presentasi kita.

4.  Artikulasi dalam berbicara

               Penampilan dalam presentasi itu penting, sikap juga penting, tapi artikulasi lah yang perlu dicermati lebih. Artikulasi dapat membantu penyaji materi untuk menyampaikan apa yang menjadi ide dan gagasan ke audience.

               Jika penyaji tidak mampu menghadirkan kejelasan ide dalam penyampaian materi, penonton pun tidak akan bisa menangkap maksud dari presentasi yang dibawakan. Jadi sebelum presentasi dibawakan lebih baik latihan dulu bagaimana kalian akan membawakan materi. Khususnya latihan dalam berartikulasi nih, tanyakan ke diri masing-masing, bisa nggak ya dengan penjelasan itu materi dapat tersampaikan dengan baik dan lancar?

5.  Selipkan humor kecil

               Upaya atau langkah untuk meredam suasana mencengkam saat presentasi dapat dilakukan dengan menggunakan sedikit humor atau candaan. Yap langkah ini jitu banget untuk mengambil hati penonton. Sekalian kita jadi nggak terlalu nervous karena audience mau memperhatikan dengan santai bersama humor yang dibawakan.

               Untuk mendapatkan skill ini perbanyaklah berlatih humor saat berkumpul dengan teman-teman. Selipkan saja hal apapun yang ada di sekitar kita yang dapat membuat orang lain merasa konyol atau geli. Dengan sedikit sentuhan ini, penonton akan berfikir bahwa presentasi yang kita bawakan terasa lengkap dan menyenangkan. Dan yang paling penting tidak akan membosankan.

 

    Nah, jadi itulah langkah-langkah untuk menyajikan presentasi di depan umum. Jangan takut untuk mencoba hal yang baru ya, pun jangan ragu untuk berbicara di depan umum. Gunakan kemampuanmu untuk membungkam dunia dengan presentasi terbaikmu!

 

Penulis

foto Agung Siswanto
Agung Siswanto
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

Suka Tari Tradisional atau Fotografi? Tunjukan Bakat mu di ” We Culture Festival 2018 “
05 Desember 2017
manfaat terong ungu
12 Januari 2018
Wanna One Tak Sabar Bertemu Penggemar di Indonesia
19 Januari 2018
Alucard : Si Pembunuh darah dingin !
19 Januari 2018
5 Ide Bisnis Sederhana Menghasilkan Uang Jajan Tambahan
22 Januari 2018
Ini Dia ! Orang dengan Nama Terpanjang Didunia
22 Januari 2018

Komentar