Logo Eventkampus

Beberapa hal Sunah di hari Jumat yang harus kamu ketahui..!

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Beberapa hal Sunah di hari Jumat yang harus kamu ketahui..!

Beberapa hal Sunah di hari Jumat yang harus kamu ketahui..!

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah pernah bersabda. “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihis Salam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” [Riwayat Muslim], di bawah ini ada beberapa amalan sunnah di hari jumat yang sangat mulia :

membaca surat al-kahfi

Membaca surat Al-Kahfi merupakan sunnah Jum’at yang bisa kamu lakukan ketika hari tersebut telah datang. Mulai dari malam di hari kamis, ketika waktu maghrib telah masuk.

memperbanyak zikir

Dzikir adalah mengingat Allah, dan kita diperintahkan ketika hari Jum’at untuk banyak-banyak berdzikir. Kalau hari -hari biasa kita sudah banyak berdzikir, maka di hari Jum’at, tentu kuantitasnya perlu ditambah.

memperbanyak sholawat nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?” Nabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i)

mandi jum at

Diantara hadits yang menyebutkan dianjurkannya mandi pada hari jum’at adalah hadits dari Abu Hurairah, Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim).Sebagian ulama ada yang mewajibkan mandi jum’at dalam rangka kehati-hatian berdasarkan hadits dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mandi pada hari Jum’at adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Penulis

foto ilham rizki kurniawan
ilham rizki kurniawan

Artikel Terkait

10 Cara Ini Akan Menghilangkan Flek Wajah Secara Mudah dan Alami!
04 Januari 2018
fakta VKook
16 Januari 2018
Pendidikan Karakter Sejak Anak Usia Dini
19 Januari 2018
Pendakian Gunung Andong Via Dusun Gogik
19 Januari 2018
Tips Meredakan Amarah yang Memberontak
22 Januari 2018
Arti dari Istilah Kill di Mobile Legends ! Bagi yang baru bermain. Wajib baca!
22 Januari 2018

Komentar