Logo Eventkampus

Perlu Kamu Ketahui ini Penyebab Perut Buncit

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Perlu Kamu Ketahui ini Penyebab Perut Buncit

Perlu Kamu Ketahui ini Penyebab Perut Buncit

Perut buncit,dikenal dengan nama klinis obesitas abdominal atau obesitas sentral, adalah kumpulan lemak abdominal berlebih yang terdapat di daerah abdomen. Obesitas abdominal berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskular.Obesitas abdominal tidak hanya ditemukan pada orang tua dan penderita kegemukan. selain itu, obesitas abdominal telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer serta penyakit metabolis dan vaskular lainnya.di bawah ini penyebab perut buncit yang perlu kamu ketahui :

Adanya lemak visceral

Istilah medis untuk lemak yang tidak sehat di perut adalah “lemak visceral”. Lemak ini mengelilingi hati dan organ-organ lain dalam perut Anda. Jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan berbagai faktor risiko penyakit seperti metabolisme, diabetes tipe 2, penyakit jantung, bahkan kanker.

Faktor genetik

Genetik memainkan peran utama dalam risiko obesitas. Oleh karena itu, kecenderungan tubuh menyimpan lemak di perut sebagian dipengaruhi oleh faktor genetik. Termasuk gen reseptor yang mengatur kadar hormon kortisol dan gen yang memberikan sinyal reseptor leptin untuk mengatur asupan kalori dan berat badan.

Sering konsumsi makanan dan minuman manis

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ia mengonsumsi gula berlebih setiap harinya. Kue dan permen merupakan jenis makanan yang mengandung gula tinggi. Selain itu, minuman seperti soda, teh manis, kopi, ataupun minuman dengan berbagai macam rasa banyak mengandung gula dan pemanis buatan.

Mengemil di Malam Hari

Ngemil memang asyik bagi banyak orang, apalagi di malam hari sehabis makan malam ketika sedang menonton TV atau beraktivitas di depan komputer. Hal ini menjadi kebiasaan banyak orang di mana sebenarnya tidaklah menyehatkan kalau dilakukan berlebihan apalagi berkepanjangan.

Makan Terlalu Banyak

Kebiasaan makan dalam porsi banyak dimiliki oleh pria maupun wanita. Meski makanan memang berpengaruh besar terhadap perkembangan tubuh karena serangkaian nutrisi pentingnya, mengonsumsi makanan secara berlebih juga tidak baik. Kebanyakan konsumsi makanan berlemak dan berkalori adalah pemicu perut buncit.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Gas

Perut buncit tak hanya bisa dipicu oleh lemak yang penuh di dalam perut tapi perut yang menggembung bisa jadi adalah efek gas dari makanan yang dikonsumsi. Ada sejumlah jenis makanan yang mengandung gas tinggi sehingga akhirnya menjadikan perut kembung. Tak hanya kembung, perut akhirnya pun mengembang dan ukurannya bertambah.

 

Penulis

foto ilham rizki kurniawan
ilham rizki kurniawan

Artikel Terkait

Ini Loh 9 Cara Mendapatkan Like Banyak di Instagram Tanpa Hashtag
15 Agustus 2018
7 Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit Saat Belanja Online
20 Agustus 2018
Hasil Bulu Tangkis AG 2018: Indonesia vs Cina Skor 1-3, Gagal Emas
23 Agustus 2018
KKN Undip Support Warga Pagertoyo Bebas ODF
27 Agustus 2018
Peluang Medali Indonesia di Asian Games 2018 Hari Ini
28 Agustus 2018
Pramudita cs Rebut Emas ke-27 Indonesia di Asian Games
29 Agustus 2018

Komentar