Logo Eventkampus

10 Cara Menghemat Kuota Internet yang Ampuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
10 Cara Menghemat Kuota Internet yang Ampuh

Untuk menggunakan internet, kita membutuhkan kuota atau stock data internet. Dengan stock data atau kuota ini maka aktivitas berselancar di dunia maya pun bisa Anda jalankan. Kuota atau stock data internet yang harus dibeli menggunakan sejumlah uang ini kemudian membuat penggunaya harus ekstra hemat untuk menggunakannya. Tapi sayangnya tidak banyak orang bisa melakukan penghematan kuota ini dengan baik.

Akibat terlalu asyik berselancar di dunia maya mereka tidak bisa mengontrol kuota yang dimilikinya. Padahal stock data atau kuota internet ini sangat penting untuk Anda supaya bisa terus menjalankan aktivitasnya di dunia maya. Maka dari itu untuk Anda yang akan merencanakan sering berselancar di dunia maya, Anda harus mengetahui beberapa trik dan tips untuk bisa menghemat kuota internet. Lalu seperti apakah tips ampuh untuk menghemat  kuota internet tersebut? Berikut ulasannya.

1. Ubah fitur Maps Anda ke Mode Offline

Tips ampuh pertama untuk bisa menghemat kuota internet adalah dengan mengubah fitur ‘Maps’ Anda ke mode offline. Aplikasi Maps pada sebuah ponsel pintar memang mampu menguras kuota inetrnet Anda dengan cepat. Dan anehnya tidak banyak penggunanya yang tidak menyadari hal ini. Aplikasi Maps ini akan makin banyak menguras data bila Anda menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite.

Untuk mengatasi borosnya kuota dari penggunaan aplikasi Maps ini Anda bisa mengubah pengaturan Maps ini dari mode online ke mode offline. Untuk platform Android, Anda bisa menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps. Setelah itu Anda bisa menggesernya kebawah sampai bertemu pilihan `Save map to use offline’. Dari sini Anda bisa memilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline. Untuk platfom iOS, Anda hanya perlu mengubah mode ke flight mode.

2. Gunakan Aplikasi `Mailbox` Untuk Keperluan Email

Salah satu hal yang juga sering membuat kuota internet cepat habis adalah penggunaan email. Keperluan surat menyurat secara elektronik (email) seperti membuka email dan juga mengunggah dan mengunduh file attachment dari email tentunya akan membuat kuota Anda tersedot banyak. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia diplatfom Android dan iOS. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda akan mampu menyimpan data yang seharusnya tidak tersedot ketika menggunakan email. Dengan demikian maka kuota internet Anda akan bisa dihemat dengan baik.

3. Pakai Browser yang Lebih Efisien

Sebuah browser atau peramban ternyata juga mampu membuat kuota internet Anda terkuras habis. Terutama browser default yang merupakan bawaan dari smartphone Anda yang banyak diyakini banyak mengambil kuota internet Anda. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser ini memang sudah banyak terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota data internet Anda secara primer dengan mengompres website yang Anda kunjungi. Dengan fitur data-saving `video boost`, Anda akan mampu mengurangi proses buffer dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar.

Selain Opera Mini, Anda juga bisa menggunakan browser Google Chrome tentunya dengan sebuah strategi khusus. Caranya adalah buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu sentuh Bandwith dan pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

4. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Ternyata ada banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada smartphone Anda yang membuat kuota internet Anda terambil secara langsung tanpa Anda sadari. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mematikan atau menon- aktifkan sinkronisasi otomatis ini pada beberapa akun yang ada yang jarang digunakan. Caranya adalah dengan Anda bisa masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Dengan cara ini Anda akan mampu menghemat kuota data yang kamu miliki dengan baik.

5. Batasi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Peringatannya

Tips lain yang bisa Anda terapkan untuk menghemat penggunaan kuota internet Anda adalah dengan membatasi penggunaan mobile data dengan mengaktifkan peringatannya. Dengan menggunakan fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada platform Android, maka kamu akan mendapatkan peringatan saat pemakaian kuota internet kamu melampaui batas. Untuk mengatur penggunaan mobile data ini Anda bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit dan tap untuk mengaktifkannya.

6. Batasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data)

Kadangkala habisnya kuota internet ini disebabkan oleh penggunaan data otomati di background smartphone Anda. Dan hal ini seringkali juga tidak banyak yang menyadarinya. Untuk mematikan penggunaan data di background ini Anda bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Dengan hal ini Anda memang akan mampu menghemat kuota internet Anda dengan baik, namun resikonya Anda akan ketinggalan notifikasi dengan cepat.

7. Identifikasikan Aplikasi yang Menyedot Kuota Data

Berikutnya, cara atau tips menghemat stok data atau kuota internet adalah dengan mengidentifikasi aplikasi yang menyedot kuota. Memang akan ada beberapa aplikasi yang telah Anda download dan Anda install yang lebih banyak menyedot kuota. Bagaimana cara mengetahuinya? Caranya Anda bisa menuju menu Settings > Data Usage dan scroll ke bawah. Disinilah Anda akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Untuk menghemat kuota Anda harus melakukan uninstall aplikasi yang banyak mengambil kuota tersebut.

8. Batasi Penggunaan Data di Masing-Masing Aplikasi

Selain membuat pembatasan pada penggunaan mobile data, Anda juga bisa membuat pembatasan penggunaan data pada masing-masing aplikasi atau layanan yang ada untuk membuat pengematan kuota. Beberapa aplikasi memang memiliki opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan datanya sendiri. Cara pengaturannya Anda bisa mengaksesnya melalui menu setting pada aplikasi yang ingin Anda atur. Sepetti misalnya pada aplikasi Google Photos, kamu bisa masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

9. Batasi Update Aplikasi, Kecuali Jika Terhubung dengan WiFi

Selanjutnya, tips dan trik ampuh untuk bisa menghemat kuota internet adalah dengan membatasi update aplikasi hanya jika terhubung ke WiFi. Terkadang tanpa kita sadari beberapa aplikasi yang membutuhkan pembaruan (update) ternyata secara otomatis melakukan pembaruannya dengan menggunakan kuota yang kita miliki. Tentu saja ha ini tidak aka terlalu berpengaruh jika hany satu aplikasi yang harus diupdate. Namun bagaimana jika kita memiliki puluhan aplikasi yang secara bersamaan membutuhkan update (pembaharuan)? Tentu saja akan makin banyak kuota yang yang diambil. Maka untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengubah pengaturan update aplikasi dengan cara hanya saatperangkat terhubung  dengan WiFi yang gratis. Untuk mengaktifkannya Anda bisa masuk ke Play Store dan pilih menuSettings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Dengan hal ini maka kuota Anda akan menjadi jauh lebih hemat.

10. Menggunakan Aplikasi Kompresi Data

Terakhir, tips ampuh untuk bisa menghemat kuota internet adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa melakukan kompresi data guna menghemat kuota internet. Salah satu yang bisa dipakai adalah Onavo Extend, aplikasi ini bekerja dengan cara menganalisa semua aplikasi yang ada pada perangkat Android kita. Meski aplikasi Onavo Extend ini tidak dapat melakukan kompresi video, namun Onavo tetap akan mampu menjadi pilihan yang tepat apabila Anda ingin menghemat kuota internet.

Selain itu, untuk menangani hal ini, Anda juga bisa aktifkan opsi Wifi only. Dengan begini, aplikasi baru akan meng-update datanya hanya pada saat ponsel Anda terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya, cobalah untuk masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar