Logo Eventkampus

Cara Mengatasi Ngantuk Secara Mudah Dan Alami

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
 Cara Mengatasi Ngantuk Secara Mudah Dan Alami

Rasa kantuk yang melanda di waktu yang tidak tepat sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa diantaranya adalah kualitas tidur yang buruk, kurang darah (anemia), atau bisa juga karena pengaruh obat-obatan tertentu seperti obat sakit kepala, obat flu, atau bisa juga jenis obat-obatan yang lainnya. Sebenarnya ada beberapa tips dan cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa kantuk di waktu yang tidak tepat. Berikut ini tips dan cara ampuh mengatasi mengantuk yang bisa Anda coba:

 


1. Sarapan Pagi

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk mengatasi timbulnya rasa kantuk di waktu yang tidak tepat adalah dengan sarapan pagi. Mungkin bagi sebagian besar orang sarapan pagi ini masih di anggap sepele dan kurang penting. Padahal, sarapan adalah salah satu sumber energy pertama yang kita dapatkan sebelum memulai aktivitas. Tanpa sarapan tubuh kita akan terasa lemas dan kurang bertenaga, dan akhirnya keinginan untuk tidur lagi pun bisa terasa saat kita sedang melakukan aktivitas.

Menu sarapan yang perlu kita makan juga tidaklah harus jenis makanan-makanan yang berat. Kita bisa sarapan dengan beberapa jenis makanan yang ringan seperti susu, roti, telur, omleat, dan juga yang lainnya.


2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tips atau cara berikutnya yang dapat kita lakukan untuk mengatasi timbulnya rasa kantuk di waktu yang tidak tepat adalah dengan rutin mengkonsumsi air putih. Air putih ini dapat membantu menjaga kadar cairan di dalam tubuh. Jika kadar cairan di dalam tubuh tidak terjaga, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan timbullah rasa kantuk.

Selain itu dengan mengkonsumsi air putih kita juga bisa meningkatkan fokus atau konsentrasi saat melakukan aktivitas. Jadi, air putih sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi timbulnya rasa kantuk di waktu yang tidak tepat. Idealnya, seseorang memerlukan asupan air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.


3. Memakan Cemilan Atau Mengunyah Permen Karet

Cara lain yang juga ampuh untuk mengatasi timbulnya rasa kantuk di waktu yang tidak tepat adalah dengan mengkonsumsi cemilan atau bisa juga dengan mengunyah permen karet. Jenis cemilan yang baik dikonsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk adalah jenis makanan ringan yang memiliki rasa pedas atau asin seperti keripik pedas, kacang, serta jenis makanan ringan yang lainnya. Selain itu mengunyah permen karet saat kita sedang melakukan aktivitas juga ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk yang timbul di waktu yang tidak tepat.

4. Mencuci Wajah

Dengan mencuci wajah kita juga dapat mengatasi masalah timbulnya rasa kantuk di waktu yang tidak tepat lo. Air yang kita gunakan untuk membasuh wajah akan mampu menyegarkan mata kita sehingga kita akan lebih bersemangat. Bagi Anda yang beragama Islam, Anda juga bisa berwudhu untuk mengatasi rasa kantuk.


5. Tidur Cukup

Salah satu penyebab utama kenapa rasa kantuk sering timbul diwaktu yang tidak tepat adalah karena kurangnya waktu tidur dan juga kualitas tidur yang buruk. Usahakanlah untuk bisa tidur setidaknya 8 jam dalam sehari, karena dengan begitu tubuh kita akan dapat beristirahat dengan baik serta kita juga akan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Selain bisa mengatasi kantuk, tidur cukup juga mampu menjaga kita dari berbagai masalah seperti hypertensi, stress, dan juga yang lainnya.

6. Berbincang dengan Teman

Selanjutnya, cara yang juga ampuh untuk mengatasi ngantuk adalah dengan berbincang dengan teman kita. Saat berbincang atau bercanda dengan teman otak kita akan dapat bekerja sehingga rasa kantuk pun akan hilang. Kita bisa memulai perbincangan dengan membicarakan hal-hal yang lucu atau menarik. Namun, perlu di ingat untuk tidak berbincang dengan teman di depan guru atau atasan karena bisa saja akan ada masalah yang dapat ditimbulkan. Carilah waktu-waktu yang tepat dan pas untuk mengobrol dengan teman agar rasa kantuk dapat teratasi.

7. Mengatur Nafas

Berikutnya, cara yang juga ampuh untuk mengatasi kantuk adalah dengan mengatur nafas. Saat kita sedang menguap, sebenarnya kadar oksigen di dalam otak kita sedang berkurang. Salah satu cara untuk menaga kadar oksigen dalam tubuh adalah dengan mengatur nafas. Cobalah untuk menghirup nafas selama sekitar lima detik dan kemudian hembuskanlah secara perlahan. Kadar oksigen yang cukup di dalam otak akan mampu meningatkan konsentrasi sehingga rasa kantuk pun dapat teratasi.


8. Minum Kopi atau Teh

Bila memang sudah sangat diperlukan, meminum kopi atau teh adalah cara yang juga ampuh untuk mengatasi masalah kantuk di waktu yang tidak tepat. Kedua jenis minuman ini memiliki kandungan kafein yang mampu menstimulasi otak agar lebih segar dan rasa kantuk pun akan dapat dihilangkan. Namun, perlu diingat juga agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau teh, karena konsumsi kafein yang terlalu banyak akan memberikan dampak buruk pada tubuh kita.

9. Tidur

Tidur adalah cara terbaik atau terampuh yang dapat kita lakukan untuk mengatasi ngantuk. Cobalah untuk tidur selama sekitar sepuluh atau dua puluh menit untuk bisa mengatasi ngantuk, atau jika memang tidak bisa cobalah untuk meminta izin kepada atasan atau pun guru. Biasanya akan ada banyak kejadian yang tidak diinginkan terjadi akibat timbulnya rasa kantuk yang berat.

 

Semoga Bermanfaat :D

Penulis

foto SETO TRI WIBOWO
SETO TRI WIBOWO

Artikel Terkait

GANGSTARASTA ANIVERSARI 16Th
12 Desember 2017
Fakta jihyo twice
12 Januari 2018
Manfaat Jengkol
19 Januari 2018
Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
19 Januari 2018
Kalian Hobi Muncak ? Persiapkan ini dahulu!
22 Januari 2018
Sejarah Prestasi yang di ukir oleh si Pangeran Biru PERSIB BANDUNG
22 Januari 2018

Komentar