Logo Eventkampus

APA SAJA PENGARUH CUACA BAGI KEHIDUPAN MANUSIA?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
APA SAJA PENGARUH CUACA BAGI KEHIDUPAN MANUSIA?

Cuaca merupakan keadaan udara pada suatu tempat dan pada waktu tertentu. Keadaan cuaca selalu berubah-ubah disetiap daerah. Ada yang kemarau, ada yang dingin, ada yang mendung, hujan dan sebagainya.Keadaan cuaca dipengaruhi oleh tiga unsur yaitu matahari, angin dan air. Matahari dapat menghasilkan energi yang dapat mengendalikan air. Angin membawa awan dan bergerak menuju tempat yang lebih tinggi sambil membawa uap air sehingga terjadi hujan.

Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia itu sangat berpengaruh. Seperti halnya, pada saat musim penghujan, udara banyak mengandung uap air dan cahaya matahari tidak akan terasa karena adanya air hujan.Berikut pengaruh cuaca bagi kehidupan manusia :

  1. Bercocok Tanam

Pernahkah kamu membayangkan atau melihat kegiatan para petani bercocok tanam? Saat musim hujan, tanah disekitar perkebunan akan menjadi basah dan lembab. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini dan ada pula yang tidak menyukainya.

  1. Pertumbuhan Tumbuhan

Selain itu, ketika musim kemarau pengaruh sinar matahari sangat terasa. Tanah didaerah perkebunan tersebut menjadi kering akibat suhu permukaan bumi yang tinggi.Tumbuhan yang memiliki akar panjang dan daun yang berselaput lilin yang mempu bertahan pada kondisi seperti ini.

  1. Jemur Pakaian

Kemudian juga berpengaruh terhadap pakaian yang kita jemur sehabis mencuci.Pakaian basah yang kita jemur akan cepat mengering karena terkena sinar matahari dibandingkan pada saat cuaca mendung ataupun hujan. Pada musim kemarau juga air sangat sulit diperoleh.

  1. Pakaian Yang Digunakan

Keadaan cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat musim hujan, suhu udara sangat dingin. Manusia membutuhkan pakaian tebal untuk mengatasi suhu yang sangat dingin agar tubuh tidak kedinginan..Pakaian yang digunakan biasanya terbuat dari bahan wol. Saat musim hujan kamu juga tidak boleh lupa untuk membawa payung ataupun jas hujan saat keluar rumah

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

GANGSTARASTA ANIVERSARI 16Th
12 Desember 2017
Fakta jihyo twice
12 Januari 2018
Manfaat Jengkol
19 Januari 2018
Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
19 Januari 2018
Kalian Hobi Muncak ? Persiapkan ini dahulu!
22 Januari 2018
Sejarah Prestasi yang di ukir oleh si Pangeran Biru PERSIB BANDUNG
22 Januari 2018

Komentar