Logo Eventkampus

MISTERI PATUNG DI CANDI SUKUH

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
MISTERI PATUNG DI CANDI SUKUH

 

Tidak seperti saudaranya, yakni Candi Cetho yang terdiri dari 13 teras, Candi Sukuh hanya terdiri dari 3 teras saja. Teras pertama terdiri dari pintu gerbang. Teras kedua berisi arca-arca yang sudah tidak utuh lagi bentuknya. Barulah di teras ketiga kita bisa melihat bangunan candi utama yang berbentuk seperti sebuah piramida.

Nah, di sekitar bangunan candi utama inilah terdapat beberapa relief bernada seksual. Ada arca pria tanpa kepala yang sedang memegang alat kelaminnya. Ada juga relief di dinding yang bernada serupa.

Kemudian di candi utama, terdapat relief lingga dan yoni yang dikelilingi relief rantai melingkar. Relief ini terukir di bagian lantai, yang akan terlewati jika traveler naik hingga ke atas puncak candi utama.

Lingga dan yoni memang sudah lama dikenal sebagai lambang kesuburan. Lingga merupakan simbol paling sederhana dan kuno dari Siva atau Dewa Siwa. Sementara yoni merupakan simbol sang istri, Parwati. Keduanya menandakan kesuburan.

Soal ini, kontroversi memang selalu mengiringi. Ada pertanyaan, apakah pantas candi yang dipakai untuk ibadah dan ritual dihiasi lambang-lambang seksualitas?

Nah, inilah bedanya orang zaman dulu dan modern melihat simbol seksualitas. Para arkeolog dalam berbagai sumber mengatakan arca dan relief erotis ini sebagai simbol kesuburan. Penis dan vagina adalah simbol yang sakral dan suci, melambangkan keberlangsungan hidup antar generasi. Berbeda dengan manusia modern yang cenderung menilai itu sebagai sesuatu yang porno.

Para ahli sejarah juga memiliki pendapat relief erotis tersebut mengandung makna, jika orang telah melangkahi relief maka dirinya akan bersih dari segala kotoran. Sudah sepantasnya manusia yang hendak beribadah di candi meninggalkan hal-hal duniawinya, termasuk juga soal seksualitas.

Relief lingga dan yoni sengaja dipahat di lantai gapura masuk agar siapa saja yang melangkahi relief terkena suwuk, atau segala kotoran terutama pada hati manusia bisa terlepas. Fungsinya adalah untuk meruwat siapa saja yang memasuki kompleks candi.

Candi Sukuh pun menjadi potret nyata perpaduan budaya ajaran Hindu dengan kebudayaan asli Indonesia. Sudah sepatutnya warisan budaya megalitikum ini kita lestarikan agar nanti bisa dilihat anak cucu kita.

Liburan akhir pekan ini, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berunjung ke Candi Sukuh yang terletak di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Letak candi yang berada di lereng Gunung Lawu membuat cuacanya sejuk, dan cocok sebagai lokasi liburan. Yuk, ke Candi Sukuh yang jadi Pesona Jawa Tengah

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Artikel Terkait

KEBUDAYAAN DAN KESENIAN JAWA TENGAH
03 Juli 2018
5 TEMPAT YANG DI KARANGANYAR BAGUS BUAT NGECAM MAUPUN MENDAKI
11 Juli 2018
TEMPAT-TEMPAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI KARANGANYAR
17 Juli 2018
MITOS DAN KEINDAHAN GUNUNG GAMPING
25 Juli 2018
FAKTA DI BALIK CANDI CETHO
25 Juli 2018
Misteri Gunung Lawu dan Menyikapinya
13 Maret 2020

Komentar