5 TEMPAT YANG DI KARANGANYAR BAGUS BUAT NGECAM MAUPUN MENDAKI

access_time | label Berita
5 TEMPAT YANG DI KARANGANYAR BAGUS BUAT NGECAM MAUPUN MENDAKI

TEMPAT YANG DI KARANGANYAR BAGUS BUAT NGECAM MAUPUN MENDAKI

Inilah 5 tempat  yang bisadijadikan tempat ngecam maupub mendaki

1.gunung lawu

Gunung Lawu sangat populer untuk kegiatan pendakian. Setiap malam 1 Sura banyak orang berziarah dengan mendaki hingga ke puncak. Karena populernya, di puncak gunung bahkan dapat dijumpai pedagang makanan.

Pendakian standar dapat dimulai dari dua tempat (basecamp): Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah, serta Cemorosewu, di Sarangan, Jawa Timur. Gerbang masuk keduanya terpisah hanya 200 m.

Pendakian dari Cemorosewu melalui dua sumber mata air: Sendang (kolam) Panguripan terletak antara Cemorosewu dan Pos 1 dan Sendang Drajat di antara Pos 4 dan Pos 5.

Pendakian melalui Cemorokandang akan melewati 5 selter dengan jalur yang relatif telah tertata dengan baik.

Pendakian melalui cemorosewu akan melewati 5 pos. Jalur melalui Cemorosewu lebih nge-track. Akan tetapi jika kita lewat jalur ini kita akan sampai puncak lebih cepat daripada lewat jalur Cemorokandang. Pendakian melalui Cemorosewu jalannya cukup tertata dengan baik. Jalannya terbuat dari batu-batuan yang sudah ditata.

Jalur dari pos 3 menuju pos 4 berupa tangga yang terbuat dari batu alam. Pos ke 4 baru direnovasi, jadi untuk saat ini di pos 4 tidak ada bangunan untuk berteduh. Biasanya kita tidak sadar telah sampai di pos 4.

Di dekat pos 4 ini kita bisa melihat telaga Sarangan dari kejahuan. Jalur dari pos 4 ke pos 5 sangat nyaman, tidak nge-track seperti jalur yang menuju pos 4. Di pos 2 terdapat watu gedhe yang kami namai watu iris (karena seperti di iris).

Di dekat pintu masuk Cemorosewu terdapat suatu bangunan seperti masjid yang ternyata adalah makam.Untuk mendaki melalui Cemorosewu (bagi pemula) janganlah mendaki di malam hari karena medannya berat untuk pemula.

Di atas puncak Hargo Dumilah terdapat satu tugu.

2. taman hutan raya (TAHURA)

aman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I, merupakan kawasan pelestarian alam untuk menunjang, pendidikan, pariwisata dan rekreasi. Merupakan satu-satunya taman hutan raya di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Didalam tahura ngargoyoso ini terdapat berbagai jenis flora terdiri dari berbagaui jenis vegetasi endemik, dan fauna yang sebagian merupakan fauna langka yang tidak kurang dari 34 jenis binatang. Disamping tempat rekreasi juga untuk kegiatan penelitian dan perkemahan. Tahura (Taman Hutan Raya) yang berada di Sukuh, Berjo Kec Ngargoyoso ,  Kabupaten Karanganyar tepat berada dibelakang Candi Sukuh. Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, area perkemahan.

Tahura Ngargoyoso dikelola oleh Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya (BPTP Tahura) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Ada sebuah vila dan aula yang disewakan untuk umum. Untuk kegiatan makrab, fasilitas di Tahura ini cukup lengkap. Ada sebuah masjid serta tanah lapang untuk menunjang kegiatan.

Tahura bisa dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Solo ke arah Tawangmangu. Satu hal yang harus kamu perhatikan ketika hendak berkunjung ke Tahura adalah kondisi kendaraan. Karna berada di ketinggian lereng gunung Lawu, jalanan kesana juga menanjak. Tanjakan paling curam akan kamu jumpai menjelang candi Sukuh. Kendaraan harus benar-benar dalam keadaan prima. Wana wisata ini sangat cocok untuk kegiatan camping maupun sebagai  wisata bersama  keluarga dengan tiket masuk Rp.7.000,-.

3.bukit sekipan

Wisata Camping Resort  di Sekipan KarangAnyar Solo Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa kalisoro, kabupaten karanganyar, provinsi jawa tengah, negara indonesia.  Wisata Camping Resort  di Sekipan KarangAnyar Solo Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Camping Resort Sekipan Di Kalisoro KarangAnyar Solo Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota karanganyar tidak mengunjungi wisata alam yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Camping Resort Sekipan Di Kalisoro KarangAnyar Solo Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Wisata Camping Resort Sekipan Di Kalisoro KarangAnyar Solo Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat  Wisata Camping Resort Sekipan Di Kalisoro KarangAnyar Solo Jawa Tengah di kota karanganyar.

4.gunung mongkrang

Bukit yang letaknya sangat dekat dengan pintu pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang ini memang belum cukup terkenal. Keberadaannya yang bersebelahan dengan kemegahan dan keindahan Gunung Lawu juga sedikit terabaikan. Padahal pemandangan di sini nggak kalah indah lho! Bukit dengan ketinggian 2194 mdpl ini ditumbuhi banyak sekali ilalang hingga saat berdiri diantaranya seakan akan kamu termakan olehnya. Suasana inilah yang membuat tempat tersebut bak di negeri dongeng. Bukit Mongkrang ini letaknya di desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar. Sekitar kurang lebih 3 jam perjalanan darat dari kota Solo.

Buki  tersebut cocok bagi kamu bagi pemula yang akan mendaki gunung
 

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Artikel Terkait

Share

Komentar