Logo Eventkampus

cara mengatasi hipotermia

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
cara mengatasi hipotermia

cara mengatasi hipotermia

Mendaki gunung adalah kegiatan yang rentan terserang hipotermia. pastikan Anda mengetahui cara mengatasnya sebelum naik gunung, pastikan kalian meyiapkan fisik,mental yang kuat sebelum naik gunung.

Hipotermia merupakan suatu kondisi dimana sistem dalam tubuh untuk pengaturan suhu badan kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin. Kondisi ini kerang menyerang para pendaki yang tidak membawa perlengkapan lengkap, terkena guyuran hujan, kurang mengkonsumsi kalori atau lainnya.

Hipotermia juga menyerang banyak pendaki yang kurang pengetahuan tentang pesrsiapan mendaki gunung,hipotermian memang serangan yeng berbahaya yang mungkin sangat cepat menimbulkan kematian jika kalian tidak tahu untuk mengatasinya. Berikut adalah langkah pertama yang harus kalian lakukan jika teman kalian terkena hipotermia saat mendaki gunung.

Untuk pertama, kita tahu harus gejala dan indikasi seseorang yang terkena hipotermina :

a. Hipotermia biasanya diawali dengan berupa kedinginan biasa, badan yang menggigil, gemetar menahan dingin, kadang hingga gigi saling beradu ketika tidak kuat menahan dingin.

b. Tubuh yang basah baik karena terkena hujan atau sisa keringat yang menempel pada baju, maka serangan hipotermia akan semakin cepat.

c. Bila ada angin yang bertiup kencang, pendaki biasanya akan cepat kehilangan panas tubuhnya. Jadi potensi terkena hipotermia akan meningkat ketika pendaki juga mengenakan pakaian basah.

d. Hipotermia menyerang secara perlahan, hal ini menyebabkan calon korban tidak menyadari bahwa akan terserang hipotermia.

e. Hipotermia menyerang saraf dan bergerak dengan pelan, oleh karena itu sang korban tidak merasa kalau dia menjadi korban hipotermia. Dari sejak korban tidak bisa nahan kedinginan sampai malah merasa kepanasan di tengah udara yang terasa membekukan, korban biasanya tidak sadar kalau dia telah terserang hipotermia.

f. Hipotermia bisa menyebabkan korban pingsan hingga berhalusinasi. Halusinasi bisa menyebabkan banyak hal-hal berbahaya yang menyebabkan keselamatan pendaki tersebut. Oleh karena itu, tindakan pencegahan adalah hal yang terbaik. Halusinasi bisa menyebabkan tindakan aneh, seperti berlari-lari, membuka pakaian karena kepanasan, bertingkah di luar kebiasaanya. Kawan seperjalanan wajib waspada memperhatikannya ketika hal-hal tersebut terjadi.

Persiapkan jika kalian sebelum naik gunung karena serangan hipotermia sangat berbahya jika kalian tidak mengetahui tanda tanda terhadap serangan hipotermia.

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Artikel Terkait

KEBUDAYAAN DAN KESENIAN JAWA TENGAH
03 Juli 2018
MISTERI PATUNG DI CANDI SUKUH
09 Juli 2018
5 TEMPAT YANG DI KARANGANYAR BAGUS BUAT NGECAM MAUPUN MENDAKI
11 Juli 2018
Makanan Dan Minuman Praktis Untuk Naik Gunung
17 Juli 2018
Misteri Gunung Lawu yang Ditakuti Para Pendaki ‘'Pasar Setan
18 Juli 2018
FAKTA DI BALIK CANDI CETHO
25 Juli 2018

Komentar