Logo Eventkampus

Makanan Dan Minuman Praktis Untuk Naik Gunung

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Makanan Dan Minuman Praktis Untuk Naik Gunung

Makanan Dan Minuman Praktis Untuk Naik Gunung

Mendaki gunung menjadi kegiatan yang booming setelah adanya film 5cm. Banyak orang kemudian berbondong – bondong melakukan pendakian.dengan alasan ingin melontarkan/hiburan ke alam bebas. Kegiatan mendaki gunung membutuhkan tenaga serta fisik yang ekstra untuk menjalaninya. Untuk mendukung tenaga yang ekstra diperlukan makanan untuk pendukung kegiatan tersebut. Baik itu ketika naik maupun turun gunung. Ketika naik gunung kita masih sempat mempersiapkannya dengan makan di warung makan maupun rumah makan di sekitar basecamp. Nah,berikut ini adalah macam macam makanan dan minuman yang harus kamu bawa saat melakukan pendakian.

Makanan
 

Nasi adalah pilihan opsional yang bisa dibawa maupun tidak. Untuk pendakian yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga, membawa nasi sangat direkomendasikan dengan syarat bisa memasak nasi. Pilihan lain adalah mie instan. Mie instan akan sedikit mengenyangkan ketika mendaki gunung. Sifatnya yang praktis dan mudah dimasak menjadikan mie instan sebagai pilihan utama para pendaki. Pilih mie instan yang berkuah agar cairan di tubuh tetap terjaga. Sebelumnya persiapkan alat – alat masak seperti kompor portable, gas dan nesting. Selain itu energen, sereal dan roti juga bisa menjadi pilihan ketika mendaki. 

 

Air Minum 

 

Bawa air minum sesuai kebutuhan, usahakan membawa lebih banyak untuk jaga – jaga. Saya sendiri lebih suka membeli air minum dengan merk aqua untuk minum dan air masak dengan merk indomart yang lebih murah. 

 

 

Lauk 
 

Ada beberapa pilihan lauk dipasangkan dengan mie diantaranya sosis, tempe, nugget, telor asin, krupuk, dan pilus. Sebelumnya persiapkan mentega seperti blueband untuk menggoreng menggantikan minyak goreng yang ribet dan rawan pecah. 

 

Obat Masuk Angin.

 

 Seringkali ketika mendaki akan mengalami masuk angin terutama ketika mendaki pada malam hari. Gunakan obat masuk angin seperti tolak angin untuk mengatasi masuk angin. 

 

 

 

Pengganjal Ketika Mendaki

 

 Pilih pengganjal seperti roti, snack snack, coklat, snicker, biskuit dan jajanan lain untuk mengganjal perut ketika sedang mendaki. 

 

 

 

Pengurang Haus 

 

Gunakan madu, permen atau susu sachet ketika mendaki. Ketiganya akan membuat tenggorokan tidak cepat kering dan mengurangi rasa ingin minum air ketika mendaki. 

 

 

Minuman Hangat

 

 Pilihan untuk minuman hangat diantaranya, teh, susu, kopi, jahe dan lain - lain. Fungsi minuman hangat ini yaitu untuk menghangatkan dan menormalkan suhu tubuh mengingat gunung adalah tempat yang dingin apalagi ketika pagi hari sebelum matahari muncul.

Sekian pembahasan kali ini, semoga membantu kamu dalam mempersiapkan pendakian

 

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Artikel Terkait

Ini lah Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi
11 Juli 2017
KEBUDAYAAN DAN KESENIAN JAWA TENGAH
03 Juli 2018
MISTERI PATUNG DI CANDI SUKUH
09 Juli 2018
5 TEMPAT YANG DI KARANGANYAR BAGUS BUAT NGECAM MAUPUN MENDAKI
11 Juli 2018
cara mengatasi hipotermia
17 Juli 2018
Misteri Gunung Lawu yang Ditakuti Para Pendaki ‘'Pasar Setan
18 Juli 2018

Komentar