Logo Eventkampus

TEMPAT-TEMPAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI KARANGANYAR

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
TEMPAT-TEMPAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI KARANGANYAR

TEMPAT-TEMPAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI KARANGANYAR

Berikut kami sajikan lokasi wisata yang bisa Anda jadikan daftar kunjungan ketika liburan nanti di Karanganyar:

1. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu bisa dibilang sebagai tempat liburan di Karanganyar yang paling terkenal dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Air terjun yang terletak di lereng Gunung Lawu ini, berada di Kalisoro, Tawangmangu. Untuk sampai ke lokasi, para pengunjung harus melewati tangga sebanyak 1.250 buah.

Sepertinya anak tangganya sangat banyak dan terdengar melelahkan, namun sebenarnya tidak semengerikan itu.

Karena suasana di sekitar yang hijau ditambah kera-kera yang berkeliaran dengan bermacam tingkah lakunya membuat rasa lelah terlupakan begitu saja.

Di samping keindahan alamnya yang memukau, Grojogan Sewu juga terkenal sebagai tempat wisata angker di Karanganyar. Di sana terdapat sebuah jembatan kayu bernama kretek pegat yang sebenarnya sangat menarik untuk dijadikan objek foto.

Akan tetapi, menurut mitos yang beredar, apabila sepasang kekasih melewatinya, maka hubungan mereka akan berakhir di tengah jalan.

Menurut beberapa tokoh spiritual, ini dikarenakan jembatan itu memiliki aura pegat sihatau perpisahan. Dan ketika sore, akan terlihat sosok kakek-kakek yang konon merupakan abdi setia penunggu Grojogan Sewu, melewati kabut di sekitar jembatan.

2. Air Terjun Jumog

Tempat wisata alam Karanganyar ini letaknya tidak jauh dari Grojogan Sewu dengan akses yang kurang lebih sama. Meskipun begitu, Air Terjun Jumog bisa dibilang kalah tenar dan belum banyak didatangi pelancong jika dibandingkan dengan Grojogan Sewu.

Padahal untuk sampai ke air terjunnya, wisatawan tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh. Dan tidak perlu melewati hingga seribu anak tangga.

Namun memang untuk debit air lebih kecil daripada Grojogan Sewu dan di Jumog juga jarang ada kera yang berkeliaran.

Suasana yang disajikan kurang lebih sama, hanya saja karena lebih sepi dari pengunjung membuat Air Terjun Jumog terasa lebih menenangkan.

3. Air Terjun Pringgodani

Satu lagi air terjun yang bisa menjadi tempat berfoto di Karanganyar, Air Terjun Pringgodani. Lokasi wisata ini terletak di kakai Gunung Lawu, tepatnya di Kelurahan Blumbang, sekitar 4 Km dari terminal bus Tawangmangu.

Dengan ketinggian sekitar 100 meter dan memiliki dua tingkat, air terjun ini terlihat sangat spektakuler. Sayangnya akses menuju ke sana sangat sulit dengan medan yang cukup berat, sehingga hanya bisa dilihat dari kejauhan.

Biasanya wisatawan menikmati keindahan air terjun tersebut di Sendang Pengantin di atas air terjun yang terdiri dari tujuh kucuran air.

4. Agrowisata Amanah

Lokasi outbound yang biasa disebut tempat wisata amanah Karanganyar ini merupakan tempat rekreasi buatan yang tertata sangat rapi.

Di sini tersedia area outbound, tempat makan, dan penginapan yang saling berkesinambungan. Area yang dibangun di atas tanah seluas kira-kira 9 hektar ini ditanami beragam sayur dan buah untuk kebutuhan restorannya.

Tidak hanya itu, di sini juga merupakan salah satu tempat bermain anak di Karanganyar yang bisa membuat si kecil betah.

Karena Agrowisata Amanah memiliki beragam wahana outbound menarik dilengkapi karyawan-karyawan yang secara profesional akan membantu buah hati Anda selama kegiatan.

Beberapa arena bermain yag bisa dilakukan adalah budidaya ikan, praktik beternak dan juga berkebun. Sehingga selain bersenang-senang, anak Anda juga sekaligus mendapat edukasi yang baik bagi tumbuh kembang mereka.

5. Telaga Madirda

Tempat wisata di Karanganyar, Telaga Madirda merupakan salah satu dari sekian banyak keindahan alam yang tersembunyi di Kabupaten ini.

 Lokasinya terletak di Ngargoyoso, tidak jauh dari air terjun Jumog, tetapi hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Mungkin itu yang membuat tempat ini belum terlalu banyak dibicarakan dan dipilih untuk tempat rekreasi sebagai pelepas lelah.

Padahal suasana yang diberikan sangat sejuk dan mampu merefresh segala kepenatan dari rutinitas harian yang menimbulkan kejenuhan.

Pemandangan yang hijau dilengkapi dengan telaga berisi air bersih membuat waktu berjalan sangat cepat ketika berada di sana.

Ada sedikit cerita menarik di Telaga Madirda yang merupakan obyek wisata di karanganyar jawa tengah ini. Konon sebuah batu yang terdapat di sana merupakan batu tempat Retno Anjani bertapa dan melahirkan Anoman.

Hingga saat ini batu tersebut dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, dan telaga ini juga dijadikan ritual kegamaan oleh umat Hindu.

 

Sebenernya masih banyak lagi tempat-tempat yang wajib anda kunjungi bila pergi ke Karanganyar , 5 tempat diatas bisa menjadi referensi jika temen-temen pergi ke Karanganyar . Sebab Karangayar itu banyak banget tempat yang bisa bikin betah lama-lama di Karanganyar.

Penulis

foto indra
indra

Artikel Terkait

Wisata Rumah Pohon daerah Karanganyar
22 Juni 2017
NDX DAN SOULJAH BAKAL GOYANG ART FOR CULTURE 2017
31 Agustus 2017
5 TEMPAT YANG DI KARANGANYAR BAGUS BUAT NGECAM MAUPUN MENDAKI
11 Juli 2018
TEMPAT RENANG YANG ADA DI KARANGANYAR
12 Juli 2018
FAKTA DI BALIK CANDI CETHO
25 Juli 2018
Misteri Gunung Lawu dan Menyikapinya
13 Maret 2020

Komentar