Logo Eventkampus

FAKTA UNIK GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
FAKTA UNIK GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA

 

 Selain Salju, Jayawijaya pun Memiliki Glester

Glester di gunung Jayawijaya

Glester merupakan lapisan es yang terbentuk akibat tumpukan salju selama puluhan tahun dan sangat bermanfaat sebagai sumber persediaan air tawar untuk kawasan yang berada di sekelilingnya. Karena keberadaan glester inilah puncak Cartenz disebut-sebut sebagai puncak salju abadi.

 Pada Tahun 2022, Jayawijaya Akan Kehilangan Lapisan Saljunya

Salju di puncak Cartenz yang kian menipis. Menurut informasi yang saya dapatkan dari pendakigunung.top, dalam tulisan yang berjudul 10 gunung tertinggi di Indonesia, disebutkan bahwa dahulu, tanah Papua memiliki 3 gunung yang puncaknya dilapisi salju. Yakni puncak Mandala yang kehilangan saljunya di tahun 2003, gunung Trikora yang kehilangan salju di tahun 1936 dan gunung Jayawijaya yang masih memiliki salju hingga saat ini.

Namun kabar buruk datang dari laporan BMKG yang diterbitkan pada tahun 2016, mereka berpendapat bahwa lapisan salju di gunung Jayawijaya akan mencair sepenuhnya di tahun 2022 mendatang. Laporan ini merujuk pada catatan pengukuran salju yang dilakukan secara rutin sebagai berikut.

2010 : ketebalan es mencapai 31,49 meter 2015 : ketebalan salju menipis hingga 26,23 meter 2016 : ketebalan salju semakin menipis hingga 20,54 meter dan prediksi akan menghilang di tahun 2022.

Apakah gunung Jayawijaya akan bernasib seperti puncak Mandala dan gunung Trikora? Semoga saja tidak.

Fosil Hewan-hewan Laut Dapat Kamu Temukan di Puncak Cartenz

Tanah tertinggi di Indonesia

Salah satu keunikan di tanah tertinggi bumi pertiwi ini adalah ditemukannya benda-benda laut, semisal kerang. Hal ini disebabkan bahwa dahulu, puncak gunung Jayawijaya merupakan dasar laut. Kemudian, bersamaan dengan berpisahnya tanah Papua dan Australia, tanah tersebut naik ke atas, terdorong oleh gesekan lempengan bumi. Tentu saja, peristiwa alam seperti ini membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan ratusan tahun.

Demikian adalah 11 fakta gunung tertinggi di Indonesia, banyak sekali keunikannya, mulai dari salju, glester atau benda-benda laut di atas puncaknya. Mari kita menjaga kelestariannya dengan bermula dari menjaga lingkungan alam sekitar kita.

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Komentar