Logo Eventkampus

Jangan Menilai Orang Berdasarkan “Katanya”

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Jangan Menilai Orang Berdasarkan “Katanya”

Jangan Menilai Orang Berdasarkan “Katanya”

 

Dalam hubungan antar sesama, diperlukan tenggang rasa yang tinggi agar tidak terjadi kesalahpahaman. Sifat dan karakter seseorang itu berbeda-beda, jadi jangan sampai anda salah dalam berucap atau berinteraksi dengan sesama. Anda boleh memahami karakter seseorang berdasarkan apa yang anda lihat dan rasakan. Namun, jangan pernah menilai seseorang berdasarkan dari apa yang dikatakan oleh orang lain, karena belum tentu hal tersebut benar.

Terkadang apa yang dikatakan seseorang tentang orang lain itu hanya berdasarkan penilaian yang tidak menyeluruh, maka jangan pernah menilai seseorang hanya berdasarkan pada “KATANYA”.  Karena jika itu merupakan penilaian yang salah, maka anda akan terbawa dalam kesalahan yang sama.

Akan banyak kerugian yang akan anda alami jika menilai sifat dan karakter seseorang berdasarkan apa yang orang lain katakan, antara lain:

  • Anda tidak akan benar-benar mengenal orang tersebut.
  • Jika yang dikatakan orang lain itu tidak benar, maka akan menimbulkan fitnah.
  • Akan mengubah respek anda terhadap orang tersebut.
  • Mengadili seseorang tanpa tahu benar atau salah.
  • Menjadikan anda menjadi orang yang picik.

Dalam berinteraksi dengan lingkungan, sebaiknya anda harus bersikap adil. Hal itu selain akan berguna untuk mereka (lingkungan), juga akan bermanfaat bagi diri anda sendiri. Manfaat yang bisa diperoleh dengan berinteraksi bersama lingkungan antara lain:

 

  • Saling tolong menolong, sehingga jika suatu saat anda membutuhkan bantuan, maka dengan senang hati orang lain akan membantu anda.
  • Bisa bersama-sama membangun sebuah organisasi.
  • Merasa berguna bagi lingkungan.
  • Tidak merasa sendirian.
  • Menumbuhkan semangat gotong royong.

Sekali lagi saya tekankan, jangan menilai orang lain berdasarkan apa yang orang lain katakan. Pahami sifat dan karakter seseorang berdasarkan apa yang anda lihat dan rasakan. Dengan memahami sifat dan karakter seseorang, anda bisa lebih berhati-hati dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Semoga artikel singkat tersebut bermanfaat bagi anda semua. Hidup di dunia ini tidak bisa sendirian, karena anda butuh orang lain untuk tetap hidup.

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

Suka Tari Tradisional atau Fotografi? Tunjukan Bakat mu di ” We Culture Festival 2018 “
05 Desember 2017
manfaat terong ungu
12 Januari 2018
Wanna One Tak Sabar Bertemu Penggemar di Indonesia
19 Januari 2018
Alucard : Si Pembunuh darah dingin !
19 Januari 2018
5 Ide Bisnis Sederhana Menghasilkan Uang Jajan Tambahan
22 Januari 2018
Ini Dia ! Orang dengan Nama Terpanjang Didunia
22 Januari 2018

Komentar