Logo Eventkampus

11 Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia yang Unik dan Meriah

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
11 Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia yang Unik dan Meriah

Imlek juga menjadi salah satu perayaan besar di Indonesia. Bukan hanya di Jakarta saja perayaan Imlek di luar kota juga tak kalah meriah dan ramai. Misalnya saja perayaan tahun baru imlek di Indonesia berikut ini, selain unik perayaan-perayaan ini juga menunjukkan akulturasi budaya. Yuk intip perayaan Imlek berikut ini!

1. Perang air di Riau

Perayaan Imlek di Riau berbeda dengan kota-kota lain merayakannya dengan pawai. Suasana meriah akan hadir saat perayaan Imlek di Riau, Imlek bukan hanya dirayakan etnis Tionghoa saja lho. Hampir semua warga Riau akan ramai-ramai mengikuti perang air. Sama seperti perayaan songkran di Thailand, warga Riau akan ramai-ramai berbasah-basahan di hari raya Imlek. Perang air yang menandakan awal tahun baru ini juga biasa disebut dengan Ciancui.

2. Sembahyang di Klenteng Po Hwa Kong, Lombok

Walaupun tak banyak etnis Tionghoa rupanya Lombok memiliki kelenteng yang usianya cukup tua. Klenteng Po Hwa Kong yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No 180, Kelurahan Ampenan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram ini didirkan pada tahun 1840. Saat Imlek biasanya banyak warga yang sembahyang atau berdoa memohon berkat di klenteng tua ini.

3. Depok merayakan Imlek dengan mandi bersama di sumur tujuh lubang

Depok juga punya cara unik merayakan Imlek, warga etnis Tionghoa akan beramai-ramai datang ke Vihara Gayatri. Bukan hanya beribadah perayaan Imlek biasanya dirayakan dengan mandi bersama di sumur tujuh lubang. Sumur-sumur ini dipercaya memiliki kekuatan mendatangkan rezeki, jodoh, bahkan bisa menyembuhkan penyakit.

4. Perayaan Imlek meriah di Vihara Dharma Bhakti, Jakarta

Hampir sama seperti kota atau negara lain kebanyakan etnis Tionghoa akan melakukan sembahyang saat Imlek. Begitu juga yang dilakukan warga Tionghoa yang berada di Jakarta. Vihara Dharma Bhakti yang berada di daerah Kota akan dipadati oleh orang-orang yang ingin bersembahyang. Vihara ini akan terlihat lebih meriah karena hiasan khas Imlek yang serba merah ditambah dengan bau hio.

5. Pulau Kemaro menjadi pusat perayaan Imlek di Palembang

Perayaan Imlek akan berakhir dengan perayaan Cap Go Meh yang berlangsung 15 hari setelah Imlek. Nah perayaan Cap Go Meh ini tak kalah meriah dengan perayaan Imlek itu sendiri. Perayaan Cap Go Meh warga Palembang sedikit berbeda karena semua terpusat di Pulau Kemaro. Pulau yang berada di tengah Sungai Musi ini akan sangat ramai saat Cao Go Meh berlangsung. Warga Tionghoa akan bersembahyang di sebuah klenteng yang dibangun khusus di Pulau Kemaro ini.

6. Tatung perayaan Imlek di Singkawang

Unik dan ngeri mungkin itu yang bisa menggambarkan perayaan Imlek di Singkawang. Perayaan Imlek di kota yang berada di Kalimantan Barat ini berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia. Setiap tahunnya perayaan Imlek di Singkawang akan menampilkan Pawai Tatung. Tatung sendiri adalah atraksi sejenis debus jadi saat perayaan ini orang-orang yang kemasukan arwah leluhur akan akan berpawai. Kengerian ini akan bertambah dengan atraksi tatung yang menancapkan benda tajam ke seluruh tubuh.

7. Pasar malam Imlek di Semawis

Semawis yang berada di kota Semarang juga punya perayaan Imlek yang cukup meriah. Selama perayaan Imlek akan ada pasar malam yang menyuguhkan beragam kuliner dan budaya Tiongohoa. Jadi kamu bisa merasakan suasana Imlek yang sepenuhnya saat berkunjung Semarang nanti.

8. Grebeg Sudiro perayaan Imlek ala warga Solo

Kalau Jogjakarta terkenal dengan Grebeg Suro yang dilakukan setiap tahun baru Islam. Nah, Solo punya Grbeg Sudiro yang diadakan saat tahun baru cina. Grebeg Sudiro ini adalah perwujudan akulturasi budaya lokal dan Tionghoa. Acara ini diselenggarakan di Keluruhan Sudiroprajan yang tepat berada di jantung kota Solo.

9. Meriahnya vihara dan klenteng yang bersolek di Medan

Seperti yang sudah diketahui banyak etnis Tionghoa yang berasal atau masih bermukim di Medan. Makanya saat perayaan Imlek kota Medan akan terlihat lebih meriah. Terlebih lagi vihara-vihara dan klenteng yang bersolek menjelang Imlek. Suasana Imlek yang ramai bisa kamu rasakan saat menginjakkan kaki di kota Medan. Selama perayaan Imlek banyak warga Tionghoa Medan yang akan bersembahyang di vihara ataupun klenteng.

10. Pawai Imlek di Bogor

Kawasan pecinan kota hujan Bogor akan semakin meriah saat Imlek hadir. Sama seperti Palembang 15 hari setelah Imlek akan diadakan pawai Cap Go Meh. Rencananya tahun ini akan ada pawai pesta rakyat yang menggabungkan kesenian sunda dan Tionghoa.

  • 11. Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Sama seperti Solo, Yogyakarta juga merayakan Imlek dengan pekan budaya. Setiap satu tahun sekali Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta diadakan. Pekan budaya ini ternyata sudah dilaksanakan selama 13 tahun lho, serunya pekan budaya ini berlangsung cukup lama. Jadi kamu punya kesempatan mengenal budaya Tionghoa lebih dalam lagi.

Perayaan tahun baru Imlek di Indonesia unik-unik kan? Terbukti kalau Indonesia ini punya berbagai macam tradisi yang masih terpelihara sampai saat ini. Kira-kira saat libur Imlek nanti kamu akan memilih ke kota mana nih untuk merayakannya?

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
5 CARA MENCEGAH BULLYING
23 Januari 2018
Ingin Sukses UN ??? Simak Tips Artikel Berikut ini
24 Januari 2018
Edan! Peselancar AS Nekat Taklukkan Ombak Setinggi 30 Meter
25 Januari 2018

Komentar