Logo Eventkampus

cara menghentikan rasa pusing

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
cara menghentikan rasa pusing

1.Duduk atau berbaringlah. Pusing atau kepala yang terasa ringan biasanya melanda ketika Anda berdiri atau bergerak ke sana ke mari. Saat muncul tanda-tanda pusing atau kepala yang mendadak terasa ringan, segera duduk atau berbaring. Tindakan ini biasanya bisa meringankan sensasi berputar dan lebih aman apabila Anda tiba-tiba terjatuh.

  • Jika Anda duduk, cobalah meletakkan kepala di antara kaki Anda. Posisi ini berfungsi meningkatkan aliran darah ke otak Anda. Berbaring akan menimbulkan efek yang sama.
  • tetaplah duduk/ berbaring selama 2-3 menit atau sampai rasa pusingnya hilang 

2.Minumlah air putih. Pusing seringkali juga karena dehidrasi. Dehidrasi terjadi umumnya karena kurang asupan air atau lupa menghidrasi tubuh selepas latihan. Hal ini juga dapat menjadi masalah ketika Anda menderita suatu penyakit yang mengakibatkan muntah-muntah, diare atau demam, sehingga Anda kehilangan banyak cairan. Setelah rasa pusing yang parah telah berlalu, Anda harus minum lebih banyak air atau cairan lain.[1]

  • Jika Anda sulit minum banyak air, cobalah minum cairan lain seperti minuman energi, teh panas dengan sedikit gula,sup dan kaldu, atau jus buah yang diencerkan

3.Makanlah sesuatu. Pusing bisa juga terjadi karena kadar gula darah yang rendah, terutama sering dialami oleh penderita diabetes.[2] Ketika rasa pusing menyerang, cobalah makan camilan cepat, sebaiknya sesuatu yang tinggi karbohidrat atau gula. Cokelat batang atau pisang bisa menjadi pilihan yang tepat.

4.Fokuslah pada titik tertentu. Untuk mencegah rasa berputar ketika pusing menyerang, beberapa penari mempusatkan mata mereka pada titik tertentu. Teknik yang sama dapat digunakan oleh orang yang diserang rasa pusing.

  • Memusatkan perhatian pada tempat tertentu, seperti celah di langit-langit atau setitik kotoran di lantai, dapat menyadarkan indera bahwa Anda tidak benar-benar berputar, bertolak-belakang dengan yang tubuh kita berusaha katakan.

5.Tarik napas panjang. Pusing adakalanya bisa berupa gejala akibat serangan rasa cemas. Seringkali saat rasa cemas menyerang, Anda seperti tidak bisa bernapas. Tetapi justru yang sebenarnya terjadi adalah Anda bernapas terlalu banyak dan sering. Jika hal ini terjadi, cobalah tarik napas dalam-dalam secara perlahan. Tindakan ini akan menenangkan Anda serta mengurangi rasa pusing.

6.Hindari cahaya yang terang. Jika Anda diserang rasa pusing, coba hindari cahaya lampu yang terlalu terang, cahaya televisi atau laptop.

  • Cahaya terang bisa mengakibatkan kebingungan dan memperparah pusing yang Anda alami.
  • Cobalah duduk atau berbaring di ruangan gelap, atau Anda bisa menutup mata selama satu atau dua menit.

7.Lakukan manuver Epley.[4] Manuver Epley adalah latihan kepala dan leher yang dimiringkan, biasanya untuk mengobati gejala vertigo. Manuver Epley memaksa puing-puing kristal kalsium yang menimbulkan vertigo masuk ke area telinga bagian dalam sehingga tidak bisa lagi menimbulkan gejala. Berikut cara melakukan manuver Epley:

  • Duduklah dan miringkan kepala 45 derajat secara horizontal ke arah telinga yang bermasalah.
  • Berbaring kembali ke posisi horizontal, angkat kepala Anda 45 derajat. Tahan posisi ini selama satu atau dua menit. Anda akan merasakan serangan vertigo mereda.
  • Putar kepala Anda 90 derajat ke arah telinga yang bermasalah. Berguling ke sisi telinga yang sakit. Pandangan Anda saat ini ke arah lantai.
  • Tahan posisi ini. Anda mungkin akan mengalami serangan vertigo lagi, tetapi akan hilang dalam satu menit.
  • Perlahan-lahan kembali ke posisi duduk.

semoga bermanfaat

 

Penulis

foto devifa
devifa
SMK WIKARYA KARANGANYAR

Artikel Terkait

5 Kelebihan Dilan yang Bikin Pria Iri
23 Februari 2018
Hati-Hati,ini dia 5 Virus Android Paling Berbahaya Didunia
27 Februari 2018
7 Dampak Negatif Kecanduan Gadget yang Perlu Anda Ketahui
27 Februari 2018
APASIH CYBER BULLYING
28 Februari 2018
7 Manfaat Memotong Rambut Secara Rutin Yang Harus Anda Ketahui
02 Maret 2018
Inilah Suku Bangsa Yang Amat Ditakuti di Dunia
05 Maret 2018

Komentar